Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 20 Sep 2023 13:52 WIB ·

Mengenal E-Book: Fungsi, Tujuan, dan Kelebihannya.


Ilustrasi E-Book (Img: pexels) Perbesar

Ilustrasi E-Book (Img: pexels)

Di era teknologi seperti sekarang, membuat semua kini menjadi serba digital. Bahkan, buku bacaan saja yang biasanya berbentuk fisik atau cetak kini menjadi digital, biasanya ini sering di sebut sebagai e-book. Sebenarnya e-book sudah ada sejak lama dan pertama kali di temukan oleh penulis asal amerika serikat bernama michael stern hart. Pada jaman itu, project pertama dalam membuat e-book secara bebas. Di sinilah, dia pertama kali menerbitkan buku digital sebelum kehadiran internet melalui jaringan BBS, ARPANET, hingga server gopher. Electronic buku atau e-book di buat dengan menggunakan format tulisan biasa lalu di terbitkan dalam file teks. Dalam pengertiannya, bukel atau e-book merupakan suatu buku yang hadir dalam bentuk digital yang isinya berupa paduan atau informasi tertentu. E-book bisa di baca menggunakan laptop, Komputer, handphone, hingga tablet. Dalam isi e-book ini sebenarnya sama saja dengan buku cetak pada umumnya yaitu terdapat berbagai gambar hingga tulisan tergantung isi topiknya. Untuk mengenal e-book secara mendalam, kenali fungsi, tujuan, danbkelebihannya.

Mengenal E-Book dari Sisi Fungsinya.

  • Untuk Belajar.

Secara umum, sebenarnya fungsinya sama saja dengan buku cetak pada umumnya yaitu untuk belajar. Belajar melalui e-book ini lebih praktis ketimbang harus membeli buku cetak. Bahkan belajar bisnis dan saham juga bisa melalui e-book.

  • Menambah Informasi.

Tidak sedikit dari sebagian besar pebisnis yang memberikan e-book secara gratis kepada konsumennya. Memberikan e-book ini juga terbilang mudah karena secara digital dan di kirim melalui email konsumennya. Membuatnya juga tidak sulit sehingga penggunaan e-book ini tepat untuk di pergunakan sebagai media informasi.

Tujuan E-Book.

  • Menghemat Biaya.

Dengan menggunakan buku digital atau e-book, biaya yang di keluarkan untuk membuat buku tidak terlalu banyak bahkan tidak ada biaya sama sekali alias bisa gratis karena berbasis digital sehingga menjadikannya lebih hemat biaya. Karena dalam membuat buku cetak selain membutuhkan waktu yang cukup lama, alat yang di pergunakan masih konvensional.

  • Mempermudah Membuat Buku.

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa membuat buku cetak itu memerlukan waktu yang cukup lama. Dengan adanya e-book akan memudahkan anda dalam membuat buku. Tetapi, hal perlu di perhatikan dalam membuat buku adalah format yang di gunakan. Usahakan buat format yang menarik sehingga layak untuk di sebar hingga di perjualbelikan.

  • Mempermudah proses belajar mengajar.

Manfaat lainnya ialah mempermudah proses belajar mengajar di sekolah. Guru dapat membuat materi dengan mudah melalui e-book dan di berikan kepada para siswanya. Siswa juga akan terbantu dengan hadirnya buku berbasis digital ini sehingga bisa di gunakan kapan saja dan di mana saja.

Kelebihan E-Book.

  • Ramah Lingkungan.

Mengingat ini buku berbasis digital sehingga proses pembuatannya tidak memerlukan kertas dan tinta. Hal ini membuatnya lebih ramah lingkungan ketimbang buki cetak.

  • Lebih Hemat.

Membuat buku digital tidak perlu mengeluarkan biaya banyak bahkan bisa bebas biaya. Hal ini menjadi salah satu keunggulan e-book sehingga harga jualnya lebih murah ketimbang buku cetak.

  • Tidak Mudah Rusak.

Buku digital tentu tidak akan rusak sama sekali meski usia e-book sudah lebih dari 8 tahun bahkan 10 tahun. Tidak seperti buku cetak yang dalam kurun waktu tahun tertentu ada saja kerusakan mulai dari kertas yang kusam hingga lembar halaman yang putus.

Demikian pembahasan terkait buku digital. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda mengenai e-book.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 83 kali

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi