Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Travel · 20 Mei 2022 20:45 WIB ·

4 Rekomendasi Wisata Taman Nasional Indonesia, Idaman Pecinta Hewan


Img: Instagram/@@sihab.q Perbesar

Img: Instagram/@@sihab.q

Indonesia memiliki bentang alam luas yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah juga memiliki flora dan fauna yang unik. Banyak burung dan satwa langka dilindungi di taman nasional seluruh Indonesia.

Ada banyak sekali taman nasional di Indonesia yang masing-masing memiliki keunikan dan keindahannya sendiri. Tak heran jika destinasi wisata sahabat bangsa di Indonesia berikut ini tidak hanya menjadi tempat observasi, konservasi, dan penelitian, tetapi juga wisata alam yang populer.

Mau tahu taman nasional mana saja yang bisa kamu kunjungi di Indonesia? Lihatlah rekomandasi berikut!

Taman Nasional Lorentz

taman nasional

Img: Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Taman Nasional Lorentz adalah sebuah taman nasional di provinsi Papua, Indonesia. Luas lahan yang ditempati adalah 2.505.600 hektar. Terletak di Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Mimika, Kabupaten Asmat, Kabupaten Yahukimo, dan Kabupaten Puncak Jaya dalam pembagian administrasi.

Jenis-jenis satwa yang tercantum sebanyak 630 jenis burung (± 70 % dari burung yang ada di Papua) dan 123 jenis mamalia. Pada tahun 1999, UNESCO menetapkan tempat ini sebagai Situs Warisan Dunia.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

taman nasional

Img: Instagram/@gadisbianca

Ekosistem Keanekaragaman di Taman Nasional Laut Teluk Cenderawasih menyediakan habitat bagi berbagai flora dan fauna, baik yang dilindungi maupun yang tidak dilindungi.

Terdapat Ekosistem hutan pulau tropis, ekosistem pesisir dan laut yang terdiri dari terumbu karang, padang lamun dan dataran kurang dari 20 meter.

Taman Nasional Gunung Leuser

Img: Instagram/@@istafan_n_almair

Ada banyak jenis flora dan fauna yang dapat ditemukan di Taman Nasional Gunung Leuser. Dari spesies umum dan biasa hingga kelompok endemik Sumatera hingga spesies langka dan hampir punah.

Jumlah spesies tumbuhan yang teridentifikasi lebih dari 4.000. Terdapat juga 127 spesies mamalia telah diidentifikasi, dengan kelompok aves terdiri dari 387 spesies dan 350 spesies hidup. Bahkan, diketahui juga ada kurang lebih 89 spesies hewan yang tergolong langka yang hidup.

Taman Nasional Karimun Jawa

Img: Instagram/@panoramix_tour_travel

Kawasan ini memiliki keanekaragaman hayati yang dilindungi. Dari segi flora, ada tiga kawasan lindung di kawasan ini: Hutan Dewandaru, Hutan Kalimasada, dan Hutan Stigi. Sementara itu, ada banyak hewan yang hidup baik di darat maupun di air. Fauna berupa rusa, trenggiling, landak, ular, bangau tong-tong, elang laut di wedi-wedi. Sedangkan fauna akuatik di kawasan ini antara lain karang pembatas, bunga karang, karang lunak, akar bahar, vongole merah, penyu hijau, dan ikan hias.

Taman Nasional Way Kambas

Img: Instagram/@@sihab.q

Taman Nasional Way Kambas adalah sebuah taman nasional di provinsi Lampung. Fauna yang teridentifikasi meliputi badak sumatera, gajah sumatera, dan harimau sumatera. Lalu ada buaya, kijang, tapir, dan beruang madu dari hutan Mentok, Lutung, Owa, Siamang, dan Primata lainnya. Ada juga berbagai jenis burung, seperti Banagu Tongtong, Sempidan Biru, Kuau Raja, dan Burung Pependang Timur.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Cocok Buat Ngabuburit, Berikut 5 Wisata Yang Perlu Dikunjungi

29 Februari 2024 - 19:28 WIB

Tips Liburan ke Thailand Hemat Biaya, Pemula Harus Tahu!

28 Februari 2024 - 20:21 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata Air Terjun Ketika Musim Hujan

27 Februari 2024 - 21:55 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata

Wisata Edukasi Bandung Paling Hits, Cocok Dan Tambah Pintar

19 Januari 2024 - 22:55 WIB

Wisata Edukasi Bandung

Wisata Edukasi di Surabaya Ini Wajib Anda Kunjungi

27 November 2023 - 23:01 WIB

Wisata Edukasi di Surabaya

Tempat Wisata di Pontianak Yang Lagi Hits 2024

25 November 2023 - 20:50 WIB

Trending di Travel