Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

kampus · 20 Feb 2024 21:01 WIB ·

Mengenal Universitas Telkom: Sejarah, Akreditasi, Hingga Fasilitas


Ilustrasi Logo Telkom University (img: telkomuniversity.ac.id) Perbesar

Ilustrasi Logo Telkom University (img: telkomuniversity.ac.id)

Setelah mengenal banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, sekarang mari kita kenali salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di negeri ini. PTS yang di maksud berlokasi di Kota Kembang Bandung dan di kenal dengan nama Telkom University atau Universitas Telkom. Telkom University di nobatkan sebagai PTS terbaik oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020, serta mendapat pengakuan serupa dari beberapa lembaga ternama. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita bahas profil lengkap dan informasi terperinci dan mengenal universitas telkom

Mengenal Sejarah Universitas Telkom

Mengenal Universitas Telkom

Ilustrasi Logo Telkom University (img: telkomuniversity.ac.id)

Telkom University, sebelumnya di kenal sebagai Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom), di dirikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1994. Pada tahun 2008, STT Telkom bertransformasi menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom). Kemudian, pada tanggal 14 Agustus 2013, di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), Universitas Telkom resmi berdiri.

Pendirian Telkom University melibatkan empat institusi yang berada di bawah naungan YPT, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), STISI Telkom, dan Politeknik Telkom. Pada masa lalu, mahasiswa STT Telkom mendapatkan beasiswa dan ikatan dinas. Namun, sejak menjadi universitas, Tel-U tidak lagi memberlakukan ikatan dinas. Meskipun demikian, Tel-U tetap menyediakan berbagai jalur beasiswa penuh hingga masa lulus.

Bagaimana dengan Akreditasi dan Ranking Universitas Telkom?

Telkom University telah memperoleh pengakuan yang luar biasa dalam hal akreditasi dan peringkat:

  • Sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terakreditasi Unggul pertama di Indonesia menurut Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
  • Menduduki peringkat pertama sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  • Menempati peringkat teratas sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik versi Webometrics.
  • Masuk dalam peringkat 1001-1200 oleh QS World University.

Pendaftaran Masuk Tel-U

Untuk masuk ke telkom university terbilang menarik karena ada beberapa jalur yang bisa anda tempuh mulai dari jalur prestasi hingga vokasi.

Jalur Beasiswa Prestasi

Telkom University

Ilustrasi Jalur Beasiswa Prestasi Tel-U 2024 (img: smb.telkomuniversity.ac.id)

Pada pendaftaran jalur beasiswa ini terdiri dari 2 macam, yaitu beasiswa unggulan dan beasiswa pintar. Perlu di ketahui sebelumnya, untuk tanggal pendaftaran jalur ini mulai dari tanggal 29 Januari sampai dengan 25 Februari 2024. Adapun syarat yang harus anda penuhi di bawah ini:

  • Siswa SMA/SMK/MA lulusan tahun 2022/ 2023 / 2024
  • Nilai Rapor Semester 1 sd 5 ​minimal 75
  • Melakukan Pembelian PIN Pendaftaran ​sebesar Rp 200.000
  • Wajib melampirkan minimal satu dokumen pendukung dalam bidang Prestasi:
  • Prestasi Kompetisi: LKS/ OSN/ TOKI/ FL2SN/ lomba yang diselenggarakan oleh KEMENDIKBUDRISTEK/ lomba Nasional & lomba Internasional yang bereputasi
  • Prestasi Lainnya: Sertifikat atau surat keterangan prestasi kegiatan esktrakurikuler (seperti: Pramuka, PMR, OSIS, Paskibraka, Kerohanian dan sebagainya)

Jalur Prestasi Akademik

Ilustrasi Jalur Prestasi Akademik Tel-U (img: smb.telkomuniversity.ac.id)

Jalur prestasi akademik yang ada di universitas telkom ini hanya di peruntukan untuk program sarjana, diploma dan terapan. Apabila anda ingin mendaftar pada jalur ini silahkan lampirkan nilai rapornya. Adapun syarat lainnya antara lain:

  • Siswa/i SMA/ SMK/ MA atau sederajat lulusan tahun 2022, 2023 dan 2024
  • Nilai rata-rata Rapor Semester 1 s/d 5 minimal 75
  • Melakukan pembelian PIN Pendaftaran
  • Sertifikat akademik / non-akademik *optional
  • Seluruh berkas diupload melalui aplikasi pendaftaran SMB Telkom University
  • Biaya pendaftaran Rp 400.000

Jalur Undangan Seleksi Mitra

Telkom University

Ilustrasi Undangan Seleksi Mitra Tel-U (img: smb.telkomuniversity.ac.id)

Jalur ini adalah jalur seleki yang di nilai berdasarkan nilai rata-rata para rapornya. Adapun beberapa persyaratan yang harus anda penuhi di bawah ini.

