Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Travel · 11 Agu 2022 12:48 WIB ·

Rekomendasi Wisata Sungai Indonesia Dari Kemenparekraf


Img: pexels-mabel-amber Perbesar

Img: pexels-mabel-amber

Selama ini kalian pasti sudah sering berlibur ke laut dan pantai, untuk sekedar refreshing atau bermain air. Boleh saja, tapi tak ada salahnya menghabiskan waktu berlibur di lingkungan yang berbeda, seperti jalan-jalan menyusuri objek wisata sungai di Indonesia. Wisata sungai merupakan salah satu kemungkinan liburan anti mainstream yang tidak boleh dilewatkan. Tidak hanya banyak tempat wisata sungai di Indonesia yang menawarkan wisata minat khusus yang menarik untuk dicoba, seperti arung jeram atau arung jeram, tetapi ada juga banyak tujuan wisata sungai yang menawarkan lamunan dan menenangkan pikiran. Berikut ini beberapa destinasi wisata kemenparekraf dengan objek sungai yang menarik untuk kamu datangi:

Rekomendasi wisata sungai dari Kemenparekraf:

Sungai Asahan

kemenparekraf

Img: Liputan6.com

Sungai Asahan mengalir dari Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara melalui Porsea di Kabupaten Asahan dan mengalir ke Selat Malaka melalui Kecamatan Teluk Nibung, Tanjung Balai. Pemandangan di sepanjang Sungai Asahan sangat mempesona, dengan pepohonan tropis yang masih alami di setiap sisi sungai. Beberapa di antaranya adalah hutan lindung. Di sepanjang sungai ini terdapat dua tempat wisata yang terkenal di dunia internasional yaitu air terjun Sigura-gura dan Arung Jeram Sungai Asahan.

Dengan ketinggian 250 meter, air terjun Sigura-gura (Ponot) merupakan air terjun tertinggi di Indonesia, melampaui air terjun Madakaripura (200 m) dan air terjun Payakumbuh di Sumatera Barat (150 m). Air Terjun Siguragura berada di Kabupaten Toba Samosir yang merupakan salah satu lokasi dataran tinggi di pantai Danau Toba. Air terjun ini dapat kita akses melalui jalan darat dari Kota Medan yang berjarak sekitar 250 kilometer dan memakan waktu 6 jam perjalanan. Tak heran jika air terjun ini penuh oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena letaknya yang dekat dengan Danau Toba.

Sungai Cukang Taneuh

kemenparekraf

Img: https://humas.pangandarankab.go.id/

Sungai Cukang Taneuh yang juga kita kenal dengan Green Canyon merupakan salah satu rekomendasi wisata kemenparekraf . Terletak di Kabupaten Pangandaran. Cukang Taneuh atau  “Jembatan Tanah” dalam bahasa Indonesia. Nama tersebut terinspirasi dari sebuah jembatan alam yang muncul dari dalam bumi dan membentang di Sungai Cijulang.

Naik perahu sambil menelusuri Sungai Cijulang adalah salah satu hal seru yang bisa dicoba di Sungai Cukang Taneuh. Terdapat keindahan alam yang masih asli dan kamu akan melewati gua-gua yang kaya dengan stalaktit dan stalagmit.

Sungai Mahakam

Img: https://www.swiss-belhotel.com/

Sungai Mahakam di Kalimantan Timur merupakan objek wisata sungai pertama dan terpopuler di Indonesia. Memiliki panjang 920 kilometer yang menjadi rumah bagi berbagai makhluk yang tidak biasa, termasuk lumba-lumba air tawar yang biasa kita kenal sebagai Pesut Mahakam. Di Sungai Mahakam, kamu juga dapat melihat raja udang, rangkong, bangau, lutung, dan berang-berang dari dekat.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Wisata Budaya Lombok Yang Harus Anda Kunjungi

28 Mei 2024 - 22:09 WIB

Wisata Budaya Lombok

Cocok Buat Ngabuburit, Berikut 5 Wisata Yang Perlu Dikunjungi

29 Februari 2024 - 19:28 WIB

Tips Liburan ke Thailand Hemat Biaya, Pemula Harus Tahu!

28 Februari 2024 - 20:21 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata Air Terjun Ketika Musim Hujan

27 Februari 2024 - 21:55 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata

Wisata Edukasi Bandung Paling Hits, Cocok Dan Tambah Pintar

19 Januari 2024 - 22:55 WIB

Wisata Edukasi Bandung

Wisata Edukasi di Surabaya Ini Wajib Anda Kunjungi

27 November 2023 - 23:01 WIB

Wisata Edukasi di Surabaya
Trending di Travel