Selama ini tidak jarang kita melihat beberapa public figur yang menempatkan diri mereka sebagai brand ambassador untuk sebuah brand dari perusahaan tertentu. Biasanya, seorang BA akan memperkenalkan merek yang fungsinya mewakili masyarakat dengan kelebihannya serta hal-hal positif lain. Dan uniknya, seorang brand ambassador akan mendapat bayaran tinggi dengan nominal yang beragam. Maka jangan heran, jika tidak sedikit orang yang merasa tertarik menjadi Brand Ambassador apalagi brand tersebut memiliki nama besar. Terlepas dari hal tersebut, seperti apa itu peran seorang duta merek dan apa saja jenis-jenis dari brand ambassador yang akan di bahas untuk mengenal peran dan tanggung jawab dari pekerjaan menjadi BA.
Ketika internet belum seramai seperti saat ini, teknik pemasaran hanya bisa di lakukan dengan cara word of mouth atau dari mulut ke mulut. Misalnya, ketika anda mencoba produk minuman teh kemasan gelas rasanya lebih nikmat dan harganya murah sekali, lalu anda menceritakan ke orang-orang mengenai rasa dan harganya teh kemasan gelas tersebut. Saat orang akan merasa penasaran dengan ceritanya kemudian datang dan mencoba teh kemasan tersebut hingga banyak yang membelinya, itulah yang di namakan pemasaran dari mulut ke mulut.
Sekarang, metode seperti itu sudah semakin di tinggalkan seiring dengan banyaknya kehadiran internet dan media sosial seperti saat ini. Ini akan memudahkan pebisnis dalam mempromosikan usahanya. Namun, semua ini belum cukup jika tidak menggunakan duta merek. Biasanya, duta merek merupakan seorang public figure seperti artis, musisi, model, komedian, hingga aktor yang memiliki media sosial dengan jumlah pengikut yang banyak mulai dari puluhan ribu hingga jutaan pengikut.
Jenis-Jenis Duta Merek (Brand Ambassador).
- Influencer Brand Ambassador Program.
Jenis duta merek yang pertama ialah influencer brand ambassador program yang memungkinkan anda berkolaborasi dengan orang yang memiliki pengaruh yang kuat. Karena pengaruh yang kuat inilah yang membuat bentuk kerja samanya terbilang cukup ketat. Kemudian, pihak perusahaan menggunakan jasanya dengan bayaran yang transparan di ikuti dengan ekspektasi yang tinggi. Biasanya, ini di sebut sebagai influencer. Jenis duta merek ini terdiri dari blogger, youtuber, hingga selebritas.
- Informal Brand Ambassador.
Jenis yang kedua ini di lakukan oleh siapa saja yang suka dengan produk dan layanan pada perusahaannya. Sebagian besar ini di awali dari penggemar atau fans fanatik suatu brand yang secara bebas dan sadar mempromosikan mereknya kepada orang lain. Tipe duta merek ini adalah hasil dari kepuasan konsumen pada produk bisnis anda. Dan pada program ini tidak mendapatkan bayaran apapun. Walau tidak mendapatkan bayaran, tetapi informal duta merek membagikan pengalamannya dengan senang hati kepada orang lain. Pengalaman yang di maksud tentu selama menggunakan layanan atau produk perusahaan.
- College Brand Ambassador.
Jenis yang terakhir ini melibatkan siswa di sekolah yang di pilih untuk mempromosikan bisnisnya kepada siswa lain. Tipe ini memungkinkan mereka dalam mensponsori sebuah merek baik itu di luar maupun di dalam kampus dengan cara memberikan merchandise secara gratis, mengadakan promosi, hingga memposting konten di sosial media.
Mengenal Peran dan Tanggung Jawab Duta Merek.
Untuk menjadi duta merek sebenarnya tidak terlalu sulit yang paling penting tampil percaya diri adalah kuncinya. Ada beberapa peran dan tanggung jawab brand ambassador yang perlu di ketahui.
- Paham Visi Misi Perusahaan.
- Mewakili merek pada beragam bentuk dengan cara yang baik dan positif.
- Terlibat dalam membuat konten seperti artikel, caption di media sosial, hingga blog.
- Terlibat dalam event bisnis.
- Kolaborasi dengan tim pemasaran untuk membuat konsep strategi marketing.
- Membangun kesadaran merek.
- Membuat opini positif tentang merek yang di promosikan.
- Mengontrol berbagai feedback dan komplain ke divisi marketing.
Uraian peran dan tanggung jawab pada duta merek ini memang tidak mudah. Mengingat duta merek akan muncul pertama kali dalam suatu merek. Itulah pembahasan mengenai mengenal peran brand ambassador, bagaimana apakah masih tertarik untuk menjalankan tanggung jawab ini. Seperti yang sudah di jelaskan yang paling penting saat menjadi duta merek ialah percaya diri sebagai kuncinya.