Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 6 Nov 2023 15:31 WIB ·

Open Source Adalah: Berikut Pengertian Hingga Kelebihannya


Ilustrasi Open Source (img: ashnik.com) Perbesar

Ilustrasi Open Source (img: ashnik.com)

Open source software, sering di sebut juga sebagai perangkat lunak sumber terbuka, telah menjadi tulang punggung inovasi teknologi modern dan memberikan akses yang luas bagi siapa pun yang ingin berkontribusi dan memanfaatkannya.

Apa itu Open Source?

Open Source adalah

Ilustrasi Open Source (img: openlogic.com)

Open Source Software adalah jenis perangkat lunak yang kode sumbernya dapat di akses dan di modifikasi oleh siapa saja. Model ini berbeda dengan perangkat lunak propietary, yang memiliki kode sumber yang tidak dapat di akses oleh pengguna akhir. OSS telah menjadi topik yang penting dalam dunia teknologi dan bisnis.

Apa Saja Kelebihannya?

Ilustrasi OS (img: information-age.com)

Setiap perangkat tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitupun dengan open source, di bawah ini akan membahas apa saja yang menjadi kelebihan pada open source.

  • Biaya Rendah atau Gratis

Salah satu keunggulan utama OSS adalah biaya. Banyak program OSS tersedia secara gratis atau dengan biaya yang jauh lebih rendah di bandingkan dengan perangkat lunak komersial. Hal ini menguntungkan individu, perusahaan kecil, dan organisasi nirlaba yang memiliki anggaran terbatas.

  • Kode Sumber Terbuka

Kode sumber yang terbuka memungkinkan siapa pun untuk memeriksa, mengedit, atau memodifikasi perangkat lunak sesuai kebutuhan mereka. Ini memberikan fleksibilitas yang tinggi dan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Komunitas Pengembang yang Luas

Banyak perangkat lunak OSS di dukung oleh komunitas pengembang yang besar dan beragam. Ini berarti ada banyak kontributor yang memperbaiki bug, mengembangkan fitur baru, dan memberikan dukungan, sehingga perangkat lunak ini terus diperbarui dan ditingkatkan.

  •  Keamanan

Karena kode sumbernya dapat diperiksa oleh siapa saja, perangkat lunak OSS cenderung lebih aman. Kekurangan keamanan dapat segera terdeteksi dan diperbaiki oleh komunitas pengembang.

Apa Saja Kekurangan Open Source?

Ilustrasi OS (img: datanami.com)

Di balik kelebihannya, OS juga tidak luput dari segala kekurangannya. Di bawah ini ada beberapa kekuranga yang perlu di ketahui di bawah ini

  • Kurangnya Dukungan

Sementara itu, OSS juga tidak di lengkapi dengan dukungan secara resmi, seperti yang di berikan oleh perangkat lunak komersial. Terlebih lagi bila ada masalah atau kesalahan, pengguna harus mengandalkan komunitas pengembang atau sumber daya online untuk bantuan.

  • Kurangnya Fitur Komersial

Ada beberapa perangkat lunak komersial menawarkan fitur canggih dan dukungan yang mungkin tidak tersedia dalam versi OSS. Jadi, jika membutuhkan fitur-fitur khusus, mungkin anda perlu mempertimbangkan solusi komersial.

  • Kurangnya Standar Industri

Beberapa perangkat lunak OS mungkin kurang kompatibel dengan standar industri atau format file yang umum digunakan. Ini dapat menyulitkan dalam berkolaborasi dengan orang atau organisasi yang menggunakan perangkat lunak komersial.

  • Kurangnya Jaminan Kelangsungan Proyek

Beberapa proyek OSS dapat mati atau kehilangan dukungan dari pengembangnya. Ini bisa menjadi masalah jika anda bergantung pada perangkat lunak tersebut untuk bisnis atau proyek penting.

Dalam penilaian akhir, penggunaan OS atau perangkat lunak komersial tergantung pada kebutuhan dan ketersediaan dana yang anda. OS menawarkan biaya rendah, fleksibilitas, dan keamanan, tetapi dapat kurangnya dukungan resmi dan fitur canggih. Pemilihan antara keduanya harus di dasarkan pada kebutuhan spesifik dan keadaan anda. Dalam banyak kasus, kombinasi dari keduanya dapat menjadi solusi yang optimal untuk mencapai tujuan anda.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 84 kali

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi