Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 22 Agu 2023 16:24 WIB ·

Mengenal Gudeg, Kuliner Khas Jogja dan Cara Membuatnya


Img: wikipedia.com Perbesar

Img: wikipedia.com

Apakah anda sudah mencicipi kuliner khas jogja yang satu ini? Ya, gudek menjadi salah satu kuliner yang menjadi ikonik di kota pelajar tersebut. Gudeg merupakan makanan sayuran yang terbuat dari nangka muda. Anda bisa mencicipi gudeg dalam bentuk kuah atau yang kering. Mungkin anda akan bertanya, sejak kapan gudeg mulai di kenal?

Mengenal Gudeg.

Dalam sejarah singkatnya, gudeg mulai di kenal pada abad ke 15 yang mana mulanya ketika masa pembangunan kerajaan mataram islam tepatnya di daerah kota gede. Tanpa di sengaja, gudeg di buat oleh prajurit kerajaan karena di daerah mentaok ada banyak sekali nangka muda, buah kelapa, hingga melinjo. Lalu, para prajurit tersebut memasak dengan cara mencampurkan nangka muda, santan kelapa, dan melinjo. Kemudian, aduk terus menerus. Dalam bahasa jawa di sebut sebagai hangudek yang artinya ialah benda yang di aduk terus. Itulah sebabnya mengapa makanan ini di sebut dengan gudeg. Bahkan, kuliner tersebut saat itu di jadikan hidangan untuk para tamu kerajaan.

Gudeg mempunyai cita rasa yang sedikit manis namun tetap gurih dengan campuran santan serta garam. Biasanya gudeg disajikan bersama dengan nasi, telor pindang, tempe tahu bacem, hingga opor. Untuk membuat gudeg sendiri sebenarnya tergolong mudah yang penting nangka yang di gunakan adalah nangka mudah berkualitas baik dan juga kelapa dan melinjonya. Bagaimana cara membuat gudeg sendiri di rumah? Di bawah ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat gudeg untuk hidangan keluarga.

Bahan-Bahan Pembuat Gudeg.

  • Siapkan nangka muda 300 gram.
  • Tiga butir telor rebus.
  • Santan Kental 65 ml.
  • Gula merah 100 gr.
  • Daun Salam 3 lembar.
  • Daun Jeruk 3 lembar.
  • Lengkuas 2 cm.
  • Batang Serai.
  • Garam 2 sendok teh.
  • Ketumbar bubuk 1 sendok teh.
  • Air 500 ml.

Bumbu Halus.

  • Bawang putih 4 siung.
  • Bawang merah 3 butir.
  • Kemiri 2 butir.
  • Jahe dan kunyit masing-masing 2 cm.

Langkah pertama.

Cuci bumbu-bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe dan kunyit. Lalu, haluskan bumbu bisa di uleg atau di blender.

Langkah kedua.

Bahan-bahan lain yang di siapkan seperti telor rebus, nangka muda, serta rempah yang sudah di geprek seperti batang sereh dan lengkoas.

Langkah Ketiga.

Bumbu yang sudah di haluskan di masukan ke dalam wajan. Masak sampai mendidih lalu masukan daun jeruk, daun salam, gula merah dan lengkuas. Masukan juga bahan lainnya seperti nangka muda dan telur rebu. Masak hingga asat.

Langkah Keempat.

Sesudah air menyusut isi kembali air secukupnya saja dan tambahkan santan kelapa, gambar dan ketumbar. Masak hingga kembali asat.

Langkah Kelima.

Setelah kuahnya menyusut dan tekstur nangka sudah sesuai yang di inginkan matikan api dan sajikan.

Itulah pembahasan mengenai mengenal gudeg dan bagaimana cara membuatnya. Semoga dengan cara ini bisa membantu anda apabila ingin menbuat gudeg sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 92 kali

Baca Lainnya

Ide Hidangan Lezat untuk Dinikmati Saat Idul Adha

17 Juni 2024 - 20:56 WIB

Ide hidangan lezat

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu
Trending di Kuliner