Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 5 Okt 2023 10:24 WIB ·

Mahasiswa Kerja Freelance Sambil Kuliah? Ini Alasannya!


Ilustrasi Mahasiswa (Img:pexels.com/cottonbro studio) Perbesar

Ilustrasi Mahasiswa (Img:pexels.com/cottonbro studio)

Sebagian dari mahasiswa ada yang memutuskan bekerja sembari kuliah. Ada yang bekerja secara penuh atau full time, tetapi tidak sedikit yang mengambil part time atau bahkan sebagai freelancer. Untuk kerja freelance bisa anda coba, karena selain waktu kerja yang lebih fleksibel juga tidak mengganggu kegiatan perkuliahan di kampus sehingga cocok untuk anda yang sedang menempuh pendidikan perguruan tinggi. Selain itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa orang memilih kerja freelance sembari kuliah.

Seperti kita ketahui, bahwa pekerja lepas atau freelance adalah suatu pekerjaan yang sifatnya tidak tetapi ada pekerjaan yang sedang anda kerjakan. Umumnya, ini di lakukan berdasarkan project yang akan anda kerjakan. Jika projek selesai, maka perusahaan tinggal membayar fee project berdasarkan jumlah project yang anda kerjakan.

Mahasiswa Ingin Menyesuaikan Diri.

Mahasiswa Kerja Freelance

Ilustrasi Adaptasi Lingkungan (Img: freepik.com)

Perbedaan lingkungan kerja setiap perusahaan memungkinkan anda untuk menyesuaikan diri. Bekerja baik itu secara remote maupun onside memerlukan penyesuaian diri agar anda mampu bertahan. Lingkungan kerja yang beragam ini membuat anda mampu beradaptasi serta berkomunikasi. Terjun ke dunia kerja memungkinkan anda dalam mempelajari gaya komunikasi yang beragam di semua kalangan. Ini akan memudahkan anda mempunyai aspek yang jauh lebih luas ketika berkomunikasi di berbagai lingkungan.

Mahasiswa Dapat Belajar Manajemen Waktu.

Ilustrasi Manajemen Waktu (Img: pexels.com)

Apabila anda berniat bekerja freelance sembari kuliah, hal yang perlu anda pahami ialah manajemen waktu. Maksudnya, anda harus bisa membagi waktu antara bekerja dengan kuliah. Meski keduanya berjalan secara bersamaan, tetapi hal ini membuat anda terbiasa dalam mengelola waktu sehingga menghasilkan kepribadian yang disiplin. Kemampuan mengelola waktu ini akan terus di asah agar dapat menunjang kualitas hidup dan karir di masa mendatang. Pengelolaan waktu yang baik ini dapat meminimalisir kebiasaan kurang baik yaitu menunda waktu pengerjaan dan terhindar dari molornya pekerjaan.

Memperoleh Pengalaman Kerja.

Ilsutrasi Pengalaman Kerja (Img: 1000yearssofcareeradvice.com)

Jika anda sering buka website atau aplikasi lowongan kerja. Sebagian besar perusahaan meminta kandidat yang berpengalaman di posisinya. Untuk berapa tahun pengalaman yang di minta tergantung perusahaan mencari posisi apa. Misalnya, perusahaan sedang mencari kandidat untuk posisi supervisor marketing biasanya pengalaman yang di minta ialah 2-3 tahun. Jadi intinya, sebagian perusahaan itu meminta pengalaman kerja kepada kandidatnya karena jika hanya mengandalkan nilai IPK tentu itu belum cukup. Pada dasarnya, perusahaan mencari kandidat yang siap mengikuti alur kerja perusahaan secepat mungkin. Dengan mengambil kerja freelance sambil kuliah tentu akan menjadi nilai plus tersendiri pada saat sudah lulus nanti. Anda bisa masukan pengalaman freelancenya ke dalam daftar riwayat hidup atau CV.

Meningkatkan Self Improvment

Ilustrasi Self Improvement (Img: trendingnews.com)

Alasan sebagian besar mahasiswa kerja freelance sambil kuliah agar dapat meningkatkan self improvement. Dalam pengertiannya, self improvement merupakan suatu usaha dalam rangka meningkatkan kesadaran diri akan keahlian hingga keterampilan. Freelance sambil kuliah ini memungkinkan anda untuk mengeksplorasi diri akan keahlian yang di miliki. Dan apabila anda bekerja di bidang yang sama seperti jurusan kuliah maka teori yang di dapatkan selama kuliah bisa di aplikasikan langsung ke pekerjaannya.

Itulah pembahasan mengenai alasan kerja freelance sambil kuliah. Intinya tidak hanya penghasilan yang di dapat, tetapi juga menambah skill serta pengalaman bekerja.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi