Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 14 Mei 2022 19:00 WIB ·

5 Minuman dengan Nama Terunik di Indonesia


Img: lifestyle.okezone.com Perbesar

Img: lifestyle.okezone.com

Kuliner Indonesia memang beranekaragam dengan pesonanya masing-masing yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Tidak jarang, kuliner-kuliner itu selain memiliki citarasa yang luar biasa juga memiliki nama-nama yang unik. Nama-nama itu terkadang terdengar cukup nyeleneh dengan tingkat kekreativitasan yang bukan main dalam penciptaannya. Selain makanan-makanan dengan nama unik, Indonesia juga memiliki minuman-minuman dengan nama yang tidak kalah unik, lho. Nah, berikut adalah 5 minuman dengan nama terunik di Indonesia.

 

1. Es air mata pengantin

Img: cookpad.com

Mendengar nama es yang satu ini, mungkin yang kalian bayangkan adalah minuman yang mengandung kesedihan karena adanya kata ‘air mata’. Akan tetapi, hidangan es ini justru mencerminkan kebahagiaan, tepatnya kebahagiaan pengantin yang baru saja menikah. 

Minuman khas Riau ini dahulu sering disajikan dalam acara pernikahan. Dengan adanya biji selasih di dalam air es, masyarakat mempercayai bahwa itu adalah bentuk air mata bahagia pengantin yang tersirat. Karena itulah, penamaan es ini adalah es air mata pengantin. 

 

2. Es buto ijo

Img: inews.id

Berbicara tentang buto ijo, pasti yang tergambar di dalam kepala kita pertama kali adalah sosok raksasa berwarna hijau yang jahat. Namun, buto ijo yang kali ini tidak seseram itu. Justru buto ijo yang satu ini bisa menjadi teman berbuka puasa yang asyik, lho! 

Es buto ijo adalah es yang berasal dari Kediri, Jawa Timur. Es buto ijo memiliki isian berupa serutan kelapa muda, mutiara, rumput laut, kolang-kaling, selasih, dan kacang hijau. Isian tersebut kemudian dipadukan bersama sirup melon, es serut, dan susu kental manis. Oleh karena itu, es buto ijo sering masyarakat sebut sebagai es campurnya Jawa Timur.

 

3. Es laksamana mengamuk

Img: batam.tribunnews.com

Walaupun dari namanya terdengar cukup seram, hidangan khas Riau ini memiliki citarasa yang luar biasa, lho. Es ini memiliki buah mangga kuweni sebagai bahan dasarnya. Buah mangga itu kemudian berpadu dengan santan dan gula untuk memberi rasa gurih sekaligus manis.

 

4. Es nona

Img: timesindonesia.co.id

Hidangan es yang satu ini merupakan minuman legendaris dari Pontianak, Kalimantan Barat. Es nona memiliki isian es serut yang berwarna-warni selayaknya warna pelangi. Dengan warna yang cantik itulah, penampilan es nona tampak lebih menarik dan menonjol dibanding minuman-minuman biasa.

 

5. Es pallu butung

Img: lifestyle.okezone.com

Es ini berasal dari Sulawesi Selatan. Pallu butung merupakan olahan tepung beras yang diolah bersama santan, gula pasir, vanili, sejumput garam, dan daun pandan yang kemudian dimasak sampai matang dan kental. Olahan itu lengkap dengan potongan-potongan pisang raja yang sudah masak pula. Pallu butung ini hampir mirip dengan olahan pisang ijo.

 

Nah, itulah 5 minuman dengan nama terunik di Indonesia. Kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 68 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner