Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 21 Feb 2024 17:55 WIB ·

Mengenal Istilah Domain & URL serta Pentingnya Untuk Bisnis


Ilustrasi situs url (img: diskominfo.kuburayakab.go.id) Perbesar

Ilustrasi situs url (img: diskominfo.kuburayakab.go.id)

Domain name adalah identitas situs web kita, mirip dengan alamat fisik pada umumnya. Nama ini membantu pengguna lain menemukan situs web kita lebih mudah daripada menggunakan alamat protokol internet atau IP. Dalam sebuah domain, terdapat nama dan ekstensi yang merupakan bagian penting dari infrastruktur internet. Ketika seseorang mengetik nama domain di peramban (browser), domain tersebut akan di arahkan melalui server DNS. Nama tersebut kemudian di terjemahkan oleh server untuk menemukan alamat IP yang sesuai. Data kemudian di ambil untuk situs web tersebut dan di tampilkan di peramban. Meskipun proses ini terstruktur, itu hanya memakan waktu beberapa detik, sehingga pengguna bisa menemukan dan melihat situs web dengan cepat. Berikut ini akan membahas dan mengenal istilah domain & URL serta pentingnya bagi bisnis.

Mengenal Istilah Domain & URL

Ilustrasi situs url (img: diskominfo.kuburayakab.go.id)

Walaupun memiliki beberapa kesamaan, nama domain dan URL atau Universal Resource Locator berbeda. Jika URL adalah alamat web lengkap yang langsung mengarahkan pengunjung ke halaman tertentu dalam suatu situs, nama domain hanya merupakan bagian dari URL.

Selain itu, URL juga terdiri dari domain, protokol, dan jalur. Protokol menunjukkan apakah suatu situs memiliki sertifikat SSL atau tidak. Namun, URL hanya memiliki jalur ketika mengarahkan pengunjung ke halaman tertentu dalam suatu situs.

Kadang-kadang, URL di sebut sebagai alamat web yang mencakup nama domain suatu situs bersama dengan informasi lainnya, seperti protokol dan jalur.

Mengapa Domain Penting?

Mempertimbangkan seberapa pentingnya domain bagi kita, terutama untuk proyek dan bisnis? Berikut adalah beberapa poin pentingnya:

  • Kemampuan untuk Di ingat

Ilustrasi Mengingat (img: fimela)

Meskipun secara teknis audiens dapat mengunjungi situs web tanpa nama domain dengan memasukkan alamat IP, itu akan sulit di ingat karena berupa serangkaian angka. Namun, menggunakan nama domain akan membantu situs web kita lebih mudah di akses oleh pengguna mana pun.

  • Efektivitas Brand
Memahami Istilah Domain

Ilustrasi Brand (img: infobrand.id)

Komunikasi terkait bisnis dan proyek akan di tingkatkan dengan memilih nama domain yang tepat. Hal ini dapat di lakukan dengan cara yang konsisten dengan misi dan nilai merek kita.

  • Kredibilitas

Ilustrasi Kredibilitas (img: akuntansionline.net)

Penggunaan nama domain khusus akan membuat situs web kita terlihat lebih profesional di bandingkan dengan situs web yang menggunakan nama domain gratis.

  • Alamat Email Khusus

Ilustrasi Alamat Email Khusus (img: unsplash.com)

Dengan nama domain, kita dapat memiliki akun email yang profesional dan unik. Selain itu, kehadiran kita akan terlihat lebih konsisten di berbagai platform online.

  • SEO
Mengenal Istilah Domain

Ilustrasi SEO (img: gramedia)

Pemilihan kata kunci yang relevan dan nama domain yang mudah di ingat akan memberikan dampak positif pada optimisasi mesin pencari untuk situs web kita dan meningkatkan peringkatnya dalam hasil pencarian.

Itulah pembahasan sekaligus mengenal istilah domain yang perlu anda pahami. Semoga ini bisa menambah wawasan anda seputar domain dan perbedaannya dengan url.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi