Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 5 Sep 2023 21:15 WIB ·

Laptop Error? Kenali Penyebabnya dan Cara Mengatasinya.


Img: pixbay.com Perbesar

Img: pixbay.com

Laptop merupakan perangkat komputer yang di desain lebih sederhana dan bisa di bawa ke mana saja. Sebagian besar orang menggunakan laptop untuk mendukung segala aktivitas baik itu aktivitas pekerjaan maupun aktivitas kuliah. Namun, apa yang terjadi apabila laptop error secara tiba-tiba bahkan sampai mati total? Sebagai pengguna, anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi karena ini bisa mengganggu aktivitas.

Ada beberapa faktor dan penyebab mengapa laptop anda tiba-tiba rusak atau nge-hang. Meski begitu, anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara agar  laptop bisa kembali di gunakan. Simak pembahasannya berikut ini!

Cara Atasi Laptop Error.

  • Mengupdate Perangkat Windows.

Kinerja laptop menurun mungkin di karenakan perangkat laptop perlu di update. Jadi ini sama halnya dengan smartphone anda yang setiap waktu tertentu pasti di minta untuk di update. Anda bisa menentukan pembaruan laptopnya secara otomatis melalui cara di bawah ini

  1. Pertama buka control panel.
  2. Lalu, pilih ‘System and Security’.
  3. Pilih ‘Windows Update’
  4. Tunggu sampai di pastikan Windows di Update.

Apabila tidak di temukan pembaharuan artinya windows pada laptop artinya memang belum waktunya di update.

  • Hapus Aplikasi.

Terlalu banyak aplikasi di laptop juga dapat membuat kinerja laptop menurun bahkan bisa mengakibatkan laptop anda ngehank. Untuk itu, anda bisa menghapus aplikasi yang memang jarang bahkan tidak di gunakan sama sekali. Karena untuk meringankan memori dan kinerja laptop itu sendiri.

  • Mengunduh Antivirus.

Cara lainnya ialah dengan mengunduh aplikasi antivirus. Dalam pengertiannya, antivirus ialah suatu aplikasi atau software yang bermanfaat untuk mencegah virus masuk perangkat laptop. Namun, perlu di ingat meski fungsi antivirus untuk menangkal virus di laptop tetapi tidak semua antivirus bisa membersihkan virus. Ada beberapa aplikasi software antivirus yang bisa anda coba. Salah satunya ialah Windows Defender. Mengapa harus windows defender? Karena dari sisi keamanan aplikasi ini cukup efektif mengingat microsoft terus menerus melakukan pembaruan.

Penyebab Laptop Hank.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa tidak mungkin laptop bisa ngehank jika tidak ada penyebabnya. Adapun beberapa penyebabnya di lihat di  bawah ini.

  • Minimnya RAM.

Dalam pengertiannya, RAM ialah sebuah memori internal yang biasanya ada dala sebuah perangkat seperti laptop. Jumlah RAM pada laptop bervariasi ada yang hanya 3 GB bahkan ada yang 8 GB. Namun, untuk RAM nya kecil usahakan menggunakan aplikasi seperlunya saja. Karena terlalu banyak aplikasi yang tidak di dukung dengan jumlah RAM besar bisa mengakibatkan laptop error.

  • Terlalu Banyak Aplikasi.

Aplikasi yang terlalu banyak juga tidak bagus untuk laptop anda karena berpotensi akan membuat kinerjanya menurun bahkan bisa rusak. Maka dari itu, unduh aplikasi seperlunya saja dan aplikasi yang memang tidak di gunakan sebaiknya di hapus.

  • Terkena Virus.

Penyebab terakhir ialah karena laptop anda terlalu banyak virus. Virus pada perangkat seperti laptop ini mungkin di sebabkan karena file atau flasdisk yang di gunakan banyak virusnya sehingga virus pun masuk ke laptop. Jika sudah seperti ini akan membuat laptop anda ngehank bahkan bisa rusak. Solusinya ialah dengan mengunduh aplikasi antivirus.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 24 kali

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi