Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 1 Mar 2024 21:28 WIB ·

Mengenal Istilah Silent Layoff, Istilah Yang Populer di Dunia Kerja


Ilustrasi Lay Off (img: linkedin) Perbesar

Ilustrasi Lay Off (img: linkedin)

Pemutusan hubungan kerja (PHK) yang diam-diam, atau yang lebih di kenal sebagai “silent layoff,” merupakan suatu tindakan perusahaan untuk memangkas karyawan tanpa memberikan pemberitahuan atau peringatan terlebih dahulu. Praktik ini seringkali memunculkan kekhawatiran dan ketidakpastian di antara karyawan, karena mereka mungkin tidak menyadari bahwa mereka berada dalam risiko kehilangan pekerjaan mereka. Artikel ini akan membahas tentang mengenal istilah silent layoff, tanda-tanda yang perlu di perhatikan, dan cara mengatasinya.

Mengenal Definisi Silent Layoff

Silent Layoff

Ilustrasi Lay Off (img: linkedin)

Silent layoff adalah strategi PHK yang dilakukan tanpa memberikan pemberitahuan atau peringatan kepada karyawan. Perusahaan mungkin menggunakan berbagai alasan untuk membenarkan tindakan ini, seperti restrukturisasi organisasi, penyesuaian anggaran, atau perubahan strategis. Namun, pada dasarnya, tujuan dari silent layoff adalah untuk mengurangi jumlah karyawan tanpa menimbulkan gangguan atau protes yang signifikan.

Tanda-tanda Silent Layoff

  • Penurunan Aktivitas
Silent Layoff

Ilustrasi PHK Diam-Diam (img: stlawyer.ca)

Karyawan mungkin mulai melihat penurunan aktivitas dalam tim atau departemen mereka. Proyek-proyek dapat terhenti atau di perlambat, dan komunikasi internal mungkin menjadi lebih sedikit.

  • Kehilangan Pekerjaan Tanpa Penjelasan Jelas

Ilustrasi Pemberhentian Kerja (img: flexjob)

Beberapa karyawan mungkin tiba-tiba kehilangan pekerjaan mereka tanpa adanya penjelasan yang memadai dari manajemen. Ini bisa menjadi tanda bahwa silent layoff sedang terjadi.

  • Perubahan Organisasi Mendadak

Ilustrasi Lay Off (img: hr exchange network)

Perusahaan yang mengalami silent layoff mungkin membuat perubahan organisasi yang signifikan tanpa memberikan alasan yang jelas. Misalnya, pemecatan atau pemindahan posisi kunci tanpa alasan yang jelas.

  • Atmosfer yang Tegang
Silent Layoff

Ilustrasi Pemberhentian kerja (img: free pers journal)

Karyawan mungkin merasakan ketegangan atau kecemasan di tempat kerja, meskipun tidak ada pengumuman resmi tentang PHK. Ini dapat menjadi tanda bahwa sesuatu yang tidak biasa sedang terjadi di perusahaan.

Cara Mengatasi Silent Layoff

  • Mengkomunikasikan dengan Jelas

Ilustrasi Rapat Koordinasi (img: pexels.com by fauxels)

Manajemen perlu berkomunikasi secara terbuka dan jujur dengan karyawan mengenai kondisi perusahaan dan langkah-langkah yang di ambil. Ini dapat membantu mengurangi ketidakpastian dan meningkatkan kepercayaan.

  • Memberikan Dukungan Karyawan

Ilustrasi Mengerjakan Project (img: pexels.com by fauxels)

Perusahaan harus memberikan dukungan kepada karyawan yang terkena dampak PHK, baik itu dalam bentuk pelatihan ulang, bantuan penempatan kerja, atau paket kompensasi yang adil.

  • Membuat Rencana Kebijakan yang Transparan

Ilustrasi Interview Internship (img: pexels.com by fauxels)

Sementara itu, Perusahaan harus memiliki kebijakan yang jelas dan transparan terkait PHK dan prosedur yang harus di ikuti. Ini dapat membantu mengurangi ketidakpastian dan mencegah spekulasi yang tidak perlu.

  • Mengedepankan Keadilan dan Kesejahteraan Karyawan

Ilustrasi Evaluasi (img: pexels.com by fauxels)

Terakhir, Manajemen harus memastikan bahwa keputusan terkait PHK di dasarkan pada pertimbangan yang adil dan memperhatikan kesejahteraan karyawan serta kebutuhan perusahaan.

 

Mengenal Istilah Silent layoff adalah fenomena yang mengkhawatirkan bagi karyawan karena memberikan sedikit atau tidak ada peringatan sebelum mereka kehilangan pekerjaan mereka. Untuk mengatasi hal ini, manajemen perlu berkomunikasi secara terbuka, memberikan dukungan kepada karyawan yang terkena dampak, dan memastikan bahwa keputusan terkait PHK di dasarkan pada pertimbangan yang adil. Dengan mengambil langkah-langkah ini, perusahaan dapat mengurangi dampak negatif dari silent layoff dan menjaga hubungan baik dengan karyawan mereka.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi