Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Inspirasi · 1 Des 2022 21:00 WIB ·

Nadhira Nuraini Afifa: Kartini Muda yang Menginspirasi


Img: Instagram/@nadhiraafifa Perbesar

Img: Instagram/@nadhiraafifa

Nadhira Nuraini Afifa: Kartini Muda yang Menginspirasi –Nadhira Nuraini Afifa merupakan dokter cantik lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang mendapat beasiswa LDPD (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) untuk meraih gelar magisternya di Harvard T.H Chan School of Public Health pada tahun 2019 hingga 2020. Hebatnya, ia terpilih menjadi salah satu commencement speaker serta lulusan terbaik dalam upacara daring wisuda S2 Harvard 2020 pada 28 Mei 2020 lalu.

Nadhira Nuraini Afifa: Kartini Muda yang Menginspirasi

Nadhira menjalani serangkaian seleksi untuk bisa berpidato di momen ini. Ia menyampaikan ketakutannya selama menempuh pendidikan di Harvard. Dalam pidatonya, Nadhira membahas perihal peran ahli kesehatan masyarakat dalam menyelamatkan hidup jutaan orang dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Wanita cerdas kelahiran 14 Maret 1995 ini juga menyinggung tentang pentingnya kontribusi tenaga medis dalam melawan pandemi Covid-19. Meski awalnya ragu-ragu dalam menyusun teks pidato, namun ternyata pidatonya ditampilkan di kanal Youtube Harvard. Hebat banget yaa..

Aktif dalam kegiatan akademik dan non-akademik

Dalam studinya, Nadhira suka mengikuti berbagai kegiatan, seperti organisasi mahasiswa, penelitian, proyek sosial, membuat tulisan, dan masih banyak lagi. Selama melanjutkan studi S2-nya, ia fokus terhadap topik gizi dan nutrisi. Mahasiswa berprestasi ini tergabung dalam beberapa proyek tentang anak-anak kekurangan gizi, terutama di negara-negara yang dengan pendapatan rendah.

Sebelum melanjutkan studi di Harvard, Kartini muda yang kerap disapa Nadhira ini sempat menjadi dokter umum di Nusa Tenggara Barat. Ia berfokus pada masalah multidimensi, dari gizi anak hingga kemiskinan. Disamping itu, Nadhira menulis tentang hal-hal terkait di surat kabar dan menjadi penulis untuk seri Harvard Chan’s Voices in Leadership.

Dokter cantik asal bekasi ini kini telah genap berusia 25 tahun. Selalu berpakaian sopan dan mengenakan hijab, Nadhira menganut agama Islam. Ia layak disebut sebagai kartini muda berkat sosoknya yang menginspirasi. Karena selain berhasil menempuh pendidikan yang tinggi, ia juga tidak pelit membagikan ilmu-nya dengan membagikan konten edukasi tentang kesehatan, tips and trik, rekomendasi buku, dan konten edukasi lainnya melalui channel YouTube-nya yang bernama NadhiraNurainiAfifa sejak 2016, yang kini sudah mendapat 223 ribu pengikut.

Telah menikah sejak 5 tahun lalu

Nadhira telah menikah dengan Pasha Laksamana pada 27 Juli 2018 lalu di Masjid Raya Pondok Indah. Kabar bahagianya, ia telah memiliki seorang anak yang menggemaskan bernama Alina Keva Ayesha pada 20 Juni 2020.

Setelah ini, dokter cantik ini berencana menetap di Jakarta untuk berkontribusi membantu pemerintah dalam mengatasi ancaman kesehatan masyarakat, salah satunya pandemi Covid-19. Dengan optimisme yang tinggi, ia yakin dengan bekal yang cukup ia dapat ikut andil dalam perkembangan Indonesia di masa depan.

Demikianlah profil dari sosok Nadhira Nuraini Afifa yang sekiranya dapat memberikan motivasi kepada kalian. Pidato Nadhira yang menjadi viral di media sosial karena sangat membanggakan Indonesia. Keren banget ya? Teman-teman pasti mau banget dong berprestasi seperti kak Nadhira? Makanya yuk mulai sekarang hilangkan budaya menunda-nunda!

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 161 kali

Baca Lainnya

Dari Komedian Jadi Sutradara Gemilang, Inilah Kisah Sukses Jordan Peele

10 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Jordan Peele

Habis Gajian? 4 Buku Keuangan yang Membantu Pengeluaranmu!

9 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Buku Keuangan

Menembus Atmosfer, Kisah Inspiratif di Balik Penemu Roket

7 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Penemu Roket

Sukseskan Perayaan 17 Agustus dengan 5 Lomba Kreatif!

3 Agustus 2023 - 15:00 WIB

Lomba Kemerdekaan Indonesia

Meneladani Semangat 4 Tokoh Inspiratif yang Tak Kenal Menyerah

1 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Tokoh Inspiratif Tak Kenal Menyerah

Intip 4 Karir Cemerlang untuk Lulusan Sastra Inggris

9 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 4 Karir Cemerlang untuk Lulusan Sastra Inggris
Trending di Inspirasi