Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 5 Mar 2023 12:00 WIB ·

Mengenal Berita Acara dan Cara Membuatnya


Img: Pexels/liza-summer Perbesar

Img: Pexels/liza-summer

Mengenal Berita Acara dan Cara Membuatnya –Kamu mungkin pernah mendengar istilah “berita acara” yang sering digunakan di berbagai profesi atau bidang pekerjaan. Salah satunya adalah berita acara pengadilan yang hendak mengadakan persidangan.

Mengenal Berita Acara dan Cara Membuatnya

Namun, berita acara tersebut berlaku tidak hanya di bidang hukum, tetapi juga di bidang pekerjaan lainnya. Berikut adalah penjelasan rinci tentang berita acara, dengan contoh-contoh untuk berbagai situasi. Yuk, simak sampai habis!

Mengenal berita acara

Berita acara adalah dokumen penting yang harus kamu simpan sebagai bukti penerimaan barang atau jasa. Berita acara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah catatan laporan polisi mengenai waktu, tempat, keterangan, dan petunjuk lain mengenai suatu perkara atau peristiwa.

Berita acara dibuat dengan maksud sebagai bukti tertulis dari peristiwa yang telah selesai atau dilaksanakan. Pada umumnya risalah berfungsi sebagai dokumentasi bagi suatu lembaga atau organisasi bahwa acara berjalan sesuai rencana.

Cara membuat berita acara

Jadi, bagaimana kamu membuat laporan acara? Apa saja komponen yang harus dimiliki untuk membuat agenda? Berikut cara membuat laporan komprehensif yang dapat kamu pahami:

1. Tentukan format berita

Biasanya notulen yang bertugas terlebih dahulu harus memahami format laporan yang akan kamu buat sebelum membuat laporan resmi. Ini termasuk jenis acara serta alasan pembuatan berita acara. Format berita yang akan kamu gunakan akan terpengaruh oleh jenis berita yang sudah kamu kenal.

2. Menulis berita

Pencatat atau penulis kemudian dapat mulai menulis cerita. Mulai dari judul, berlanjut ke pembukaan, isi, berita, inti, dan penutup. Perlu juga kamu pahami bahwa aturan tertentu berlaku saat menulis, seperti font.

3. Bahasa yang tepat

Menulis laporan resmi tidak sama dengan menulis cuti sakit. Saat menulis, gunakan bahasa yang sesuai untuk menit yang kamu buat.

Contoh berita acara

Pimpinan Rapat : Putri

Sekretaris / Notulis : Siti

Narasumber : Dewi, Nia, Sinta

Setelah berdiskusi tentang materi atau topik tersebut di atas, seluruh peserta menentukan dan dapat menyepakati beberapa hal yang pantas untuk keputusan akhir acara ini, yaitu:

Setiap hari Minggu akan berlangsung kegiatan Gotong Royong di Bandung, Jawa Barat.

Oleh karena itu, berita acara ini disusun dan disahkan dengan penuh tanggung jawab agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 13 Januari 2023

Pemimpin Rapat,

(Putri)

Notulen

(Siti)

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Hambatan Mobilitas Sosial

23 April 2024 - 21:24 WIB

Kena Blacklist di UTBK SNBT 2024, Berikut 7 Penyebabnya!

22 April 2024 - 20:17 WIB

Tips dapat nilai bagus

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing
Trending di Edukasi