Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Mahasiswa · 28 Des 2023 22:57 WIB ·

Mahasiswa Kupu-Kupu: Pahami Pengertian, Manfaat & Kekurangan


Ilustrasi Akademis (Img: pexels.com by emily rancuist) Perbesar

Ilustrasi Akademis (Img: pexels.com by emily rancuist)

Mahasiswa kupu-kupu merujuk pada kegiatan mahasiswa yang datang hanya saat ada kuliah dan segera pergi setelah pembelajaran selesai. Seringkali, sikap seperti ini dianggap negatif, meskipun sebenarnya tidak selalu demikian. Berikut ini akan dibahas manfaat, kekurangan, dan langkah-langkah untuk menjadi mahasiswa kupu-kupu yang memiliki nilai tambah. Tentu saja, terdapat beragam jenis mahasiswa.

Mengapa Disebut Mahasiswa Kupu-Kupu?

Mahasiswa kupu-kupu

Ilustrasi Akademis (Img: pexels.com by emily rancuist)

Mahasiswa kupu-kupu merujuk kepada mereka yang hanya hadir dalam perkuliahan dan segera pulang tanpa keterlibatan dalam kegiatan kampus. Ada berbagai alasan di balik pilihan menjadi mahasiswa kupu-kupu. Beberapa alasan tersebut termasuk rasa malas, sikap skeptis, atau alasan lain yang sering kali dianggap negatif. Namun, ada juga mahasiswa yang memiliki jadwal padat di luar kampus, sehingga mereka harus cepat pulang setelah kuliah untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Mahasiswa jenis ini biasanya kurang tertarik untuk terlibat dalam aktivitas organisasi kampus. Ciri-ciri khas mahasiswa kupu-kupu meliputi memiliki sedikit teman di kampus, kurang up-to-date dalam hal informasi perkuliahan, dan cenderung enggan bergabung dengan organisasi. Bagaimana dengan Anda?

Apa Saja Manfaatnya?

Mahasiswa Kupu-Kupu

Ilustrasi Proses Perkuliahan (img: pixabay.com by nikolayhg)

Namun, perlu di ketahui bahwa tidak semua orang memilih menjadi mahasiswa kupu-kupu karena alasan malas atau hal-hal dengan konotasi negatif. Sebaliknya, ada jenis mahasiswa yang memilih fokus pada inti materi kuliah. Mereka hanya fokus pada kegiatan akademis, kemudian pulang agar tidak menghabiskan waktu dengan aktivitas yang tidak produktif, seperti sekadar nongkrong tanpa tujuan jelas, sehingga mereka dapat melanjutkan pembelajaran di rumah. Alasan lain yang mungkin sudah disebutkan sebelumnya adalah keterlibatan dalam pekerjaan di luar kampus.

Terlepas dari berbagai alasan tersebut, ternyata menjadi mahasiswa kupu-kupu juga memiliki manfaat tertentu, yang salah satunya adalah sebagai berikut.

  • Pusat perhatian pada aspek akademis

Manfaat utama pertama adalah kemampuan membantu seseorang fokus sepenuhnya pada kegiatan kuliah. Pendekatan ini bertujuan untuk menjaga kestabilan mental di tengah-tengah interaksi sosial yang kompleks dan tekanan dari lingkungan sekitar. Secara paling tidak, dengan menghindari kegiatan santai dan hiburan, individu dapat menjaga pemikirannya agar tetap terfokus. Hal ini dapat mencegah tergoda oleh opini dan penilaian orang lain yang dapat mengganggu konsentrasi pada kuliah. Karena apabila terpengaruh, fokus pada pembelajaran juga akan terdampak, dan akhirnya dapat berujung pada kesulitan mencapai kelulusan.

  • Pencapaian kelulusan yang lebih cepat

Paling tidak, melalui pendekatan fokus pada kuliah, seseorang dapat mengoptimalkan proses pembelajaran dan meningkatkan peluang untuk lulus tepat waktu. Mendapatkan gelar sarjana dalam kurun waktu yang di tentukan bukanlah hal yang mudah. Ini memerlukan pencapaian nilai yang konsisten dan baik, terutama bagi mereka yang mengejar prestasi akademis tertinggi.

