Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 30 Sep 2023 22:01 WIB ·

Lulusan Baru Harus Paham, Ini Tips Perkenalkan Diri Saat Interview


Ilustrasi Wawancara Kerja (Img: pexels.com/fauxels) Perbesar

Ilustrasi Wawancara Kerja (Img: pexels.com/fauxels)

Lulus dari bangku sekolah atau kuliah tentu menjadi hari yang mengesankan karena anda sudah berhasil melewati masa proses belajar kurang lebih 4 tahun lamanya. Setelah anda sudah di nyatakan lulus dan di wisuda maka langkah selanjutnya ialah mencari pekerjaan. Kirim lamaran dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya merupakan hal yang akan anda lakukan. Ketika waktunya tiba dan mendapatkan panggilan interview, mungkin kesan pertama anda ialah rasa senang karena lamarannya telah di tinjau perusahaan. Untuk yang sudah berpengalaman mungkin sudah tahu hal apa yang harus di lakukan sebelum interview, tetapi bagaimana dengan lulusan baru?

Bagi fresh graduate, tahap wawancara mungkin merupakan hal baru karena di lakukan untuk pertama kalinya dan masih bingung bagaimana cara memperkenalkan diri kepada perusahaan khususnya HRD. Tetapi, jangan khawatir karena ada beberapa tips cara memperkenalkan diri ketika interview bagi fresh graduate.

Pelamar Lulusan Baru Wajib Perhatikan HRD dengan Baik.

Pada tahap interview, usahakan agar tetap fokus dan jangan memikirkan hal apapun. Selain itu, usahakan juga agar mata anda bertatapan dengan HRD karena kalau mata anda kemana-mana anda di anggap tidak sopan dan cenderung tidak menghargai HRD.

Memerhatikan Pergerakan Tubuh.

Gestur atau pergerakan tubuh juga tidak kalah pentingnya dalam tahap wawancara kerja ini. Hal ini bertujuan agar mempermudah penilaian HRD pada diri anda apakah anda cocok atau tidak dengan kriteria perusahaan. Pergerakan ini di lakukan mulai dari pergerakan tangan saat berbicara hingga posisi duduk juga tak luput menjadi perhatian.

Lulusan Baru Memulai Salam Pembuka.

Saat anda bertemu dengan HRD, sebaiknya berikan salam pembuka. Walaupun sebelumnya anda sudah saling berkenalan, tetapi anda perlu menyapa terlebih dahulu kepada HRD. Pada salam pembuka tersebut, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada HRD atas  kesempatannya sampai ke tahap wawancara. Hal seperti ini tentu akan meninggalkan kesan yang baik di mata HRD karena telah bersikap sopan serta menghargai kesempatan.

Perkenalkan Diri dan Asal Jurusan.

Tips lainnya ialah memperkenalkan diri anda mulai dari nama lengkap, asal jurusan, aktivitas saat ini, dan lain-lain. Hal ini bertujuan agar HRD memperoleh informasi dari pelamar secara detail. Anda bisa menggunakan kata seperti ini ” Perkenalkan nama saya Edi, saya adalah lulusan akuntansi fakultas ekonomi dan lulus pada tahun 2019. Aktivitas saya saat ini ialah menulis artikel website secara freelance.”

Menceritakan Pengalaman Organisasi.

Nah, bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja baik itu magang ataupun full time anda bisa menceritakan pengalaman organisasi. Biasanya, HRD akan meminta anda menjelaskan pengalaman organisasi selama berada di kampus tersebut. Hal ini bertujuan agar HRD bisa mengetahui aktivitas anda saat masih studi.

Itulah pembahasan mengenai tips melakukan perkenalan diri saat wawancara kerja. Semoga ini bisa membantu anda khususnya bagi fresh Graduate.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 88 kali

Baca Lainnya

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran
Trending di Tips dan Trik