Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 12 Jun 2024 20:22 WIB ·

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress


Ilustrasi Latihan Fisik (img: pixabay.com) Perbesar

Ilustrasi Latihan Fisik (img: pixabay.com)

Berlari di malam hari merupakan pilihan waktu berolahraga yang diminati banyak orang. Udara yang sejuk dan suasana yang tenang menjadi daya tarik utama, ditambah dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, seperti meningkatkan kualitas tidur dan menenangkan pikiran. Namun, perlu di ingat bahwa manfaat berlari di malam hari juga memiliki risiko tertentu yang perlu diperhatikan. Penasaran dengan manfaat dan risikonya? Simak informasi lengkapnya di artikel ini!

Manfaat Berlari Malam untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat Berlari

Ilustrasi Jadwal Tidur (img: klik dokter)

Manfaat pertama dari berlari malam adalah membantu meningkatkan kualitas tidur. Selain menyegarkan tubuh, berlari malam membuat Anda tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Ini terjadi karena tubuh yang lelah setelah berolahraga memudahkan Anda terlelap dan mengurangi frekuensi terbangun di malam hari.

Namun, hindari berolahraga kurang dari satu jam sebelum tidur karena dapat mengganggu pola tidur. Untuk tidur lebih nyenyak, mandi air hangat setelah berlari dan lakukan pendinginan untuk membantu tubuh beralih ke kondisi istirahat.

Manfaat Berlari Malam untuk Mengurangi Stres

Manfaat berlari

Ilustrasi Kesehatan Mental (img: halodoc)

Berlari di malam hari tidak hanya baik untuk fisik, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Aktivitas ini membantu melepaskan ketegangan, frustrasi, atau stres yang menumpuk sepanjang hari. Berlari memberikan waktu untuk menenangkan pikiran dan merencanakan hari berikutnya.

Dengan demikian, saat tidur, pikiran Anda akan lebih jernih dan damai, terhindar dari overthinking dan gangguan tidur lainnya. Selain itu, berlari malam juga membantu menurunkan tekanan darah, meredakan ketegangan otot, dan meningkatkan rasa tenang. Pelepasan hormon endorfin saat berlari juga dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi depresi.

Meningkatkan Performa Olahraga

Ilustrasi Berolahraga (img: pexels.com by leandro boogalu)

Manfaat lain dari berlari malam adalah meningkatkan performa olahraga. Pada malam hari, paru-paru dan metabolisme tubuh bekerja lebih optimal, sehingga Anda bisa berolahraga dengan lebih maksimal. Otot yang lelah setelah seharian beraktivitas pun akan terasa lebih rileks dan fleksibel saat malam hari, mengurangi risiko cedera atau kram saat berolahraga.

Mengatasi Ketegangan Tubuh

Ilustrasi Meminum Air (img: pexels.com by mauricio mascaro)

Manfaat terakhir dari berlari malam adalah membantu mengatasi ketegangan otot akibat aktivitas sehari-hari. Duduk dalam waktu lama dapat menyebabkan otot leher, bahu, punggung, dan pinggul menjadi kaku. Berlari malam membantu meredakan ketegangan tersebut dan membuat tubuh lebih rileks.

Bahaya Lari Malam Hari

Manfaat Berlari

Ilustrasi Berlari (img: pexels.com by pixabay)

Walaupun lari malam hari bermanfaat bagi kesehatan, melakukannya terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengakibatkan kesulitan tidur. Ini terjadi karena peningkatan suhu dan metabolisme tubuh setelah berolahraga.

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari olahraga satu jam sebelum tidur, terutama aktivitas fisik dengan intensitas tinggi, seperti aerobik atau angkat beban. Sebagai alternatif, Anda dapat mencoba yoga, peregangan tubuh, bersepeda, atau berjalan santai.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Hukum Bisnis: Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

18 Juli 2024 - 20:52 WIB

Tertarik Dengan Politik

Komunikasi Bisnis: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Teknik

16 Juli 2024 - 20:50 WIB

Komunikasi Bisnis

Hal-Hal Yang Perlu Dipahami Pada Jurusan PGSD

11 Juli 2024 - 07:11 WIB

Tertarik Dunia Politik? Berikut 5 Jurusan Kuliah Yang Bisa Dipilih

9 Juli 2024 - 14:07 WIB

Manfaat Pendidikan Politik

Lulusan Manajemen Jadi Pebisnis, Berikut Tipsnya!

6 Juli 2024 - 21:41 WIB

Lulusan Manajemen jadi pebisnis

Apa itu Pasar Monopoli? Kenali Ciri-Cirinya Hingga Kekurangannya

2 Juli 2024 - 21:27 WIB

Apa itu pasar monopoli
Trending di Edukasi