Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 28 Nov 2023 22:03 WIB ·

Persiapan SNBT, Berikut Tips Belajar Yang Efektif Agar Lulus


Ilustrasi NEM (img: pexels.com by jessica lewis) Perbesar

Ilustrasi NEM (img: pexels.com by jessica lewis)

SNBT, sebagai sistem evaluasi yang menggunakan tes, telah menjadi metode seleksi yang di gunakan untuk memilih mahasiswa yang akan di terima di perguruan tinggi negeri di Indonesia. Untuk berhasil melewati proses seleksi ini dan mewujudkan impian masuk perguruan tinggi, calon mahasiswa perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi SNBT. Namun, seringkali, pelajar menghadapi kesulitan dalam menentukan langkah awal dalam persiapan SNBT. Terutama, ketidakpastian muncul karena materi yang di ujikan melibatkan Tes Potensi Skolastik (TPS).

Persiapan SNBT dengan Tetapkan Tujuan Yang Jelas.

Persiapan SNBT

Ilustrasi Ujian Seleksi (img: pexels.com by jessica lewis)

Dalam konteks ini, penting untuk menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik sebelum memulai perjalanan belajar SNBT. Menentukan jurusan dan kampus yang menjadi tujuan utama akan membantu dalam mengatur prioritas belajar, memungkinkan penekanan pada materi yang memiliki dampak signifikan, dan memberikan pemahaman tentang bobot atau tingkat pentingnya setiap jurusan pilihan. Dengan merumuskan tujuan yang terperinci, proses belajar akan mendapatkan arahan yang lebih jelas. Pendekatan belajar yang terarah ini akan meningkatkan kesiapan pelajar dalam menghadapi SNBT.

Mengatur waktu untuk istirahat dan belajar

Persiapan SNBT

Ilustrasi Siswa Sedang Belajar (img: pexels.com by katerina holmes)

Seringkali, pelajar yang tengah mempersiapkan diri untuk SNBT mengabaikan pentingnya waktu istirahat. Padahal, waktu istirahat memiliki peran krusial dalam proses pembelajaran. Dalam konteks belajar, terdapat tiga fase yang di tempuh, yaitu akuisisi, konsolidasi, dan recall. Fase akuisisi melibatkan penerimaan informasi baru oleh otak. Fase konsolidasi merupakan proses stabilisasi memori. Sementara itu, fase recall adalah ketika informasi yang di simpan di pulihkan. Fase akuisisi dan recall terjadi saat kita bangun, sedangkan fase konsolidasi memori terjadi ketika kita tidur dengan cara memperkuat koneksi antar neuron.

Persiapan SNBT dengan Mempelajari  materi sebelumnya

Ilustrasi Siswa Sedang Belajar (img: pexels.com by zen chung)

Dalam proses belajar SNBT, seringkali pelajar cenderung mengandalkan hafalan tanpa memahami konsep dasar dari materi yang di pelajari. Pengertian yang kuat terhadap materi dasar memiliki manfaat besar, khususnya ketika melibatkan pemahaman materi-materi lanjutan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, di sarankan untuk memperkuat pemahaman terhadap konsep dasar sebelum melanjutkan ke materi-materi yang lebih tinggi tingkat kompleksitas.

Persiapan SNBT dengan Fokus Pada Diri Sendiri

Ilustrasi Sedang Belajar (img: pexels.com by pew nguyen)

Menitikberatkan pada perkembangan individu saat belajar Setiap orang memiliki ritme belajar yang berbeda serta kebutuhan yang unik. Namun, seringkali, pelajar merasa terdorong untuk mengikuti metode belajar teman-teman mereka tanpa mempertimbangkan apakah cara tersebut sesuai dengan gaya belajar pribadi mereka, yang dikenal sebagai “Fear of Missing Out” (FOMO).

Terlalu banyak mengadopsi cara belajar orang lain dapat mengakibatkan kurangnya efektivitas dalam proses belajar. Sebagai contoh, apabila banyak teman yang mengikuti ujian simulasi, ada kemungkinan kamu ikut serta meskipun belum lama mengikuti ujian simulasi yang lain.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Tips Maksimalkan Pengalaman Magang, Mahasiswa Harus Tahu!

26 Februari 2024 - 15:22 WIB

Tips Maksimalkan Peluang Magang

Ramadhan 2024: Berikut Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

21 Februari 2024 - 20:05 WIB

Ramadhan 2024

Tips Atasi Rasa Kantuk Saat Di Dalam Kelas

18 Februari 2024 - 21:25 WIB

Tips Atasi Rasa Kantuk

Definisi Mencangkok Tanaman dan Langkah-Langkahnya

15 Februari 2024 - 20:36 WIB

Definisi Mencangkok Tanaman

Tata Krama Saat Berbicara Seperti Apa? Simak Di Sini!

13 Februari 2024 - 22:03 WIB

Tata Krama Saat Berbicara

Tips Meningkatkan Kontribusi Mahasiswa Dikampus

3 Februari 2024 - 23:03 WIB

Tips Meningkatkan Kontribusi
Trending di Tips dan Trik