Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Inspirasi · 24 Apr 2022 09:01 WIB ·

Remote Job Inspirasi dan Solusi Bagi Pengangguran


Img by forbes.com Perbesar

Img by forbes.com

Mungkin istilah remote job (kerja jarak jauh) masih sangat asing ditelinga banyak orang. Namun kegiatan ini nyatanya sudah ada dari beberapa tahun lalu. Di masa sekarang kita harus beradaptasi terhadap industri 4.0 dan Internet of things (IoT). Di internet terdapat banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan jarak jauh sebagai graphic designer, software engineer, copy writer, dan berbagai pekerjaan lainnya yang hanya mengandalkan internet dan laptop.

Kebanyakan masyarakat Indonesia masih terpaku pada pekerjaan-pekerjaan konvensional, seperti PNS, guru, polisi, tentara, dll. Kita masih sangat awam terhadap pekerjaan di industri digital dan kreatif. Padahal jika bekerja di industri tersebut kita bahkan bisa melakukannya secara jarak jauh. Jadi tidak harus pergi kekantor setiap paginya dan harus pulang sore dengan keadaan lelah.

Apabila kamu terjun di pekerjaan jarak jauh, kamu bisa memiliki jam kerja yang lebih fleksibel dan santai. Bahkan tidak akan ada drama-drama kantor pada umumnya. Kamu hanya harus menyediakan kemampuan yang sesuai, internet, dan laptop. Lapangan pekerjaannya juga luas, karena kamu bisa bekerja dirumahmu namun kantormu di Amerika.

Pemerintah sering memberikan ajakan untuk masyarakat agar berwirausaha. Namun sayangnya untuk berwirausaha bukanlah hal yang mudah. Dibanding bertaruh untuk berwirausaha lebih baik meningkatkan SDM masyarakat agar siap bersaing di industri digital. Jika kita terus terpaku pada pekerjaan-pekerjaan konvesional seperti yang disebutkan tadi, maka jangan heran jika Indonesia akan terus tertinggal secara teknologi.

Mengutip dari situs Business 2 Community, dalam jangka waktu 5 tahun terakhir, jumlah pelamar yang mencari pekerjaan dengan sistem remote mengalami peningkatan mencapai 44 persen. Hal ini membuktikan bahwa tren dari remote working ini kian meningkat dan pasti akan terus mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu. 

Meskipun bisa digarap dimanapun, gaji dari seorang remote worker pun tak jarang yang setara dengan pekerja pada umumnya, malah bisa lebih tinggi. Mengetahui hal tersebut, istilah kerja remote atau remote working ini tentu mampu menarik perhatian banyak orang dan mungkin kamu adalah salah satunya. Nah, sebelum mencoba untuk beranjak lebih dalam pada jenis profesi tersebut, alangkah baiknya jika kamu memahami dulu apa itu remote working dan sederet pekerjaan yang umumnya dapat dikerjakan dengan menggunakan metode tersebut. 

Banyak perusahaan di Indonesia bahkan dunia yang mencari karyawan untuk mengurus ranah pemasaran digital mereka. Perusahaan-perusahaan ini banyak yang menyediakan layanan kerja jarak jauh bagi karyawannya. Jadi dalam melakukan pekerjaan dari perusahaan anda bisa melakukannya dari mana saja, baik dari rumah, kafe, bahkan sambil berlibur. Kerja jarak jauh ini kamu bisa memilih untuk kerja lepas (freelance) ataupun kerja kontrak untuk satu perusahaan. Sama seperti kerja konvensional pada umumnya, bedanya kerja jarak jauh lebih flexibel. 

Adapun beberapa profesi yang sering ditawarkan untuk melakukan pekerjaan jarak jauh adalah: 

  • Content Writer, profesi ini bertugas untuk menulis, mengedit, dan mengirim dokumen. 
  • Programmer, karena berkaitan erat dengan komputer pekerjaan ini bisa kamu lakukan dimana saja. 
  • Graphic Designer
  • Data Entry 
  • Dan masih banyak pekerjaan lainnya yang bisa dikerjakan jarak jauh

Di sisi lain, berdasarkan penjelasan dari Remote Year, karyawan yang bekerja secara remote memiliki kecenderungan untuk meningkatkan produktivitas pekerjaannya. Selain itu, pengeluaran untuk kebutuhan transportasi, makan siang, dan semacamnya juga tak akan ditemui oleh para pekerja remote. Jadi, pengeluaran pun bisa ditekan dan dialihkan untuk kebutuhan lainnya yang lebih penting.

Kontributor Media Edukasi Indonesia : Kemal Amaluddin Nasution

Komentar
Artikel ini telah dibaca 34 kali

Baca Lainnya

Dari Komedian Jadi Sutradara Gemilang, Inilah Kisah Sukses Jordan Peele

10 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Jordan Peele

Habis Gajian? 4 Buku Keuangan yang Membantu Pengeluaranmu!

9 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Buku Keuangan

Menembus Atmosfer, Kisah Inspiratif di Balik Penemu Roket

7 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Penemu Roket

Sukseskan Perayaan 17 Agustus dengan 5 Lomba Kreatif!

3 Agustus 2023 - 15:00 WIB

Lomba Kemerdekaan Indonesia

Meneladani Semangat 4 Tokoh Inspiratif yang Tak Kenal Menyerah

1 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Tokoh Inspiratif Tak Kenal Menyerah

Intip 4 Karir Cemerlang untuk Lulusan Sastra Inggris

9 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 4 Karir Cemerlang untuk Lulusan Sastra Inggris
Trending di Inspirasi