Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 16 Okt 2023 21:37 WIB ·

Mahasiswa, Pahami 4 Etika Ini Saat Kuliah Online.


Ilustrasi Kuliah Online (Img: pexels.com by ivan samkov) Perbesar

Ilustrasi Kuliah Online (Img: pexels.com by ivan samkov)

Di era teknologi yang sudah serba canggih ini memudahkan anda dala menjalankan aktivitas. Tidak hanya dalam menyelesaikan pekerjaan, tetapi saat belajar di sekolah atau di kampus kini bisa di lakukan secara online. Belajar online sendiri pernah populer ketika indonesia di landa pandemi pada 2020 lalu. Hal tersebut membuat seluruh masyarakat menjalankan aktivitas sekolah dan kerja di lakukan di rumah. Bagi mahasiswa, adanya kuliah online ini tentu sangat bermanfaat karena jauh lebih fleksibel ketimbang harus datang ke kampus. Meski begitu, etika dalam perkuliahan juga harus tetap di kedepankan. Di bawah ini ada empat etika yang harus di lakukan saat melaksanakan kuliah online.

Mahasiswa Harus OnCam (On Camera) Saat Kuliah.

Mahasiswa

Ilustrasi Kuliah Online (img: pexels.com by karolina grabowska).

Saat kuliah online berlangsung, ada baiknya mengaktifkan kamera. Hal ini bertujuan agar dosen anda bisa mengetahui posisi anda karena rasanya kurang elok apabila kuliah online tetapi tidak menyalakan kamera. Memang ada beberapa alasan mengapa mahasiswa memilih off camera seperti masalah sinyal. Namun hal itu bisa di antisipasi dengan cara seperti mencari tempat yang menjangkau sinyal dan memastikan kuota internet mencukupi. Jika tetap tidak bisa on camera baiknya segera menghubungi dosen dengan memberikan alasan yang jelas.

Mengenakan Pakaian Yang Rapih.

Ilustrasi Kuliah Online (img: pexels.com by pavel danilyuk)

Meskipun kuliah bisa di laksanakan secara online, namun penampilan tetap nomer satu. Karena dosen pasti akan menilai keseriusan anda selama mengikuti perkuliahan dan itu bisa di lihat dari cara berpakaian. Oleh karena itu, gunakanlah pakaian yang rapih dan sopan layaknya anda kuliah secara offline. Jangan hanya kuliah daring tetapi mengabaikan penampilan.

Mematikan Mikrofon.

Ilustrasi Kuliah Online (Img: pexels.com by george milton)

Selama kuliah online berlangsung, usahakan mikrofon dalam keadaan mati. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu jalannya perkuliahan. Mungkin jika anda pernah mengikuti kuliah online, pasti mendengar suara aneh yang entah dari pengguna yang mana sehingga cukup mengganggu kondusifitas. Biasanya, ini di karenakan mahasiswa lupa mematikan mikrofon.

Usahakan Mahasiswa Harus Fokus.

Ilustrasi Kuliah Online (Img: pexels.com by julia m cameroon)

Layaknya kuliah di kampus, anda harus fokus kepada materi yang di sampaikan oleh dosennya saat kuliah online. Jangan melakukan hal yang multitasking yang bisa mengganggu fokus anda seperti sambil makan, mengerjakan hal lain dan sebagainya.

Itulah pembahasan mengenai etika saat kuliah online. Sebenarnya, baik itu kuliah online maupun offline tidak jauh berbeda. Hanya saja yang membedakannya ialah kuliah online bisa di lakukan di mana saja sehingga lebih fleksibel. Usahakan mencari ruang yang tepat agar perkuliahan daring dapat berjalan lancar.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 47 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi