Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 9 Agu 2022 09:00 WIB ·

Pentingnnya Personal Branding


img: istockphoto-874270826 Perbesar

img: istockphoto-874270826

 

Saat ini siapa pun dapat mencari kamu di internet dan mempelajari apa saja tentang kamu melalui temuannya di hasil pencarian. Oleh karena itu, membangun personal branding, khususnya di media sosial, merupakan hal yang sangat penting.

Memang apa sih personal branding itu sendiri?

Personal branding adalah proses pembentukan persepsi publik terhadap aspek yang dimiliki seseorang. Aspek ini meliputi kepribadian, kemampuan, nilai, serta persepsi positif yang ada dalam diri individu.

Personal branding juga merupakan cara untuk mempromosikan diri beserta pencapaiannya dalam karier dan keahlian yang dimiliki.

Siapa pun membutuhkannya, baik ia seorang pengusaha, graphic designer, content writer, apalagi seorang mahasiswa dan jobseeker.

Manfaat Personal Branding

Personal branding yang kuat di media sosial akan memudahkanmu untuk dikenali, baik secara personal dan profesional. Dengan ini, orang-orang bisa dengan mudah melihat keahlian, karya, dan pencapaianmu di internet.

Branding-mu di dunia maya dapat membantumu untuk memperoleh kredibilitas, relasi baru, dan bahkan kesempatan baru.

Di era digital ini, HRD, klien, investor, atau calon partner akan mengetikkan namamu di Google dan mengecek apakah jejak digitalmu sesuai atau tidak dengan yang mereka butuhkan. 

Oleh karena itu, kamu harus bisa meyakinkan mereka bahwa kamu memiliki kemampuan dan pencapaian yang mumpuni di bidang yang kamu geluti.

Pentingnnya Personal Branding

Nah, berikut beberapa alasan mengapa membangun personal branding yang baik sangat penting:

1. Meningkatkan Kepercayaan Orang Lain terhadapmu

Meskipun mereka belum pernah bertemu denganmu secara langsung, mereka dapat mengenalmu lebih jauh. Dengan menemukan informasi-informasi mengenai dirimu yang telah kamu tulis di internet, orang lain akan lebih mengetahui mengenai kemampuan dan pencapaianmu.

Dengan itu, kepercayaan orang terhadap dirimu akan meningkat karena kamu mereka telah mengetahui tentang dirimu, sehingga kamu bukan seperti orang asing lagi.

2. Memperkuat Kredibilitasmu

Dengan membangun branding yang baik, orang lain bisa dengan mudah melihat berbagai pencapaianmu. Dengan demikian, kredibilitasmu akan menguat karena memang sudah ada bukti yang kamu cantumkan.

3. Memperluas Relasi

Di era digital ini, personal branding bisa dengan mudah meningkatkan eksposur, lho. Apalagi jika kamu aktif melakukan networking. 

Dengan aktif melakukan networking, koneksimu akan semakin luas. Networking ini bisa kamu lakukan salah satunya melalui linkedin. Di sini, kamu bisa melalukan networking dengan orang-orang yang bergelut di bidang yang sama denganmu, atau bahkan di bidang yang berbeda.

4. Lebih Mudah Mendapat berbagai Kesempatan

Nah, hal yang paling penting adalah kamu akan lebih mudah mendapat berbagai kesempatan, baik itu pekerjaan, freelance, atau project lainnya.

Hal ini karena orang-orang yang membutuhkan partner atau jasa akan mencari orang yang cocok di internet. Kemudian jika mereka merasa cocok dengan dirimu, mereka tidak akan segan untuk mengajakmu bergabung dengan mereka. 

Maka dari itu, membangun branding yang baik tentang dirimu sangat penting khususnya para mahasiswa dan jobseeker.

Itu dia beberapa manfaat dan pentingnnya personal branding. Sangat penting, bukan?

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Fungsi Sertifikat UTBK SNBT 2024, Daftar PTN hingga Beasiswa

13 Juni 2024 - 20:37 WIB

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress

12 Juni 2024 - 20:22 WIB

Jurusan Arsitektur: Kenali Seluk Beluknya Sebelum Memilih

3 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jurusan Arsitektur

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller

3 Juni 2024 - 21:06 WIB

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Pilihan Prospek Kerja Teknik Sipil, Mana Yang Cocok?

31 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tertarik Jurusan Game Application and Technology? Ini Alasannya

31 Mei 2024 - 20:56 WIB

Tertarik Jurusan Game
Trending di Edukasi