Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Musik · 30 Jun 2022 12:00 WIB ·

5 Jenis Pekerjaan untuk Pencinta Musik, Tidak Harus Jadi Penyanyi!


Img: pexels/karolina-grabowska Perbesar

Img: pexels/karolina-grabowska

Untuk memasuki dunia musik, seseorang tidak hanya menjadi seorang musisi. Karena ada berbagai jenis karya yang tersedia untuk kamu pecinta musik di luar sana. Mungkin jenis pekerjaan bagi pecinta musik ini masih asing bagi kamu, tapi ternyata ada!

Bagi kamu yang menyenangi musik dan ingin bekerja di lapangan, berikut beberapa peluang kerja di industri musik. Apa saja ya?

Video dan sound engineers

Video dan sound engineers memiliki beberapa pekerjaan dengan gaji tertinggi di industri musik. Mereka bertanggung jawab atas pemetaan suara dan efek suara dalam video game.

Komposer rekaman adalah sosok penting dibalik suksesnya sebuah lagu. Semua pekerjaan ini berkontribusi pada keseluruhan suara dan nuansa musik. Pekerjaan ini juga berguna dalam produksi televisi dan film.

Recording engineers

Recording engineers bertugas merekam, mengedit, dan mencampur suara untuk musisi atau label rekaman. Mereka bertanggung jawab atas aspek artistik dan teknis dari sesi rekaman.

Mereka biasanya berkolaborasi dengan produser musik, editor suara film, komposer, dan arranger lagu. Profesi ini juga mungkin diperlukan untuk mengatur konser atau bekerja untuk perusahaan produksi televisi.

Konduktor musik

Kamu pasti sudah familiar dengan pekerjaan ini. Konduktor musik adalah seseorang yang bertugas memimpin orkestra atau paduan suara. Mereka akan memilih dan mengaransemen musik untuk musisi mereka.

Mereka juga yang biasanya mengarahkan latihan dan pertunjukan. Band sekolah, paduan suara gereja, orkestra pemuda, dan perusahaan pertunjukan biasanya dipimpin oleh konduktor musik. Beberapa bahkan bekerja untuk stasiun radio atau televisi.

Guru musik

Kalau kamu ahli dalam bermain alat musik tertentu dan memiliki kemampuan untuk mengajar, tak ada salahnya untuk melamar atau bekerja sebagai seorang guru musik. Kamu bisa menjadi guru musik untuk sekolah, instansi, ataupun sebagai pengajar freelancer.

Sebagai guru musik, kamu dapat berbagi keterampilan dengan siswa yang cenderung menyukai dan memiliki bakat di dunia musik. Ini adalah cara yang luar biasa untuk membentuk suatu komunitas dan membantu siswamu dalam mengembangkan bakat dan mengajari mereka dasar-dasar musik.

Jurnalis musik

Jika kamu lebih suka pekerjaan di belakang layar, jurnalis musik bisa menjadi pilihan kamu. Tanggung jawab jurnalis musik termasuk menulis untuk majalah musik seperti Rolling Stone atau Billboard, serta meliput konser.

Jurnalis musik juga dapat menulis profil artis dan ulasan album. Bahkan jika kamu freelance atau bekerja untuk media lokal, tulisan kamu tentang musik lokal dapat mempengaruhi banyak pembaca untuk lebih terlibat dalam musik.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 112 kali

Baca Lainnya

Lirik Lagu Foolish One – Taylor Swift

17 Juli 2023 - 18:00 WIB

Lirik Lagu Foolish One - Taylor Swift

Lirik Lagu What Was I Made For? – Billie Eilish

14 Juli 2023 - 12:00 WIB

Lirik lagu Get Loose – Agnez Mo feat Ciara

5 Juli 2023 - 12:00 WIB

Lirik Lagu Vampire – Olivia Rodrigo, Ceritakan Mantan yang Toxic

3 Juli 2023 - 12:00 WIB

Lirik Lagu Vampir - Olivia Rodrigo, Ceritakan Mantan yang Toxic

Lirik Lagu Loneliness – Putri Ariani

8 Juni 2023 - 12:00 WIB

Lirik Lagu Loneliness - Putri Ariani

Lirik Lagu Car’s Outside – James Arthur

7 Juni 2023 - 12:00 WIB

Lirik Lagu Car's Outside - James Arthur
Trending di Musik