Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 9 Jul 2022 12:00 WIB ·

Mengenal Kelas Internasional di Dunia Perkuliahan


Img: pixabay.com - Ihsan Aditya Perbesar

Img: pixabay.com - Ihsan Aditya

Istilah-istilah dalam dunia perkuliahan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal itu sejalan dengan semakin majunya sistem pendidikan di Indonesia. Namun, tidak semua istilah dalam dunia perkuliahan itu sudah mahasiswa kenali dengan baik. Nyatanya, masih banyak istilah dalam perkuliahan yang hanya terdengar familiar, tetapi tidak mahasiswa ketahui seperti apa bentuk atau rupanya. Selain istilah double degree, istilah kelas internasional juga cukup mengambil atensi. Nah, tahukah kalian apa itu kelas internasional? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

 

Pengertian

Kelas internasional adalah sebuah program perkuliahan di suatu perguruan tinggi yang telah bekerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri sesuai dengan peraturan yang telah ada di Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 14 Tahun 2014. Dengan mengikuti program ini, seorang mahasiswa dapat memiliki double certificates dari perguruan tinggi dalam negeri dan perguruan tinggi mitra yang ada di luar negeri. 

 

Manfaat

  1. Mempunyai keterampilan berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris
  2. Mendapatkan double certificates
  3. Berkesempatan menggunakan bahasa Inggris dalam perkuliahan yang nantinya akan kampus berikan keterangan tertulis mengenai bahasa yang mahasiswa gunakan
  4. Memiliki peluang besar untuk bekerja di perusahaan multinasional
  5. Kesempatan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di luar negeri sangat terbuka lebar

 

Perbedaan Kelas Internasional dan Kelas Reguler

1. Biaya Kuliah

Untuk mahasiswa S1 Reguler di PTN, penentuan biaya kuliah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT yang terbagi menjadi beberapa tingkatan atau golongan. Sementara itu, mahasiswa yang mengikuti program ini tidak mengenal sistem UKT. Biaya kuliah mereka pun cenderung lebih besar daripada dengan S1 Reguler. Sebagai contoh, mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) Kedokteran Universitas Indonesia harus membayar biaya masuk sebesar Rp100.000.000 dan uang kuliah per semester sebesar Rp46.000.000. Tidak hanya itu, mahasiswa program ini yang melakukan studi ke luar negeri juga perlu membayar uang kuliah lain yang besarannya berbeda-beda tergantung pada universitas yang dituju.

2. Proses Perkuliahan

Ketika mahasiswa S1 Reguler menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dalam proses belajar mengajar, hal itu berbeda dengan mahasiswa program ini yang menggunakan bahasa Inggris lebih banyak dibanding bahasa Indonesia. Perbedaan penggunaan bahasa ini diperlukan untuk menunjang aktivitas perkuliahan. Selain penggunaan bahasa, perbedaan dalam proses perkuliahan antara mahasiswa S1 Reguler dan program ini ada pada international exposure. Mahasiswa S1 Reguler tidak diwajibkan memiliki international exposure, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk memilikinya karena perizinan untuk international exposure berada dalam kesediaan dan kebijakan program studi masing-masing. Sementara itu, mahasiswa Kelas Internasional diharuskan untuk memiliki international exposure.

Perbedaan kelas internasional dan kelas reguler juga ada pada seleksi masuk dan materi dalam ujian seleksi tersebut.

Nah, itulah penjelasan terkait apa itu kelas internasional. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing

Aktivitas yang Di Lakukan saat Hari Lebaran 2024

12 April 2024 - 19:46 WIB

Aktivitas Yang Di Lakukan

Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

6 April 2024 - 23:33 WIB

Trending di Edukasi