Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Mahasiswa · 8 Okt 2023 16:47 WIB ·

Maba, Jangan Lakukan Kebiasaan Ini Selama Kuliah.


Ilustrasi Anak Maba (img: pexels.com by fox) Perbesar

Ilustrasi Anak Maba (img: pexels.com by fox)

Setelah anda di terima dan telah melewati masa orientasi atau ospek, maka status anda sudah resmi mahasiswa. Selajutnya, anda tingga mengikuti perkuliahan sesuai jadwalnya sudah di tentukan kampus pada semester pertamanya. Menjadi seorang mahasiswa tentu memiliki dua sisi berbeda. Di satu sisi anda merasa senang bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, namun di sisi lain khawatis anda tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Namun, jangan khawatir karena di bawah ini ada beberapa hal yang tidak boleh di lakukan selama menjadi anak maba.

Jangan Begadang.

Maba hindari begadang

Ilustrasi Begadang (Img: pexels.com)

Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa menjadi mahasiswa akan sulit tidur karena begadang. Begadang bisa jadi karena tugas kuliah yang menumpuk hingga mengejar deadline pengumpulan naskah skripsi. Terlepas dri apapun yang terjadi, jangan sampai mengorbankan diri anda sendiri. Kurang tidur juga tidak baik bagi kesehatan, maka dari itu atur waktu sebaik mungkin agar anda bisa punya waktu untuk tidur dan kurangi begadang.

Maba Yang Sering Membolos.

Ilustrasi Membolos Kuliah (Img: pexels.com by katerina holmes).

Belajar di kampus kondisinya tidak sama ssperti ketika belajar di sekolah. Membolos satu hari saja itu bisa membuat anda melewatkan banyak hal. Beberapa kampus ada yang hanya mengizinkan mahasiswa absen sebanyak 3 pertemuan. Apabila melebihi ketentuan kemungkinan cukup fatal seperti tidak di izinkan ikut ujian, nilainya di kurangi hingga membuat anda tidak lulus satu matkul. Selama mata kuliah bukan prasyarat untuk ambil mata kuliah di semester berikutnya tidak masalah tetapi jika demikian ini akan membuat anda harus menunggu satu tahun lagi untuk mengambil matkul yang sama. Maka dari itu, jangan sering-sering membolos khususnya mahasiswa baru.

Maba Tidak Mengikuti Organisasi Kampus.

Ilustrasi Mahasiswa (img: pexels.com by rdne stock project)

Mungkin sebagian dari mahasiswa merasa bergabung dengan organisasi kampus terasa berat apalagi jika anda tidak memiliki kenalan satupun di sana. Tetapi, ini merupakan hal yang sangat di sarankan apalagi mahasiswa yang masih baru mengawali kuliah. Tetapi, tidak sedikit organisasi kampus yang memberi syarat semester kepada anggotanya. Maksudnya yang menjadi anggota organisasi hanya untuk mahasiswa semester 1 sampai 3 saja, lebih dari itu tidak di izinkan. Oleh karena itu, segeralah bergabung organisasi karena semakin cepat akan semakin baik.

Terlalu Bersikap Pasif.

Ilustrasi Bersikap Pasif (img: pexels.com by rdne stock project)

Maksud bersikap pasif ini adalah anda selama di kampus tidak aktif mencari teman. Memang mencari teman yang cocok untuk anda itu tidak mudah. Tetapi jika anda tidak aktif mencari teman maka akan rugi sendiri. Karena rasanya akan lebih seru apabila anda menemukan teman yang mau berjuang bersama hingga lulus kuliah. Kuliah itu tidak hanya sekedar mencari ilmu dan mengejar ipk saja, tetapi juga memiliki pengalaman yang baik bersama teman-teman anda.

Titip Absen.

Ilsutrasi Isi Absensi (Img: pexels.com by ryutaro tsukata).

Terakhir ialah menitip absen. Hal seperti ini mungkin sudah sering kali terjadi hampir di setiap kampus. Ini merupakan kebiasaan yang tidak baik karena efeknya tidak hanya anda sendiri saja menitipkan tetapi juga teman yang absennya di titipakan. Karena teknologi sudah semakin canggih, kini telah hadir absen secara online agar mengurangi tindakan titip absen pada mahasiswa.

Demikian pembahasan mengenai hal yang tidak boleh di lakukan ketika menjadi seorang mahasiswa khususnya anak maba. Jalani kuliah anda dengan semangat, belajar yang rajin, dan banyak bergaul pastinya

Komentar
Artikel ini telah dibaca 36 kali

Baca Lainnya

Tipe Mahasiswa Menjelang Ujian, Kamu Termasuk Yang Mana?

25 Februari 2024 - 21:18 WIB

Tips Sukses Kuliah

Jenis Organisasi Kampus Yang Perlu Anda Ketahui, Ini Dia!

31 Januari 2024 - 19:35 WIB

Jenis Organisasi Mahasiswa

Mahasiswa Kupu-Kupu: Pahami Pengertian, Manfaat & Kekurangan

28 Desember 2023 - 22:57 WIB

Apa itu Cumlaude

Manfaat Penelitian Bagi Mahasiswa

21 Desember 2023 - 21:35 WIB

Rekomendasi Kos Kosan Malang Dekat Kampus UB

14 Desember 2023 - 20:53 WIB

Rekomendasi Kos Kosan

IPK dan IPS, Kenali Perbedaannya Dalam Sistem Pendidikan

13 Desember 2023 - 20:37 WIB

Ipk dan ips
Trending di Mahasiswa