Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 6 Sep 2023 15:24 WIB ·

Psikotes Kerja: Kenali Manfaatnya dan Cara Mempersiapkannya.


Img: pexel.com Perbesar

Img: pexel.com

Ketika lamaran kerja sudah di kirimkan, maka proses selanjutnya jika berkas lamaran anda memenuhi persyaratan akan mengikuti tes psikologi atau psikotes. Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah mengalaminya, ada yang lolos tapi tidak sedikit juga yang gagal pada tahap ini. Biasanya, jika lolos tes psikologi ini akan lanjut ke tahap wawancara atau interview. Untuk lebih jelasnya akan membahas mengenai psikotes kerja beserta manfaatnya dan cara mempersiapkannya.

Psikotes Kerja.

Dalam pengertiannya, tes psikologi adalah suatu tahapan dalam seleksi rekrutmen suatu perusahaan yang mengukur kepribadian serta tingkat kecerdasan calon karyawannya. Biasanya, tes psikologi ini di lakukan oleh orang ahli di bidang psikologi, hukum, dan manajemen sumber daya manusia (SDM). Pada tahap ini, perusahaan jadi tahu mana kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan mana yang tidak sesuai.

Tes psikologi ini mempunyai beberapa jenis tes yang mana masing-masing bisa mengukur karakteristik seseorang khususnya calon karyawan seperti wartegg test, tes kemampuan verbal, tes koran, logika penalaran, menggambar pohon dan tes lainnya.

Manfaat Tes Psikologi.

Bagi perusahaan, dengan adanya tes psikologi ini akan mempermudah perusahaan dalam mengukur dan menilai seorang kandidat yang tidak dapat di lihat dari Curiculum Vitae atau CV. Selain mempermudah penilaian, ada beberapa manfaat lain dari tes psikologi yang perlu di ketahui, antara lain:

  • Mengukur Kompetensi.

Dalam mengukur kompetensi, tes psikologi menjadi salah satu cara untuk melihat kemampuan kandidat. Biasanya, tes yang di gunakan adalah tes berupa angka numerik, logika penalaran, hingga wartegg test. Tetapi ada juga yang menggunakan jenis tes seperti deret gambar atau angka, dan hitung-hitungan.

  • Mengukur Etos Kerja.

Ketika anda melihat lowongan kerja, anda tentu sering melihat kalimat pada kualifikasi syarat melamar kerja yaitu memiliki etos kerja. Etos kerja memang paling di butuhkan dalam dunia kerja. Hal ini bertujuan agar melihat kemampuan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan tanggung jawabnya. Biasanya untuk mengetahui etos kerja bisa menggunakan tes kepribadian sebagai salah satu tes psikologinya.

  • Mengukur Kecerdasan Emosional.

Kecerdasan tidak hanya secara intelektual saja, tetapi kecerdasan emosional juga harus di miliki oleh karyawan. Karena kecerdasan emosional sangat mempengaruhi akan keberhasilan seseorang.

Cara Mempersiapkan Tes Psikologi.

  • Banyak Latihan Soal.

Sebagai bentuk upaya agar lolos tes psikologi ialah dengan memperbanyak latihan tes psikologi. Anda bisa membeli buku tes psikologi atau jika anda tidak mau repot membeli, coba mengunjungi situs yang mana khusus untuk mengerjakan tes psikologi. Situs yang bisa anda kunjungi ialah golife.id karena website tersebut juga tersedia tes psikologi secara gratis.

  • Siapkan Alat Tulis.

Meski jaman sudah serba digital yang mana tes bisa di lakukan secara online, tetapi masih ada beberapa perusahaan yang mengerjakan tes secara manual. Maka dari itu, siapkan alat tulis yang di butuhkan seperti pulpen, pensil dan penghapus.

  • Menjawab Secara Jujur.

Kejujuran adalah hal yang utama dalam mengerjakan tes psikologi ini. Biasanya, dalam pengerjaan psikotes ini ada salah satu jenis tes yaitu tes kepribadian yang mana anda di minta memilih jawaban yang sekiranya sesuai dengan diri anda. Usahakan jawab dengan jujur karena tes ini bisa menjadi salah satu alasan lolos tidaknya anda dalam tes ini.

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi