Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 3 Jun 2024 21:06 WIB ·

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller


Ilustrasi Kerja Bidang Metaverse (img: binus.ac.id) Perbesar

Ilustrasi Kerja Bidang Metaverse (img: binus.ac.id)

Metaverse adalah salah satu istilah teknologi yang sedang populer saat ini. Istilah ini merujuk pada serangkaian ruang virtual di mana individu dapat membuat dan menjelajahi dunia internet serta bertemu dengan pengguna lain tanpa harus bertemu secara fisik. Dengan teknologi ini, kita bisa menghadiri konser, bepergian ke luar negeri, dan melihat karya seni secara virtual tanpa mengurangi keseruannya. Saat ini, metaverse masih dalam tahap pengembangan. Oleh karena itu, banyak orang percaya bahwa karir di bidang metaverse juga akan berkembang dan semakin banyak peluangnya di masa depan. Lalu, peluang karier apa saja yang ada di metaverse? Yuk, kita kenali beberapa peluang karier di metaverse yang di perkirakan akan banyak di butuhkan di masa mendatang! Berikut lima peluang karir di bidang metaverse yang di prediksi akan banyak di cari di masa depan:

Metaverse 3D Modeler

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Ilustrasi Kerja Bidang Metaverse (img: binus.ac.id)

Dengan meningkatnya penggunaan metaverse, kebutuhan akan Metaverse 3D Modeler juga akan meningkat. Apa saja tugas seorang Metaverse 3D Modeler?

Seorang Metaverse 3D Modeler bertanggung jawab untuk merancang model dunia metaverse dalam bentuk 3D, yang di sesuaikan dengan kebutuhan brand atau perusahaan. Karena deskripsi pekerjaan ini, seorang Metaverse 3D Modeler harus memiliki kemampuan 3D modelling yang baik.

Peluang Karir Bidang Metaverse Storyteller

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Ilustrasi Metverse (img: kompas.com)

Sesuai dengan namanya, Metaverse Storyteller bekerja untuk membuat alur cerita (storyline) dari permainan, event, atau program yang akan di buat dalam metaverse. Genre cerita yang di buat bervariasi, seperti olahraga, pendidikan, simulasi, puzzle, dan lain-lain.

Peluang karier ini mirip dengan video game writer, namun karena storyline digunakan dalam metaverse, tentu ada perbedaan dalam pekerjaannya. Jika kamu pernah menjadi video game writer, pengalaman tersebut bisa di manfaatkan untuk menjadi Metaverse Storyteller. Tertarik untuk mencoba?

AR/VR Software Engineers

Ilustrasi Ar Developer (img: pixabay.com)

Prospek karier berikutnya adalah AR/VR Software Engineers, yaitu pengembang perangkat lunak AR/VR. Pembicaraan tentang metaverse tidak bisa lepas dari teknologi AR dan VR, karena pengalaman menjelajahi metaverse sangat bergantung pada teknologi ini. Maka, di masa depan, banyak perusahaan akan membutuhkan software engineer yang ahli di bidang AR/VR untuk mengembangkan perangkat lunak, platform, atau aplikasi yang akan di gunakan dalam metaverse.

AR/VR Hardware Engineers

Ilustrasi Ar Hardware (img: techviz)

Tanpa perangkat keras yang berkualitas, pengalaman menggunakan metaverse mungkin tidak optimal. Oleh karena itu, kebutuhan akan AR/VR Hardware Engineer juga akan meningkat seiring dengan perkembangan metaverse. Deskripsi pekerjaan seorang hardware engineer adalah mengembangkan berbagai peralatan yang di gunakan untuk mengakses metaverse, seperti wearables, sensor, headset, dan kamera yang mendukung teknologi AR/VR.

Peluang Karir Bidang Metaverse Research Scientist

Ilustrasi methaverze (img: freepik.com)

Semakin banyak brand atau perusahaan yang mengimplementasikan metaverse sebagai bagian dari produk mereka. Sebagai Metaverse Research Scientist, tugasmu adalah melakukan riset untuk mengatasi masalah yang dihadapi pengguna saat menggunakan teknologi metaverse dari brand atau perusahaan tersebut. Selain itu, kamu juga bertanggung jawab untuk melakukan riset dalam mengembangkan metaverse yang di gunakan oleh brand atau perusahaan.

 

Itulah lima prospek karier di bidang metaverse yang di perkirakan akan banyak di butuhkan di masa depan. Apakah kamu tertarik untuk mengejar salah satu karier tersebut? Jika kamu tertarik untuk berkarier di bidang teknologi metaverse, pastikan kamu membekali diri dengan pengetahuan yang komprehensif di bidang teknologi terkait. Setidaknya, kamu perlu memahami cara kerja metaverse itu sendiri.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Hukum Bisnis: Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

18 Juli 2024 - 20:52 WIB

Tertarik Dengan Politik

Komunikasi Bisnis: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Teknik

16 Juli 2024 - 20:50 WIB

Komunikasi Bisnis

Hal-Hal Yang Perlu Dipahami Pada Jurusan PGSD

11 Juli 2024 - 07:11 WIB

Tertarik Dunia Politik? Berikut 5 Jurusan Kuliah Yang Bisa Dipilih

9 Juli 2024 - 14:07 WIB

Manfaat Pendidikan Politik

Lulusan Manajemen Jadi Pebisnis, Berikut Tipsnya!

6 Juli 2024 - 21:41 WIB

Lulusan Manajemen jadi pebisnis

Apa itu Pasar Monopoli? Kenali Ciri-Cirinya Hingga Kekurangannya

2 Juli 2024 - 21:27 WIB

Apa itu pasar monopoli
Trending di Edukasi