Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 10 Des 2022 18:00 WIB ·

Selain Papeda, Cicipi Kuliner Berikut Saat Berkunjung ke Papua!


Img: njajan.com Perbesar

Img: njajan.com

Selain Papeda, Cicipi Kuliner Berikut Saat Berkunjung ke Papua! –-Makanan khas Papua terkenal dengan kelezatannya yang membuat ketagihan. Jika kamu tidak mencoba makanan lokalnya, perjalanan kamu ke Tanah Papua tidak akan lengkap. Hidangan khas Papua ini khas karena sulit kita temukan di tempat lain. Oleh karena itu, warga yang berkunjung ke Bumi Cenderawasih harus memanfaatkan kesempatan untuk mencicipi makanan saat berada di Papua.

Selain Papeda, Cicipi Kuliner Berikut Saat Berkunjung ke Papua!

Papeda

Cicipi Kuliner Berikut Saat Berkunjung ke Papua!

Img: Tempo/Francisca Christy Rosana

Papeda adalah hidangan tradisional Indonesia dari Papua dan bagian lain dari Indonesia Timur. Karena teksturnya yang seperti gel dan lengket, makanan ini cukup digemari. Papeda adalah cairan berwarna putih bening atau agak keruh dengan tekstur seperti lem. Papeda merupakan produk olahan sagu. Biasanya tersaji bersama ikan, daging, kelapa, sayuran, dan bahan lainnya.

Buah merah

Cicipi Kuliner Berikut Saat Berkunjung ke Papua!

Img: salampapua.com

Pandanus Conoideus adalah nama ilmiah buah merah karena berasal dari keluarga Pandanus. Buah ini tumbuh dengan panjang 55 cm, lebar 10-15 cm, dan berat 2-3 kg. Buah merah populer sebagai makanan di pesta tradisional bakar batu di Papua. Namun, banyak orang menggunakannya sebagai obat.

Buah merah telah banyak masyarakat Papua konsumsi secara turun temurun karena memiliki banyak khasiat yang bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai penyakit seperti mencegah penyakit mata, cacingan, kulit, dan meningkatkan stamina.

Udang selingkuh

Cicipi Kuliner Berikut Saat Berkunjung ke Papua!

Img: njajan.com

Hidangan udang selingkuh adalah hidangan Papua populer lainnya. Udang dalam masakan ini biasanya menggunakan udang air tawar. Tekstur udang ini mirip dengan lobster bercakar. Udang ini populer sebagai udang selingkuh karena capitnya mirip dengan capit kepiting. Penduduk setempat percaya udang berselingkuh dengan kepiting.

Udang ini biasanya direbus, digoreng, atau dipanggang sebelum disajikan. Rasa khas dari makanan ini akan terasa terlepas dari bagaimana cara menyiapkannya.

Ikan bakar Manokwari

Cicipi Kuliner Berikut Saat Berkunjung ke Papua!

Img: Unilever Food Solutions

Ikan bakar Manokwari adalah hidangan tradisional Papua selanjutnya. Di Papua, salah satu nama daerahnya adalah Manokwari. Makanan khas Manokwari ini juga memiliki makanan yang berbeda dari bumbu yang biasa orang gunakan. Ikan bakar di Manokwari tidak seperti ikan bakar di rumah makan daerah lainnya. Masakan ini memiliki cita rasa yang khas karena menggunakan sambal khas yang hanya ada di Papua.

Sambal ini terbuat dari bumbu khusus yang melalui proses penghalusan untuk tekstur yang sempurna. Biasanya, sambal ini tersaji dalam keadaan mentah. Ikan Tuna adalah ikan yang paling umum menjadi hidangan khas Manokwari ini, namun bisa juga menggunakan ikan jenis lain.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner