Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 16 Feb 2024 21:16 WIB ·

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba


Ilustrasi Lumpia (img: rri.co.id) Perbesar

Ilustrasi Lumpia (img: rri.co.id)

Semarang adalah salah satu tujuan kuliner yang menghadirkan beragam hidangan khas yang terkenal dan di minati. Di samping menyajikan hidangan lezat yang populer, kota ini juga memiliki banyak bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh, menunjukkan kemegahan masa lalu. Semarang juga di kenal karena keberagaman budayanya, yang di pengaruhi oleh sejarahnya sebagai pusat perdagangan internasional. Budaya ini tercermin dalam kuliner khasnya, mulai dari lumpia yang ringan hingga hidangan berat seperti nasi ayam Semarang, yang secara signifikan di pengaruhi oleh budaya-budaya tersebut. Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan khas semarang yang layak anda coba.

Rekomendasi Makanan Khas Semarang, Lumpia

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Ilustrasi Lumpia (img: rri.co.id)

Lumpia merupakan salah satu hidangan paling terkenal dan menjadi ikon kota Semarang. Bahkan, Semarang di juluki sebagai Kota Lumpia karena popularitasnya. Hidangan ini menjadi wajib di coba ketika mengunjungi Semarang, sebagaimana bakpia Jogja saat mengunjungi Yogyakarta. Lumpia berasal dari kreasi Tjoa Thay Yoe, seorang keturunan Tionghoa yang menetap di Semarang dan menciptakan lumpia dengan citarasa lokal.

Rekomendasi Makanan Khas Semarang, Wingko Babat

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Ilustrasi Wingko Babat (img: halodoc)

Pengaruh kebudayaan Eropa di Semarang terlihat dalam kue lapis legi, yang terinspirasi dari kue lapis Eropa namun di beri sentuhan lokal dengan rempah-rempah dan aroma khas. Resepnya hampir sama dengan kue lapis lainnya, namun di tambahkan kapulaga dan rempah-rempah lainnya untuk memberikan aroma khas. Kue ini memiliki minimal 18 lapisan yang di susun dengan rapi.

Lapis Legit

Ilustrasi Lapis Legit (img: Baking World Media)

Selain lumpia dan lapis legit, Semarang juga terkenal dengan wingko babat, kue tradisional yang banyak di jual di sekitar stasiun, terminal, dan toko oleh-oleh. Terbuat dari parutan kelapa muda, tepung beras ketan, dan gula, kue ini memiliki rasa gurih dan manis yang pas untuk di nikmati dengan kopi atau teh.

Tahu Petis

Ilustrasi Tahu Petis (img: pariwisata.semarangkota.go.id)

Tahu petis merupakan salah satu camilan khas Semarang yang menggunakan tahu sebagai bahan utama. Yang membedakan tahu petis adalah penggunaan sambal petis, yang terbuat dari udang dan memiliki bumbu khusus yang memberikan rasa manis, asin, dan sedikit pedas saat di santap bersama tahu. Nikmatnya tahu petis semakin terasa dengan tambahan cabai rawit segar.

Bandeng Presto

Ilustrasi Bandeng Presto (img: paxelmarket)

Sebagai kota pesisir, Semarang juga terkenal dengan makanan berbahan dasar ikan seperti bandeng presto. Di ciptakan pertama kali oleh Hanna Budimulya pada tahun 1977, bandeng presto memiliki daging ikan yang lembut dan lunak karena teknik presto yang digunakan. Hidangan ini sangat nikmat di nikmati dengan nasi hangat dan sambal.

Itulah pembahasan mengenai rekomendasi makanan khas semarang. Dari 5 makanan di atas kira-kira mana yang pernah anda coba?

Komentar
Artikel ini telah dibaca 39 kali

Baca Lainnya

Ide Hidangan Lezat untuk Dinikmati Saat Idul Adha

17 Juni 2024 - 20:56 WIB

Ide hidangan lezat

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner