Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 16 Feb 2023 13:00 WIB ·

Proses Tahapan Data Mining


Freepik : @rawpixel.com Perbesar

Freepik : @rawpixel.com

Tahapan Data Mining – Data mining, teman-teman pasti sudah pernah mendengarkan. Artikel Sebelumnya sudah mempelajari tentang pengertian dari data mining. Selanjutnya pada artikel kali ini membahas mengenai apa saja tahapan pada data mining?. Untuk melakukan pengumpulan suatu informasi yang penting. Pastinya kalian memerlukan suatu proses atau tahapan. Berikut serangkaian proses tahapan data mining.

Proses Tahapan Data Mining

  1. Pembersihan Data (Data Cleaning)

Pada tahapan yang pertama yaitu pembersihan data. Yang mana pada proses pengumpulan informasi yang tepat dan benar. Data yang akan kalian gunakan tidak harus semua kalian ambil atau gunakan. Pada proses data mining kali ini yaitu dengan cara memilih dan membersihkan data yang tidak kalian gunakan. tujuan membersihkan data yaitu untuk membuang dan menghilangkan data yang kalian anggap tidak membutuhkannya dalam proses data mining selanjutnya. Dalam proses membersihkan data ini sangat penting untuk kalian lakukan.

  1. Integrasi Data (Data Integration)

Pada tahapan yang kedua yaitu integrasi data. Tahapan kali ini yaitu proses penggabungan data dari beberapa sumber. Data yang telah kalian pilih pada tahapan pembersihan data, yang man alanglah selanjutnya akan dilakukan integrasi data. Data yang kalian dapat tentunya tidak berasal dari sumber yang sama, tetntunya dari berbagai sumber. Karena itu dalam tahapan ini yaitu menggabungkan data-data yang telah kalian pilih dari berbagai sumber untuk kalian lanjutkan ketahapan selanjutnya.

  1. Transformasi data

Tahapan yang ketika yaitu transformasi data. Pada proses tahapan kali ini yaitu data yang sudah kalian pilih dan gabungkan pada tahapan ke duabelum bisa digunakan. Oleh karena itu pada  tahapan ketiga ini data yang kalian sudah gabungkan akan diubah sesuai metode yang kalian pilih. Yanga mana agar dapat kalian mining, setalah kalian ubah data tersebut dapat melanjutkan ketahapan selanjutnya.

  1. Aplikasi Data Mining

Pada tahapan keempat ini yaitu aplikasi data mining. Proses ini yaitu semua data yang telah kalian gabungkan sebelumnya. Langkah selanjutnya kalian mengindetifaski pola atau informasi yang ada pada data tersebut. Setelah itu, kalian dapat mengekstraksi suatu pola dari data yang telah kalian pilih.

  1. Evaluasi Pola

Tahapan kelima yaitu evaluasi pola.Pada tahapan ini sangat perlu kalian lakukan. Melakukan evaluasi yang mana nantinya kalian perlukan. Karena akan berkaitan dengan penentuan pengambilan suatu keputusan apa yang akan kalian ambil berdasarkan data yang kalian punya.

Pada tahapan ini kalian melakukan evaluasi pada pola yang mana kalian temukan lalu kalian interpretasi pola tersebut menjadi pengetahuan yang mana juga membantu untuk pengambilan keputusan.

  1. Presentasi pengetahuan

Setelah melakukan tahapan-tahapan sebelumnya dengan benar. Selanjutnya tahapan terakhir yaitu presentasi pengetahuan yang mana data yang kalian peroleh sudah kalian rinci dengan baik. Lalu pada tahapan kali ini dapat kalian lakukan presentasi dengan menggunakan teknik visualisasi.

 

Demikian penjelasan tahapan dalam data mining, semoga bermanfaat teman-teman mediaedukasi.id .

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tips Membuat Prompt ChatGPT yang Efektif

22 Juni 2024 - 20:13 WIB

Rekomendasi Tolls AI

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone
Trending di Teknologi