Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 6 Mar 2023 18:00 WIB ·

Simak Tips Atasi Krisis Keuangan yang Menyerang


Img: Pexels/oleksandr-pidvalnyi Perbesar

Img: Pexels/oleksandr-pidvalnyi

 

Simak Tips Atasi Krisis Keuangan yang Menyerang —Krisis keuangan bisa menimpa siapa saja. Tidak selalu karena kehilangan pekerjaan, tetapi juga karena bisnis yang gagal atau tertipu. Selain itu, boros pada diri sendiri atau anggota keluarga dapat menghabiskan tabungan kamu.

Situasi seperti yang dijelaskan di atas umumnya membuat kamu gugup. Apa yang terjadi jika krisis keuangan memburuk? Tenang dan berkonsentrasi pada langkah-langkah konkret yang mengikuti. Semoga krisis keuangan segera berakhir, ya!

Simak Tips Atasi Krisis Keuangan yang Menyerang

Yuk, simak tips atasi krisis keuangan berikut ini!

Kurangi pengeluaran yang kurang penting

Jika kamu dapat membelanjakan uang untuk kebutuhan sekunder di bulan-bulan sebelumnya, hentikan sekarang. Sebab jika kamu tidak memprioritaskan kebutuhan dasar, krisis keuangan akan semakin parah. Jika kamu dapat bertahan hidup hanya dengan kebutuhan dasar, krisis akan berlalu lebih cepat.

Tuntutan itu memang menyiksa. Karena perubahan drastis ini, terkadang ada rasa malu pada teman, kerabat, dan tetangga. Namun, perlu diingat bahwa kamu tidak ingin memperburuk situasi dengan menghamburkan uang.

Menggunakan dana darurat

Jika kamu memiliki dana darurat, sekarang saatnya untuk menggunakannya. kamu terhindar dari hutang kepada siapapun dengan menggunakan dana tersebut. Hanya saja, jangan berlebihan dengan dana darurat.

Situasi krisis keuangan saat ini penuh dengan ketidakpastian. Di satu sisi, kamu ingin menyingkirkannya secepat mungkin. Namun, tidak ada jaminan usaha kamu akan membuahkan hasil. Akan lebih baik lagi jika dana darurat yang disimpan untuk tiga atau enam bulan ke depan bisa digunakan lebih lama lagi.

Menjual barang tidak terpakai

Tanpa sadar kita menyimpan banyak harta di rumah. Bukan berupa barang-barang berharga mahal, melainkan tumpukan barang-barang yang tidak berfungsi lagi. Ketika krisis keuangan melanda, kamu dapat menggunakan ini untuk menyelamatkan diri.

Sortir dan jual barang-barang yang tidak terpakai di rumah sesegera mungkin. Semakin banyak anggota keluarga, semakin banyak pula barang yang masih memiliki nilai wajar. Menjual kembali buku bekas, peralatan elektronik, dan beberapa koleksi bisa menghasilkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Mengurangi barang mewah

Poin ketiga mungkin tidak berhasil menyelamatkan kamu dari krisis keuangan. Langkah selanjutnya adalah mulai menjual barang berharga selain real estate.

Krisis keuangan membutuhkan solusi segera. Biasanya butuh waktu lama untuk menjual tanah atau rumah. Jangan sampai kebutuhan yang mendesak menyebabkan kamu menjual di bawah harga pasar. Sebaiknya kurangi barang-barang berharga seperti perhiasan dan kendaraan yang kurang diperlukan.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Tips dan Solusi Yang Harus Dilakukan Salah Ambil Jurusan Kuliah

28 Februari 2024 - 21:54 WIB

Tips dan Solusi

Tips Liburan ke Thailand Hemat Biaya, Pemula Harus Tahu!

28 Februari 2024 - 20:21 WIB

Tips Maksimalkan Pengalaman Magang, Mahasiswa Harus Tahu!

26 Februari 2024 - 15:22 WIB

Ramadhan 2024: Berikut Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

21 Februari 2024 - 20:05 WIB

Ramadhan 2024

Tips Atasi Rasa Kantuk Saat Di Dalam Kelas

18 Februari 2024 - 21:25 WIB

Tips Atasi Rasa Kantuk

Definisi Mencangkok Tanaman dan Langkah-Langkahnya

15 Februari 2024 - 20:36 WIB

Definisi Mencangkok Tanaman
Trending di Tips dan Trik