Apa yang dimaksud dengan media pembelajaran? Secara sederhana, media pembelajaran merupakan alat yang dipakai untuk menghantarkan pesan pembelajaran. Pada zaman digital seperti ini, media pembelajaran tidak hanya terbatas pada buku-buku pembelajaran. Guru dan murid sekarang memiliki kebebasan untuk mengeksplorasi berbagai media pembelajaran selama proses belajar. Salah satu contohnya adalah media pembelajaran yang berbasis teknologi.
Jadi, apa sebenarnya media pembelajaran berbasis teknologi? Apa ragam jenisnya? Dan bagaimana cara memilih jenis media pembelajaran berbasis teknologi yang sesuai? Temukan jawabannya dalam pembahasan menyeluruh berikut ini.
Media Pembelajaran Berbasis Teknologi berupa Multimedia Interaktif
Multimedia interaktif merujuk pada media pembelajaran yang menggabungkan berbagai elemen, seperti teks, gambar, suara, animasi, video, dan sebagainya, guna menyampaikan materi pembelajaran.
Media ini dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa. Selain itu, multimedia interaktif juga dapat mengoptimalkan waktu pengajaran guru, meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, serta memungkinkan pembelajaran dapat di lakukan di berbagai tempat dan waktu.
Contoh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi ini meliputi berbagai aplikasi pembelajaran, seperti Microsoft PowerPoint, Canva, Powtoon, Google Classroom, dan Quipper.
Media Pembelajaran Berbasis Teknologi berupa Video Digital dan Animasi
Jenis media pembelajaran berbasis teknologi berikutnya adalah video digital dan animasi. Media pembelajaran seperti ini dianggap lebih efektif dan menarik bagi siswa dibandingkan hanya menggunakan buku teks.
Keberadaan pembelajaran berbasis video memudahkan siswa dalam memahami penjelasan guru karena adanya gambar visual. Media ini juga lebih menarik karena penggunaan gambar dan simbol yang dapat mempercepat penyerapan informasi dan mempermudah siswa untuk mengingat materi yang di pelajari.
Podcast
Podcast (Play on Demand and Broadcast) merupakan media digital berupa rekaman audio yang dapat di akses oleh banyak orang secara bebas.
Secara sekilas, podcast mirip dengan siaran radio, namun podcast memerlukan koneksi internet untuk mendengarkan rekaman audio, berbeda dengan siaran radio yang dapat di nikmati tanpa koneksi internet.
Belakangan ini, podcast sering di gunakan sebagai media pembelajaran karena memberikan berbagai manfaat bagi siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
Augmented Reality (AR)
Augmented reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan elemen virtual dua atau tiga dimensi dengan realitas lingkungan sekitar. Media pembelajaran ini memungkinkan guru untuk menggambarkan konsep abstrak secara langsung.
Namun, penggunaan AR dalam pembelajaran ini memerlukan perangkat khusus seperti webcam, kamera, dan kacamata AR.
Virtual Reality (VR)
Virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang merasakan pengalaman seolah-olah berada dalam suatu lingkungan fisik dengan bantuan komputer dan peralatan tertentu. Gambar yang di tampilkan dengan teknologi virtual reality ini berbentuk tiga dimensi, memberikan kesan yang lebih nyata. Sayangnya, penggunaan media VR ini memerlukan investasi finansial yang cukup besar jika para guru ingin mengimplementasikannya.
Bagaimana Cara Memilih Yang Tepat?
Banyaknya opsi pembelajaran dengan basis teknologi mungkin membuat kebingungan bagi Bapak dan Ibu guru dalam menentukan pilihan yang tepat.
Berikut adalah beberapa panduan dalam memilih jenis pembelajaran dengan basis teknologi yang sesuai.
- Sesuaikan dengan Tujuan Pembelajaran
Setiap mata pelajaran memiliki tujuan pembelajaran yang spesifik. Oleh karena itu, dalam memilih media pembelajaran, penting untuk menyesuaikannya dengan pencapaian tujuan pembelajaran yang telah di tetapkan sebelumnya.
- Perhatikan Keefektifannya
Dari beragam jenis media pembelajaran berbasis teknologi yang tersedia, pilihlah yang dinilai paling efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah di tentukan.
- Karakteristik Siswa
Dalam memilih jenis pembelajaran, Bapak dan Ibu guru perlu mempertimbangkan karakteristik siswa, termasuk kemampuan, pengalaman, serta daya tarik terhadap pembelajaran. Pertimbangkan juga jenjang pendidikan siswa, jumlah siswa di kelas, dan gaya belajar mereka.
- Ketersediaan
Pastikan bahwa pembelajaran yang akan di gunakan tersedia. Jika belum tersedia, pertimbangkan kembali apakah memungkinkan untuk memperoleh tersebut dan pertimbangkan beberapa alternatif yang dapat di ambil.