Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Travel · 27 Jul 2022 17:57 WIB ·

4 Rekomendasi Tempat yang Dekat dengan Stasiun Balapan Solo


Img: Indonesia Travel Perbesar

Img: Indonesia Travel

Kota Solo merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang sering dikunjungi wisatawan saat berlibur. Solo memiliki berbagai macam tempat wisata. Wisata di Solo tersebar di seluruh wilayah dan tidak terbatas di kota Solo. Namun, ada banyak tempat wisata yang dekat dengan Stasiun Balapan sayang untuk kamu lewatkan. Saat berkunjung ke Solo dengan kereta api, kamu bisa turun di stasiun Balapan dan langsung mengunjungi tempat wisata yang ada di dekatnya, seperti di bawah ini!

Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan merupakan objek wisata Solo pertama yang berada di dekat stasiun Balapan. Wisata ini merupakan salah satu kampung batik di Solo yang memiliki sejarah panjang. Kampung batik Laweyan ini sudah ada sejak lama dan dikenal sebagai penghasil pedagang batik sejak sebelum kemerdekaan.

Karena sejarah panjang Laweyan dan daya tarik batik yang sangat tradisional, kamu dapat mengunjungi tempat ini sebagai tempat wisata Solo di dekat stasiun Balapan. Kamu bisa melihat orang-orang melakukan aktivitas membatik dan membelinya langsung di Kampung Batik Laweyan.

Museum Keraton Surakarta

Keraton Surakarta merupakan tempat wisata solo di dekat stasiun Balapan kedua. Kamu dapat mengunjungi museum Keraton Surakarta untuk mempelajari sejarah Keraton Surakarta, dari awal berdirinya hingga konflik dan transformasinya hingga seperti sekarang ini.

Di masa lalu, Keraton Surakarta berperan penting dalam melindungi Surakarta dari penjajah. Berbagai jenis koleksi terpajang rapi, serta kisah-kisah unik dan bersejarah.

Museum Batik Danar

Museum Batik Danar Hadi merupakan objek wisata Solo selanjutnya yang berada di dekat Stasiun Balapan. Tempat ini didirikan oleh seorang pengusaha dengan tujuan melestarikan batik. Pada tahun 1967, Museum Danar Hadi didirikan.

Kamu bisa datang ke sini untuk melihat berbagai koleksi museum batik yang ada di museum. Museum Danar Hadi menyimpan berbagai koleksi batik, antara lain batik Cina, batik asli keraton, batik Hokokai Jawa, batik Sumatera, dan lain-lain.

Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional adalah objek wisata Solo yang populer yang terletak di dekat stasiun Balapan berikutnya. Tempat ini resmi buka pada tahun 1918 sebagai ruang pertemuan dan balai perkumpulan, merupakan museum khusus pers nasional Indonesia.

Koleksi Tugu Pers sangat beragam, mulai dari teknologi pelaporan dan teknologi mesin tik hingga penerangan, telepon, pemancar, dan kentongan besar. Di dalam tugu juga terdapat arsip surat kabar Surakarta dari zaman pra-kemerdekaan.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 59 kali

Baca Lainnya

Cocok Buat Ngabuburit, Berikut 5 Wisata Yang Perlu Dikunjungi

29 Februari 2024 - 19:28 WIB

Tips Liburan ke Thailand Hemat Biaya, Pemula Harus Tahu!

28 Februari 2024 - 20:21 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata Air Terjun Ketika Musim Hujan

27 Februari 2024 - 21:55 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata

Wisata Edukasi Bandung Paling Hits, Cocok Dan Tambah Pintar

19 Januari 2024 - 22:55 WIB

Wisata Edukasi Bandung

Wisata Edukasi di Surabaya Ini Wajib Anda Kunjungi

27 November 2023 - 23:01 WIB

Wisata Edukasi di Surabaya

Tempat Wisata di Pontianak Yang Lagi Hits 2024

25 November 2023 - 20:50 WIB

Trending di Travel