Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Otomotif · 17 Okt 2022 15:00 WIB ·

Motor Terendam Banjir? Lakukan 5 Langkah Awal ini untuk Mencegah Kerusakan


img: istockphoto.com Perbesar

img: istockphoto.com

Tahukah kamu bahwa beberapa komponen dalam motor tidak boleh terkena air, lho! Oleh karena itu, jika motormu terendam banjir, kamu perlu melakukan beberapa langkah awal untuk mencegah kerusakan. Nah, berikut 5 langkah awal yang harus kamu lakukan jika motor terendam banjir. Perhatikan dengan baik, ya!

1. Jangan langsung menghidupkan mesin motor

Setelah motor terendam banjir, menyalakan mesin motor justru dapat memicu semua kotoran dari banjir tadi masuk ke dalam ruang mesin, lho! Hal ini tentu berbahaya karena dapat menyebabkan pengendapan kotoran sehingga mesin pun berisiko terserang karat dan aus.

Oleh karen itu, lebih baik diamkan terlebih dahulu motor yang terkena banjir.

2. Buka dan bersihkan mesinnya

Langkah selanjutnya setelah motor terendam banjir adalah bongkar seluruh bagiannya, seperti busi, filter udara, blok silinder, dan lain sebagainya.

Kemuduan, rendam menggunakan cairan khusus penetral atau semprot komponen-komponen tertentu dengan tekanan angin yang kuat hingga bersih. Setelah itu keringkan dan rangkai kembali.

Hal ini bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dari genangan air yang telah merendam motormu tadi agar tidak menyebabkan pengendapan.

3. Keringkan komponen-komponen kelistrikan

Sama halnya dengan mesin, seluruh komponen kelistrikan ini jug perlu kamu bongkar agar dapat dengan mudah kering. Baru setelah kering, pasang kembali dan nyalakan mesin motor untuk mengetahui apakah semuanya masih berfungsi dengan baik.

4. Mengganti oli

Langkah selanjutnya setelah motor terendam banjir adalah menguras oli dan menggantinya dengan oli yang baru. Ini merupakan salah satu hal yang wajib kamu lakukan apabila motor sudah terlanjur terendam banjir karena biasanya oli sudah tercampur dengan air yang masuk.

Oli yang sudah tercampur dengan air ini tentu dapat berubah tingkat kekentalannya dan bisa saja tidak cocok untuk mesin sehingga dapat menghambat kinerja mesin.

5. Memeriksa rem motor

Langkah terakhir setelah motor terendam banjir adalah kamu perlu memeriksa komponen rem motormu. Komponen-komponen rem, seperti kampas yang terendam banjir akan menjadi lembab dan ketika kering bisa mengeras akibat tercampur kotoran.

Untuk mengatasinya, kamu perlu mencuci terlebih dahulu lalu melakukan pengetesan dengan menekan rem berulang kali sampai terasa dapat berfungsi dengan baik dan tidak keras.

Nah, itu dia 5 langkah awal yang harus kamu lakukan jika motor terendam banjir untuk menghindari kerusakan. Perhatikan baik-baik untuk menghindari resiko berbahaya ketika berkendara, ya!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Jasa Sewa Truk Pendingin Reefer Jakarta

4 Januari 2023 - 13:00 WIB

Jasa Sewa Truk Pendingin Reefer Jakarta

Rekomendasi Aksesoris Motor, Bikin Motor Makin Keren

2 Desember 2022 - 15:00 WIB

Jasa Pemindahan Alat Berat Mesin

23 Oktober 2022 - 18:00 WIB

Jasa Pemindahan Alat Berat Mesin

Jasa Sewa Truck Fuso Tronton Trailer Murah

23 Oktober 2022 - 12:00 WIB

Jasa Sewa Truck Fuso Tronton Trailer Murah

Sewa Truck Lowbed Surabaya

22 Oktober 2022 - 18:00 WIB

Sewa Container Office Surabaya

22 Oktober 2022 - 12:00 WIB

Sewa Container office Surabaya
Trending di Otomotif