Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 10 Mei 2022 20:01 WIB ·

Langkah-Langkah Mudah Menerbitkan Buku Sendiri


Img: Pexels/George Milton Perbesar

Img: Pexels/George Milton

Self publishing adalah metode alternatif menerbitkan buku secara mandiri. Sederhananya, semakin banyak penulis muncul setiap hari, penerbit besar juga telah memperketat persyaratan untuk naskah yang akan terbit. Semakin besar persaingan dari penerbit, semakin kecil kemungkinan buku kamu akan diterbitkan.

Konsep self publishing ini merupakan proses penerbitan buku tanpa bantuan penerbit besar. Penulis bertanggung jawab penuh atas semua aspek dari proses penerbitan. Hal-hal yang harus dipersiapkan penulis dalam menerbitkan buku sendiri:

Naskah

menerbitkan buku

Img: Pexels: cottonbro

Naskah merupakan aspek terpenting dalam penerbitan sebuah buku. Apa yang akan dicetak jika tidak ada naskah? Tentu saja kamu harus menyiapkan naskah rapi dengan teknik penulisan yang baik.

Modal

menerbitkan buku

Img: Pexels/ Karolina Grabowska

Setelah naskah, hal yang harus kamu siapkan adalah modal. Berbeda dengan penerbitan di penerbit mayor terbitan secara mandiri atau self publishing memerlukan modal untuk membayar percetakan dan penerbit.

Layout

menerbitkan buku

Img: Pexels/Karolina Grabowska

Salah satu hal yang paling penting adalah layout atau tata letak naskah buku. Kamu dapat menghemat uang dengan mengalihdayakan proses layout ke freelance atau pihak percetakan yang menyediakan jasa tersebut.

Cover

menerbitkan buku

Img: Pexels/Thought Catalog

Meski ada pepatah mengatakan “jangan menilai sebuah buku dari sampulnya”, faktanya, sebagian dari kita lebih menyukai buku dengan sampul yang cantik. Kamu bisa membuat cover sendiri, membayar freelance, dan menggunakan jasa dari percetakan.

ISBN

Img: sellbackyourbook.com

Merupakan kepanjangan dari International Standard Book Number. Berperan sebagai identifikasi unik yang terdiri 13 digit angka. Lembaga pengelola ISBN adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Caranya dengan mengisi formulir surat pernyataan yang membutuhkan stempel penerbit, dengan menunjukan bukti legalitas akta notaris penerbit.

Kualifikasi buku

Img: Pexels/Dominika Roseclay

Menentukan kualifikasi buku dalam hal jenis kertas dan proses pencetakan. Ada banyak jenis kertas yang tersedia untuk pencetakan buku, ada kertas buram ekspor dan impor, serta berbagai jenis kertas HVS putih pada umumnya. Kualifikasi buku dan penerbitan sendiri sepenuhnya tergantung pada pilihanmu.

Pihak percetakan dan penerbitan

Setelah menyiapkan hal-hal di atas, kamu bisa memilih percetakan atau penerbit indie yang akan langsung mencetak buku kamu. Sekarang banyak penawaran untuk mencetak atau menerbitkan buku fisik dan buku digital.

Hak Cipta

Img: ar.itb.ac.id

Meskipun mendaftarkan karya kamu ke kantor hak cipta adalah metode yang paling aman dan efektif, kamu juga dapat mengklaim hak cipta dengan menyertakan pernyataan eksplisit di bagian penting buku. Seperti,  ©2012, Ima Nauther, hak cipta dilindungi oleh undang-undang pada halaman hak cipta atau sampul belakang cukup untuk menyatakan bahwa karya tersebut adalah milik kamu.

 Pihak percetakan dan penerbitan

Img: Pexels/Leah

Setelah menyiapkan hal-hal di atas, kamu bisa memilih percetakan atau penerbit indie yang akan langsung mencetak buku kamu. Sekarang banyak penawaran untuk mencetak atau menerbitkan buku fisik dan buku digital. 

Harga buku

Img: Freepik/rawpixel.com

Menentukan harga sebuah buku harus melalui analisa dan perhitungan. Sebagai penerbit mandiri, ini tidak berarti bahwa harga buku harus murah. Ada beberapa metode untuk menentukan harga. Caranya dengan survei dan analisis pasar.

Setelah mengetahui cara menerbitkan buku sendiri, apakah kamu siap memeluk buku pertamamu?

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Tips Maksimalkan Pengalaman Magang, Mahasiswa Harus Tahu!

26 Februari 2024 - 15:22 WIB

Tips Maksimalkan Peluang Magang

Ramadhan 2024: Berikut Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

21 Februari 2024 - 20:05 WIB

Ramadhan 2024

Tips Atasi Rasa Kantuk Saat Di Dalam Kelas

18 Februari 2024 - 21:25 WIB

Tips Atasi Rasa Kantuk

Definisi Mencangkok Tanaman dan Langkah-Langkahnya

15 Februari 2024 - 20:36 WIB

Definisi Mencangkok Tanaman

Tata Krama Saat Berbicara Seperti Apa? Simak Di Sini!

13 Februari 2024 - 22:03 WIB

Tata Krama Saat Berbicara

Tips Meningkatkan Kontribusi Mahasiswa Dikampus

3 Februari 2024 - 23:03 WIB

Tips Meningkatkan Kontribusi
Trending di Tips dan Trik