  • Siswa/i SMA/ SMK/ MA lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024
  • Nilai rata-rata Rapor Semester 1 s/d 5 minimal 70 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Fisika (khusus IPA/SMK Teknik)
  • Surat Rekomendasi dari instansi tempat orangtua bekerja atau Surat Pernyataan Kesanggupan Pembayaran (pilih salah satu saja)
  • Membeli PIN Pendaftaran sebesar Rp 500.000 (dapat memilih hingga 5 program studi)
  • Seluruh berkas diupload melalui pendaftaran di smb.telkomuniversity.ac.id

Jalur Vokasi

Ilustrasi Jalur Vokasi Tel-U (img: smb.telkomuniversity.ac.id)

Pada jalur ini hanya bisa program diploma dan sarjana terapan saja. Sama seperti jalur lainnya, amda harus melampirkan nilai rapornya. Adapun syarat yang bisa anda penuhi di bawah ini:

  • Siswa/i SMA/ SMK/ MA lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024
  • Nilai rata-rata Rapor Semester 1 s/d 4 minimal 70 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan fisika (khusus IPA/SMK Teknik)
  • Sertifikat Akademik dan Non Akademik (opsional)
  • Melakukan pembelian PIN Pendaftaran sebesar Rp 200.000.
  • Seluruh berkas diupload melalui pendaftaran di smb.telkomuniversity.ac.id

Fakultas dan Jurusan Di Tel-U

Telkom University memiliki 7 fakultas yang mencakup berbagai bidang seperti teknik, manajemen, seni, dan sains terapan. Secara keseluruhan, terdapat 40 program studi di Tel-U, termasuk program pascasarjana. Jumlah program studi untuk jenjang S1, D3, dan S1 Terapan mencapai 31 program.

Biaya Pendidikan di Tel-U

Dalam hal biaya pendidikan, Telkom University membaginya menjadi dua kategori, yaitu UP3 & SDP2, dan BPP. UP3 & SDP2 merupakan biaya sekali bayar yang di bayarkan pada saat registrasi (uang pangkal), sedangkan BPP adalah biaya yang di bayarkan setiap semester. Besarnya biaya tergantung pada program studi yang di pilih oleh calon mahasiswa. Berikut rincian biaya kuliah tiap jurusan yang di ambil dari situs smb.telkomuniversity.ac.id

Ilustrasi Biaya Kuliah Jurusan Teknik Elektro (img: smb.telkomuniversity.ac.id)

Telkom University

Ilustrasi Rincian Biaya Kuliah Ekonomi dan Bisnis (img: smb.telkomuniversity.ac.id)

Ilustrasi Biaya Kuliah Ilmu Terapan di Tel-U (img: smb.telkomuniversity.ac.id)

Fasilitas di Universitas Telkom

Selain mengenal universitas telkom, adapun kampus ini menawarkan beragam fasilitas yang sangat mendukung proses belajar, mengeksplorasi hobi, berpartisipasi dalam aktivitas olahraga, dan kegiatan lainnya.

  • Tersedia Asrama
Mengenal Universitas Telkom

Ilustrasi Asrama Di Kampus Tel U (img: qs.telkomuniversity.ac.id)

Telkom University menyediakan asrama untuk mahasiswa baru, dengan total 18 gedung yang tersedia. Dari jumlah tersebut, 10 gedung di tujukan untuk asrama putra dan 8 gedung untuk asrama putri. Setiap gedung dilengkapi dengan layanan helpdesk dan kakak asrama yang siap memberikan bantuan. Keamanan gedung juga di jaga dengan adanya petugas keamanan.

  • Layanan Email Kampus dan iGracias
Mengenal Universitas Telkom

Ilustrasi IGracias (img: telkomuniversity.ac.id)

Setiap mahasiswa di Tel-U akan diberikan alamat email kampus, serta mendapat akses gratis ke layanan Office 365. Selain itu, tersedia juga aplikasi iGracias yang menyediakan berbagai fitur penting bagi mahasiswa. Aplikasi ini memungkinkan mahasiswa untuk melihat jadwal kuliah, memantau presensi, mengecek nilai ujian, mencari informasi tentang dosen, mengajukan tiket keluhan, melakukan registrasi kuliah, mengajukan permintaan dosen pembimbing, melihat jadwal sidang, dan kebutuhan lainnya dalam satu aplikasi.

  • Open Library
Mengenal Universitas Telkom

Ilustrasi Open Library Universitas Telkom (img: telkomuniversity.ac.id)

Perpustakaan Telkom University dikenal dengan nama Open Library. Di sana, pengunjung dapat menikmati akses baca dan pinjam berbagai macam buku dengan koleksi yang lengkap. Selain itu, tersedia beragam tempat yang nyaman untuk belajar bersama, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan yang disediakan khusus. Jangan lewatkan pula Library Cafe di dalam Open Library, tempat di mana Anda dapat membeli makanan ringan dan menikmati kopi secara gratis.

Itulah pembahasan sekaligus mengenal universitas telkom mulai dari sejarah berdiri hingga fasilitasnya. Semoga ini bisa menjadi referensi apabila anda tertarik kuliah di kampus ini.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya

Tanpa Skripsi, Berikut Syarat Kelulusan di Universitas Terbuka

22 Mei 2024 - 20:01 WIB

Tanpa Skripsi

Universitas Terbuka: Sejarah Kampus Pelopor Belajar Jarak Jauh

22 Mei 2024 - 16:01 WIB

Universitas Terbuka

Kelebihan Telkom University dengan Kampus Lain

10 Mei 2024 - 21:39 WIB

Jurusan Kuliah

Kelebihan Kuliah di Universitas Terbuka Yang Perlu Di Ketahui

9 Mei 2024 - 21:35 WIB

Universitas Terbuka

Jurusan Kuliah Dengan Double Degree di Telkom University

17 April 2024 - 18:55 WIB

Jurusan Kuliah

Universitas Terbuka Naik Peringkat versi Webometrics 2024

22 Maret 2024 - 11:31 WIB

Universitas Terbuka
Trending di kampus