  • Potensi Pencarian Pekerjaan

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, setelah menyelesaikan kuliah, terdapat peluang untuk menghasilkan penghasilan. Kamu dapat mencari pekerjaan paruh waktu di perusahaan atau memilih untuk bekerja sebagai freelancer. Jika memiliki keterampilan dalam desain, dapat menjalankan pekerjaan sebagai desainer lepas.

Kekurangan Menjadi Mahasiswa Kupu-Kupu

 

Ilustrasi Proses Perkuliahan (img: pexels.com by karolina grabowska)

Selain mengandung sejumlah kelebihan yang telah di sebutkan di atas, mahasiswa kupu-kupu juga memiliki beberapa kelemahan. Apa saja kelemahan tersebut? Apakah Anda termasuk salah satunya?

  • Keterbatasan dalam Jumlah Teman

Salah satu kerugian menjadi mahasiswa kupu-kupu adalah memiliki jumlah teman yang terbatas. Hal ini di sebabkan oleh kurangnya interaksi yang akrab dengan teman seangkatan, sehingga terkesan seorang diri tanpa teman. Meskipun pada kenyataannya, setiap individu memiliki preferensi kepribadian yang berbeda. Beberapa mungkin lebih suka menjalani waktu sendirian daripada berkumpul dengan teman-teman, dan ada berbagai alasan lainnya.

  • Kurangnya Keterlibatan

Ketidakaktifan atau kurangnya keterlibatan juga merupakan salah satu kelemahan menjadi mahasiswa kupu-kupu. Keterbatasan informasi yang diperoleh karena ketidakaktifan dapat membuat mahasiswa ini menjadi kurang up-to-date di bandingkan dengan rekan mahasiswa lainnya. Dapat di katakan bahwa mahasiswa kupu-kupu seringkali mendapatkan informasi penting dari kampus sebagai yang paling terakhir.

  • Tantangan dalam Membentuk Teman Kelompok

Partikularnya ketika di  berikan tugas kelompok di kampus, mahasiswa yang cenderung menarik diri menjadi opsi terakhir. Bahkan, banyak yang kurang bersemangat terhadap ide berkelompok. Jika mereka akhirnya masuk dalam suatu kelompok, suasana kerja sama seringkali terasa kaku dan sulit untuk terintegrasi. Kecuali jika seseorang memiliki kemampuan alami dalam memecahkan ketegangan dan menjalin keakraban.

  • Kurang Motivasi

Secara umum, mahasiswa dengan kecenderungan menarik diri cenderung hanya hadir dan pergi dari kampus, fokus utamanya hanya pada penyelesaian tugas. Namun, sikap demikian dapat secara tidak langsung memicu kecenderungan untuk menjadi malas dan kurang bersemangat.

Itulah pembahasan mengenai istilah kupu-kupu pada mahasiswa. Meski mengikuti perkuliahan itu sangat penting tetapi ada baiknya jika bersosialisasi dengan rekan kampus dan mencoba mengikuti kegiatan organisasi mahasiswa.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Tipe Mahasiswa Menjelang Ujian, Kamu Termasuk Yang Mana?

25 Februari 2024 - 21:18 WIB

Tips Sukses Kuliah

Jenis Organisasi Kampus Yang Perlu Anda Ketahui, Ini Dia!

31 Januari 2024 - 19:35 WIB

Jenis Organisasi Mahasiswa

Manfaat Penelitian Bagi Mahasiswa

21 Desember 2023 - 21:35 WIB

Rekomendasi Kos Kosan Malang Dekat Kampus UB

14 Desember 2023 - 20:53 WIB

Rekomendasi Kos Kosan

IPK dan IPS, Kenali Perbedaannya Dalam Sistem Pendidikan

13 Desember 2023 - 20:37 WIB

Ipk dan ips

Telkom University, Ini Fasilitas Lengkap Yang Bisa Kamu Dapatkan.

10 Desember 2023 - 21:39 WIB

Trending di Mahasiswa