Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 9 Okt 2023 11:54 WIB ·

Sarjana atau Vokasi? Ini Perbedaan Yang Perlu Diketahui.


Ilustrasi Sarjana dan Vokasi (img: unair.ac.id) Perbesar

Ilustrasi Sarjana dan Vokasi (img: unair.ac.id)

Setelah anda lulus dari bangku SMA, maka langkah selanjutnya ada dua yaitu kerja atau kuliah bahkan kedua-duanya bisa berjalan beriringan. Untuk yang ingin melanjutan ke pendidikan yang tinggi ada beberapa pilihan yang bisa anda pilih salah satu. Biasanya, orang cenderung memilih program pendidikan Sarjana. Namun, tahukah anda bahwa ada yang namanya pendidikan vokasi. Lalu, apa yang membedakan keduanya?

Jika di jelaskan dari sisi pengertiannya, vokasi merupakan pendidikan yang lebih fokus pada praktik kerja yang mendukung kemampuan di bidang studi tersebut. Banyak hal yang akan di pelajari pada pendidikan vokasi ini. Tujuan awal pada pendidikan ini ialah menciptakan sumber daya manusia yang siap kerja serta bisa bersaing. Terdapat empat jenjang pendidikan vokasi yaitu D1, D2, D3, hingga D4. Sedangkan sarjana ialah pendidikan yang lebih fokus kepada teori keilmuan saja lain halnya dengan vokasi. Selain dari sisi pengertiannya, ada beberapa hal yang membedakan keduanya, antara lain:

Sarjana dan Vokasi Berdasarkan Gelar.

Ilustrasi Gelar Akademik (Img: pexels.com by feedyourvision)

Yang membedakan keduanya ialah dari sisi gelar akademik. Untuk pendidikan vokasi, gelar yang di terima untuk D1 ialah Ahli Pratama atau A.P. Sedangkan untuk D2, gelar yang di terima ialah Ahli Muda Pendidikan atau A.Ma. Untuk D3 gelar yang di terima ialah Ahli Madya atau A.Md. terakhir untuk D4 ialah setara S1 terapan atau S. Ter.

Sedangkan untuk S1 ialah Sarjana, untuk S2 ialah megister, dan S3 ialah Doktor.

Dari Sisi Tujuan.

Ilustrasi Wisuda Mahasiswa (Img: pexels.com by emily ranquist)

Dari sisi tujuan keduanya jelas berbeda, jika pendidikan vokasi lebih fokus kepada praktik kerja agar nantinya siap bekerja dan bersaing. Hal ini bertujuan agar para lulusan vokasi memiliki kemampuan yang sesuai dengan bidangnya. Sedangkan sarjana lebih fokus kepada penerapan disiplin ilmu dan prakteknya bisa di lalui dengan magang di perusahaan.

Dari Sisi Masa Studi.

Ilustrasi Studi (Img: pexels.com by katerina holmes)

Untuk pendidikan vokasi memiliki masa studi mulai dari 1 sampai 4 tahun. Untuk vokasi D1 masa studi yang di tempuh ialah satu tahun, untuk D2 masa studi dua tahun, untuk D3 masa studi tiga tahun, dan untuk D4 masa studi empat tahun. Sedangkan untuk pendidikan sarjana, masa studi rata-rata 4 tahun tetapi paling singkat 3,5 tahun. Untuk strata 2 masa studi satu hingga dua tahun. Sedangkan untuk strata 3 masa studi berbeda-beda ada yang 3 tahun ada pula yang 6 tahun.

Sarjana dan Vokasi Dari Sisi Kurikulum.

Sarjana dan vokasi

Ilustrasi kurikulum (img: its.ac.id)

Dari sisi kurikulum keduanya jelas berbeda. Untuk pendidikan vokasi seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa vokasi lebih fokus kepada praktek sehingga lebih di prioritaskan dan komposisinya 60 persen praktik dan 40 persen teori. Berbeda dengan vokasi, pendidikan akademik lebih banyak membahas tentang teori 60 persen dan 40 persen membahas praktik.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 38 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi