Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 17 Feb 2024 20:59 WIB ·

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan


Ilustrasi Meningkatkan Kesadaran (img: pexels.com by bertelli matheus) Perbesar

Ilustrasi Meningkatkan Kesadaran (img: pexels.com by bertelli matheus)

Presentasi adalah hal yang familiar bagi kebanyakan dari kita, terutama bagi mereka yang telah menjalani pendidikan di sekolah menengah atas, perguruan tinggi, atau bahkan telah memasuki dunia kerja. Baik di SMA, perguruan tinggi, atau tempat kerja, kita sering kali melakukan presentasi di hadapan teman, rekan kerja, bahkan atasan. Bagi sebagian orang, melakukan presentasi bukanlah hal yang sulit, terutama jika sudah terbiasa dan menguasai materi yang akan disampaikan. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut. Dalam artikel ini, akan di bahas lebih lanjut tentang cara menjadi moderator dalam presentasi.

Tetaplah Berpikir Positif Saat Menjadi Moderator Presentasi

Menjadi Moderator Presentasi

Ilustrasi Mempresentasikan Materi (img: pexels.com by bertelli matheus)

Pikiran kita tidak hanya memengaruhi mood kita, tetapi juga memengaruhi kinerja kita sehari-hari. Dengan berpikiran positif, kemungkinan besar segala hal yang kita lakukan akan berjalan lancar. Sebaliknya, berpikiran negatif dapat mengganggu kinerja kita.

Ketika melakukan presentasi, penting untuk tetap berpikir positif. Hindari berlebihan dalam berpikir dan jangan sampai merasa tertekan. Tarik napas dalam-dalam, percayalah pada diri sendiri, dan lakukan yang terbaik. Semuanya akan berjalan baik-baik saja!

Kenali Audiensmu Saat Menjadi Moderator Presentasi

Menjadi Modrator Presentasi

Ilustrasi Mempresentasikan Pidato (img: pexels.com by matheus bertelli)

Sebuah presentasi di lakukan di hadapan orang-orang, bukan di ruangan kosong. Penting untuk mengenali audiens yang akan mendengarkan presentasi kita. Dengan mengenali audiens, kita dapat menyesuaikan gaya presentasi sesuai dengan harapan mereka. Misalnya, jika kita berpresentasi di hadapan teman sekelas dan dosen, gaya bicara tidak perlu terlalu formal dan serius.

Kuasai Materi yang Akan Di presentasikan

Ilustrasi Memberikan Materi (img: pexels.com by matheus bertelli)

Banyak orang, terutama mahasiswa, cenderung hanya membaca materi yang ada di slide saat melakukan presentasi. Padahal, seharusnya kita sebagai presenter menjelaskan secara rinci setiap poin yang ada di slide. Sebelum melakukan presentasi, pastikan kita menguasai seluruh materi yang akan dipresentasikan, bukan hanya materi kita sendiri, terutama jika kita berperan sebagai moderator.

Berlatihlah Secara Rutin

Ilustrasi Berlatih Pidato (img: pexels.com by gustavo fring)

Selain menguasai materi, penting juga untuk melatih presentasi. Latihan dapat di lakukan dengan berbagai cara, seperti berbicara di depan cermin atau berlatih di hadapan teman-teman.

Lakukan Kontak Mata

Ilustrasi Kontak Mata dengan Audiens (img: pexels.com by pixabay)

Saat memulai presentasi, luangkan waktu untuk menatap semua orang yang hadir. Setelah itu, fokuslah pada beberapa orang yang di anggap penting. Misalnya, saat berpresentasi di depan teman sekelas dan dosen, fokuslah pada dosen dan orang-orang di jajaran depan.

Antisipasi Kesalahan yang Mungkin Terjadi

Ilustrasi Sedang Presentasi (img: pexels.com by fauxels)

Sebelum presentasi, penting untuk memikirkan kemungkinan kesalahan yang mungkin terjadi. Namun, hindari berpikir terlalu serius atau negatif. Tetaplah berpikiran positif agar tidak kehilangan percaya diri dan fokus.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Hambatan Mobilitas Sosial

23 April 2024 - 21:24 WIB

Kena Blacklist di UTBK SNBT 2024, Berikut 7 Penyebabnya!

22 April 2024 - 20:17 WIB

Tips dapat nilai bagus

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing
Trending di Edukasi