Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

kampus · 22 Feb 2024 21:56 WIB ·

Mengenal Kampus UT: Sejarah, Fasilitas, dan UKM


Ilustrasi Logo UT (img: ut.ac.id) Perbesar

Ilustrasi Logo UT (img: ut.ac.id)

Ketika mendengar Universitas Terbuka, apa yang terpikir olehmu? Apakah kamu membayangkan sebuah institusi pendidikan yang menerima siapa pun, di mana pun? Nah, sebenarnya sistem pembelajaran Universitas Terbuka (UT) memang di rancang untuk memberikan akses kepada siapa saja, di mana saja, terutama dengan pendekatan jarak jauh, dengan tujuan untuk menciptakan kesempatan pendidikan tinggi yang merata di seluruh Indonesia. Bahkan, pendekatan terbuka ini tidak hanya berlaku di daerah terpencil di Indonesia, tapi juga mencakup hingga ke luar negeri. Penting untuk di catat bahwa mengenal kampus UT adalah bagian dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pastinya menarik, bukan?

Sejarah Kampus UT

Mengenal Kampus UT

Ilustrasi Logo UT (img: ut.ac.id)

Awal mula berdirinya UT berasal dari masalah yang muncul di dunia pendidikan pada masa itu, termasuk rendahnya standar dan kualitas pendidikan guru serta keterbatasan dalam kapasitas pendidikan tinggi. Pada akhir tahun 1970-an, banyak guru yang menghadapi situasi darurat dalam pendidikan singkat karena kendala biaya dan kewajiban meninggalkan tugas mengajar untuk mengejar pendidikan lebih lanjut.

Pada akhir tahun 1981, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk mendirikan universitas yang tidak konvensional dengan pendekatan terbuka. Kampus UT ini di beri nama Universitas Terbuka Indonesia, dan di resmikan oleh Presiden ke 2, Soeharto pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1984.

Apa Saja Fasilitasnya?

Ilustrasi Kampus UT (img: pusatbisnis.ut.ac.id)

Di karenakan sebagian besar materi pengajaran di sampaikan secara daring, UT menekankan keunggulan fasilitas daringnya bagi mahasiswa. UT menyediakan perpustakaan digital, toko buku daring, dan platform pembelajaran online. Selain itu, Universitas Terbuka juga menawarkan beberapa fasilitas yang dapat di sewakan kepada masyarakat, seperti penginapan (Wisma UT), lembaga pelatihan, toko buku, ruang pertemuan, dan gazebo. Harga sewa bervariasi tergantung fasilitas yang di pilih. Contohnya, tarif sewa untuk Wisma UT berkisar antara Rp 550.000 hingga Rp 700.000 per malam.

UKM Di Kampus UT

Mengenal Kampus UT

Ilustrasi UKM di UT (img: x.com)

Meskipun sebagian besar pembelajaran di lakukan secara daring, UT menyediakan beragam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk mengembangkan bakat dan minat para mahasiswa. Beberapa contohnya adalah UT Sport Center, Forum Belajar untuk setiap program studi, paduan suara, Menwa, Persekutuan Oikumene UT Jakarta, serta program-program olahraga, seni, dan kegiatan sosial lainnya.

Itulah pembahasan singkat sekaligus mengenal kampus UT atau Universitas Terbuka. Semoga ini bisa menjadi referensi dan menambah pengetahuan seputar universitas terbuka.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 55 kali

Baca Lainnya

Tanpa Skripsi, Berikut Syarat Kelulusan di Universitas Terbuka

22 Mei 2024 - 20:01 WIB

Tanpa Skripsi

Universitas Terbuka: Sejarah Kampus Pelopor Belajar Jarak Jauh

22 Mei 2024 - 16:01 WIB

Universitas Terbuka

Kelebihan Telkom University dengan Kampus Lain

10 Mei 2024 - 21:39 WIB

Jurusan Kuliah

Kelebihan Kuliah di Universitas Terbuka Yang Perlu Di Ketahui

9 Mei 2024 - 21:35 WIB

Universitas Terbuka

Jurusan Kuliah Dengan Double Degree di Telkom University

17 April 2024 - 18:55 WIB

Jurusan Kuliah

Universitas Terbuka Naik Peringkat versi Webometrics 2024

22 Maret 2024 - 11:31 WIB

Universitas Terbuka
Trending di kampus