Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 20 Apr 2022 23:15 WIB ·

Tips Mengatur Waktu Antara Main, Belajar, dan Organisasi


Img: Pexels/Liza Summer Perbesar

Img: Pexels/Liza Summer

Pasti banyak disini yang sedang masa ambis-ambisnya, semua kegiatan diikuti sampai bingung ngatur waktu. Apa kamu termasuk salah satunya? Tidak bisa dipungkiri, kesempatan di depan mata sangat sayang untuk dilewatkan, kalau ada info lomba atau oprec jadi terpancing ingin ikutan padahal kegiatan lagi padat. Benar kan?

Sebenarnya, boleh saja mengikuti lomba, pelatihan, volunteer, magang, organisasi, tapi kamu juga harus memikirkan kekuatan fisik dan mentalmu. Kalau sudah banyak agenda, kamu jadi susah buat main, akibatnya jadi burnout, betul tidak? Makanya, mulai sekarang coba atur waktumu dengan melakukan hal-hal berikut supaya kamu masih bisa main diantara jadwal belajar dan organisasi. Yuk, simak sampai habis!

Utamakan belajar

Sesibuk apapun kamu, tetap prioritaskan belajar dan mengerjakan tugas. Jangan sampai nilaimu terjun bebas disebabkan sibuk kegiatan, karena pada dasarnya organisasi adalah tempat yang bisa bikin kemampuanmu semakin meningkat bukan malah menurun.

Tulis daftar aktivitas

Buat list aktivitas yang akan kamu lakukan dalam satu hingga dua hari kedepan. Daftar ini berfungsi untuk mengingatkan kamu akan hal-hal yang harus kamu lakukan agar tidak terlupa dan keteteran.

Jangan takut bilang “Tidak”

Bagi kamu yang sering dapat tugas tambahan dari organisasi, jangan ragu untuk bilang “tidak” saat jadwal lagi padat. Meskipun kamu sedang tidak padat juga tidak masalah untuk menolak tugas yang bikin kamu overwork. Gunakan waktu luang untuk istirahat atau quality time dengan orang-orang terdekat.

Tentukan skala prioritas

Pilih mana kegiatan yang wajib kamu lakukan dan yang tidak seharusnya kamu lakukan. Contohnya, kamu bisa menjadikan keluarga, pendidikan sebagai prioritas utama, kemudian menyusul kegiatan yang bisa mengembangkan diri seperti organisasi, kursus, pelatihan, dan sebagainya, hingga paling bawah adalah nongkrong dengan teman-teman. Dengan penentuan ini bikin kamu lebih mudah mengambil keputusan saat dihadapkan pilihan antara main, belajar, atau organisasi.

Batasi waktu bermain

Kata orang, banyak teman banyak rejeki. Kalimat tersebut ada benarnya namun tidak bisa ditelan mentah-mentah. Saat menghabiskan waktu bersantai dengan teman-teman, kamu juga harus menentukan batasan waktunya. Karena semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk bersantai, bisa keterusan hingga terbiasa dengan rasa malas mengakibatkan kurang produktif dan akhirnya menghancurkan rencana yang sudah kamu buat di awal. Setidaknya luangkan waktu 2-3 jam per hari untuk mengistirahatkan otakmu.

Nah, itu dia tips mengatur waktu antara bermain, belajar, dan berorganisasi. Buat yang sekarang lagi overwork, yuk cobain tips ini agar tidak burnout lagi!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Tips Efektif Menulis Bab 1 Skripsi agar Di ACC Dosen Pembimbing

20 Juni 2024 - 16:12 WIB

Ide ngabuburit

Tips Pulihkan Energi dan Menghadapi Masa Sulit di Semester Akhir

19 Juni 2024 - 16:44 WIB

Tips Hadapi Seminar Magang Agar Berjalan Lancar dan Sukses

19 Juni 2024 - 16:30 WIB

Pemasaran sosial

Tips Networking Ini Bisa Mahasiswa Terapkan, Wajib Tahu!

18 Juni 2024 - 16:01 WIB

Tips Meningkatkan skill pengembangan

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Tips dan Trik