Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 8 Jan 2024 19:50 WIB ·

Prospek Kerja SMK Multimedia, Siswa Harus Tahu!


Ilustrasi Content Creator (img: pexels.com by karolina grabowska) Perbesar

Ilustrasi Content Creator (img: pexels.com by karolina grabowska)

Bagi para siswa Sekolah Menengah Pertama atau SMP kelas 9 yang tertarik melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat memilih Jurusan Multimedia sebagai opsi. Jurusan SMK Multimedia sangat sesuai bagi mereka yang memiliki minat dalam bidang desain. Dalam Jurusan SMK Multimedia, siswa akan mempelajari cara membuat desain grafis, gambar, animasi, dan video yang menarik menggunakan berbagai alat, seperti CorelDraw, Adobe Photoshop, Adobe After Effect, Freehand, dan sebagainya. Lulusan SMK Jurusan Multimedia memiliki berbagai prospek kerja

Prospek Kerja Menjadi Content Creator

Prospek Kerja

Ilustrasi Content Creator (img: pexels.com by karolina grabowska)

Profesi sebagai content creator dapat menjadi pilihan menarik bagi lulusan SMK Jurusan Multimedia. Seorang content creator menciptakan karya berupa video, suara, gambar, tulisan, atau kombinasi dari semuanya. Konten yang di hasilkan kemudian di unggah ke platform media sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube. Jika Anda menyukai pembuatan konten dalam bentuk video, desain teks, atau gambar, profesi ini dapat memberikan peluang untuk menghasilkan pendapatan melalui konten yang di minati oleh banyak orang.

Videographer dan Video Editor

Prospek Kerja

Ilustrasi Video Editor (img: pexels.com by donald tong)

Lulusan SMK Jurusan Multimedia juga dapat bekerja di belakang layar sebagai videographer atau video editor. Para influencer, artis, atau masyarakat umum membutuhkan ahli videografi dan penyuntingan video. Lulusan dapat bekerja di perusahaan digital agency atau sebagai freelancer untuk berbagai merek yang memiliki produk atau layanan.

Desainer Media Interaktif

Ilustrasi Desainer Media (img: pexels.com by pixabay)

Proyeksi pekerjaan lainnya bagi lulusan SMK Jurusan Multimedia adalah menjadi desainer media interaktif. Tugas desainer media interaktif melibatkan pembuatan desain interaktif yang melibatkan teks, grafik, data, animasi, suara, dan efek visual lainnya. Dengan pengetahuan yang diperoleh selama belajar di SMK, lulusan dapat membuat game, website, materi pembelajaran online, dan lainnya.

Animator/Ilustrator

Ilustrasi Ilustrator (img: pexels.com by antoni shkraba)

Pekerjaan sebagai animator atau ilustrator juga memiliki banyak peluang, terutama dalam industri komik digital seperti webtoon. Lulusan dapat membuka layanan animator untuk komikus webtoon atau membuat karya webtoon sendiri. Mereka juga dapat bekerja di perusahaan sebagai animator/ilustrator, bertanggung jawab untuk membuat ilustrasi, karakter game, animasi film pendek, atau animasi untuk produk perusahaan.

Prospek Kerja sebagai Graphic Designer

Ilustrasi Desain Grafis (img: pexels.com by design cologist)

Lulusan Jurusan Multimedia juga dapat menjelajahi karir sebagai graphic designer. Banyak perusahaan saat ini membutuhkan desainer grafis untuk logo baru atau melakukan rebranding logo bagi perusahaan yang sudah eksis.

Itulah pembahasan mengenai prospek kerja smk jurusan multimedia dan di harapkan bisa menjadi gambaran bagi siswa apabila tertarik ingin memasuki SMK khususnya jurusan multimedia

Komentar
Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi