Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 4 Agu 2023 11:40 WIB ·

Sering Di Anggap Sama, Ini Bedanya Http dan Https.


Sumber: dinas kominfo kubu raya Perbesar

Sumber: dinas kominfo kubu raya

Mengakses internet kini menjadi aktivitas yang sering di lakukan kapan saja, dan di mana saja. Bahkan siapapun bisa mengakses internet ke berbagai situs sesuai dengan yang di inginkan asalkan di dukung kuota yang memadai.  Pada saat anda mengakses ke suatu situs, mungkin anda sering melihat link yang tertera yang biasanya ada di bagian atas laptop dan smartphone anda.

Ini di sebut sebagai URL atau singkatan dari Uniform Resource Locator. Dalam url tersebut di awali dengan Http di ikuti dengan tanda titik dua (:) dan garis miring dua (//).  Tetapi ada juga url yang di awali dengan Https dengan format yang sama. Meski memiliki awalan yang sama tetapi baik http maupun https memiliki karakteristik yang berbeda. Hanya yang membedakannya adalah huruf s pada http tersebut.

Lalu, apa yang membedakan http dan https serta apa saja karateristik yang membedakannya? Simak ulasannya di bawah ini:

Pengertian Http.

Dalam pengertiannya, http merupakan suatu protokol yang dapat memungkinkan anda dalam mengakses sebua halaman yang mungkin berisikan gambar, tulisan dan multimedia seperti video. Contohnya, seperti ketika anda mengakses suatu berita maka pada saat di klik akan muncul tulisan, gambar, dan multimedia lain yang berkaitan dengan berita yang di tulis.

Dengan adanya http, kita bisa memenuhi tujuan misalnya mencari informasi dan hal lainnya yang memungkinkan anda mengakses ke sebuah website. Hal tersebut merupakan bagian terpenting dalam mengakses internet. Adapun http mempunyai beberapa karakteristik yang perlu anda ketahui di bawah ini.

  • Sebagai dasar dalam mengirimkan data server dengan klien, http mempergunakan IP atau Internet Protocol.
  • Http tidak ada batasan pada berbagai jenis konten yang bisa di transmisikan. Jadi apapun jenis kontennya dapat dikirimkan melalui Http ini.

Pengertian Https.

Sebelumnya https merupakan singkatan dari hyper text transfer protocol. Tetapi dalam https merupakan singkatan dari hyper text transfer protocol security. Apa bedanya dengan http? Pada protokol tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda, hanya saja protokol ini di sebut lebih aman ketimbang https. Hal ini di karenakan pada saat data di kirim lalu di terima maka halaman tersebut sudah pasti aman karena terenskripsi demi menjaga privasi. Adapun https memiliki karateristik seperti haknya dengan https.

  • Https sudah terenskripsi seluruh subtansi pesan. Salah satunya adalah http.
  • Lebih banyak di pergunakan sebagai web ketimbang http yang di sebut kurang aman, hal ini membuat kita bisa memastikan bahwa situs web tersebut adalah situs yang asli dan tidak dapat di manipulasi atau di palsukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Apa Bedanya Http dan Https.

Jika bicara apa perbedaannya, mungkin bisa di lihat pada sisi karakteristiknya. Tetapi ada juga hal yang bisa membedakan keduanya. Yang pertama, penggunaan situs beralamat http cenderung kurang aman sehingga mudah di palsukan oleh oknum tertentu. Lain halnya dengan https yang sudah pasti aman dan privasi penggunanya dapat terjaga serta tidak bisa di manipulasi. Perbedaan lainnya, jika http mengunakan nomor port 80 dalam berkomunikasi sedangkan https menggunakan nomor 433 dalam berkomunilasi.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan antara http dan https. Pembahasan ini bertujuan agar dapat memberi informasi mana url yang aman mana yang tidak.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 39 kali

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi