Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 23 Okt 2022 15:00 WIB ·

5 Rekomendasi Belajar Persiapan Masuk Kampus


Img: Pexels/Andrea-Piacquadio Perbesar

Img: Pexels/Andrea-Piacquadio

Jelang pelaksanaan SNBT yang semakin dekat, para calon peserta tes perlu mempertegas pemahaman materi, nih! Lantas, bagaimana sih cara agar belajar menjadi lebih efektif? Nah, berikut beberapa rekomendasi tips belajar persiapan masuk kampus agar belajarmu bisa lebih maksimal. Simak sampai habis, ya!

1. Membuat jadwal belajar rutin

Cara yang pertama adalah kamu perlu membuat jadwal beajar rutin setiap hari. Misalnya, kamu harus belajar setiap pukul 6 sampai 9 malam.

Jadwal belajar rutin ini sangat penting agar waktu belajarmu tidak berantakan. Jadi, pastikan kamu selalu mematuhi waktu jadwal belajar yang telah kamu tetapkan ini, ya!

2. Hindari menunda waktu belajar

Setelah menentukan jadwal belajar rutinmu setiap hari, kamu tidak boleh menundanya. Kamu harus selalu mematuhi jadwal belajar yang telah kamu tetapkan ini dengan tepat waktu dan tidak boleh menundanya.

Sekali menunda, kamu akan menjadi terbiasa untuk menyepelekan waktu belajarmu hingga akhirnya kamu terbiasa untuk terus menerus menunda waktu belajarmu. Alhasil, waktu belajarmu pun akan terbuang sia-sia.

3. Tes kemampuanmu dengan rutin mengikuti uji coba atau try out

Setelah rutin belajar, kamu perlu mengetahui sejauh mana kemampuanmu dalam memahami dan menyelesaikan soal. Untuk itu, kamu juga perlu rutin menguji kemampuanmu dengan mengerjakan soal-soal dan mengikuti try out.

Tidak perlu khawatir tentang biaya, karena saat ini sudah banyak sekali platform-platform yang menyediakan layanan try out gratis yang bisa kamu ikuti.

4. Menetapkan target setiap belajar

Agar belajarmu lebih efektif, kamu perlu menetapkan suatu target tiap kali belajar. Misal, dalam sehari kamu harus menguasai materi A dan mengerjakan 20 soal.

Dengan begitu, kamu akan semakin terpacu dan fokus belajar karena ada target yang harus kamu capai.

5. Melakukan evaluasi hasil belajar

Cara terakhir, kamu perlu melakukan evaluasi setiap kali selesai belajar. Kamu perlu memahami hal apa saja yang kurang dari cara belajarmu hari ini untuk kamu perbaiki di hari berikutnya.

Dengan begitu, kamu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama yang dapat menyebabkan belajarmu tidak efektif.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi cara belajar persiapan masuk kampus. Pastikan kamu belajar dengan sungguh-sungguh demi meraih kampus impianmu, ya!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Hukum Bisnis: Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

18 Juli 2024 - 20:52 WIB

Tertarik Dengan Politik

Komunikasi Bisnis: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Teknik

16 Juli 2024 - 20:50 WIB

Komunikasi Bisnis

Hal-Hal Yang Perlu Dipahami Pada Jurusan PGSD

11 Juli 2024 - 07:11 WIB

Tertarik Dunia Politik? Berikut 5 Jurusan Kuliah Yang Bisa Dipilih

9 Juli 2024 - 14:07 WIB

Manfaat Pendidikan Politik

Lulusan Manajemen Jadi Pebisnis, Berikut Tipsnya!

6 Juli 2024 - 21:41 WIB

Lulusan Manajemen jadi pebisnis

Apa itu Pasar Monopoli? Kenali Ciri-Cirinya Hingga Kekurangannya

2 Juli 2024 - 21:27 WIB

Apa itu pasar monopoli
Trending di Edukasi