Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 23 Okt 2023 22:05 WIB ·

Overthinking dan Mahasiswa: Tips Atasi Pikiran Berlebih


Ilustrasi Sedang Berfikir (img: pexels.com by tim gouw) Perbesar

Ilustrasi Sedang Berfikir (img: pexels.com by tim gouw)

Ketika sudah memasuki dunia kampus, tentu anda harus siap dengan berbagai tantangan yang akan dihadapinya. Tantangan tersebut seperti tugas yang setiap semester kian banyak, IPK yang tidak menentu, hingga perselisihan baik itu dengan rekan maupun dengan keluarga. Hal seperti ini bisa membuat pikiran anda terbebani hingga menimbulkan overthinking.

Sebenarnya, di satu sisi kita memang tidak dapat menghentikan otak untuk selalu berpikir serta melatih kita dalam hal problem solving. Namun, disisi lain sifat overthinking ini juga tidak baik bahkan jika terlalu sering bisa mengakibatkan kesehatan mental terganggu. Untuk mengatasi segala pikiran yang berlebihan, ada beberapa cara yang perlu anda ketahui.

Memahami Kondisi Diri Yang Sedang Overthinking.

Overthinking

Ilustrasi berpikir berlebih (Img: pexels.com by energepic.com)

Berpikir berlebihan memang suatu hal yang tidak bisa di prediksi kapan datangnya. Hal seperti itu memang terasa sulit untuk di kendalikan. Apabila ada di posisi tersebut, sebaiknya cobalah untuk tidak berlarut-larut dalam pikiran tersebut dan pahami bahwa diri anda sendiri sedang overthinking. Jika anda sudah memahami diri sendiri coba untuk mengontrol pikiran serta berpikir hal yang positif.

Mengatur Nafas.

Ilustrasi Mengatur Nafas (Img: pexels.com by carolina grabowska)

Cara berikutnya ialah dengan mengatur nafas. Ini merupakan cara yang paling mudah dan bisa anda lakukan apabila sedang overthinking. Dengan menarik nafas, lalu tahan beberapa saat, dan keluarkan. Anda juga bisa melakukannya dengan cara menutup mata agar lebih fokus. Lakukan hal ini secara berulang agar pikiran menjadi lebih rileks.

Mencari Aktivitas Lain.

Ilustrasi Aktivitas Lain (img: pexels.com by mike bird)

Ketika memiliki aktivitas yang jelas, maka anda dapat lebih fokus untuk menyelesaikan aktivitas tersebut. Lain halnya ketika anda tidak mempunyai aktivitas apapun, tentu ini bisa menimbulkan overthinking. Demi menghindari hal tersebut, cobalah mencari kegiatan yang bisa mengalihkan  anda dari pikiran yang berlebihan.

Atasi Overthinking dengan Berkonsultasi dengan Psikolog.

Overthinking

Ilustrasi Konsultasi (Img: pexels.com by mart production)

Apabila berpikir berlebihan ini dirasa sulit di atasi maka bisa anda konsultasikan ke orang profesional seperti psikolog. Hal perlu di lakukan karena jika dibiarkan akan berdampak buruk pada kesehatan mental. Selain itu, juga bisa menghambat aktivitas anda entah itu bekerja ataupun kuliah.

Itulah pembahasan singkat mengenai cara mengatasi pikiran berlebihan. Semoga ini bisa bermanfaat khususnya bagi mahasiswa agar kuliahnya bisa berjalan lancar. Memang sifat seperti itu sulit di prediksi kehadirannya, namun ada baiknya anda bisa mengatasi segala persoalan yang menyebabkan terjadinya berpikir berlebihan.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran
Trending di Tips dan Trik