Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 22 Nov 2022 18:00 WIB ·

Simak Tips Menyelamatkan Diri Saat Gempa (Secara Umum, Rumah, Gedung, Keramaian)


Img: Pexels/Serhii-Bondarchuk Perbesar

Img: Pexels/Serhii-Bondarchuk

Simak Tips Menyelamatkan Diri Saat Gempa (Secara Umum, Rumah, Gedung, Keramaian) –-Gempa bumi dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, terlepas dari waktu dan lokasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengajari orang cara menyelamatkan diri selama gempa bumi untuk menghindari cedera dan bahaya lainnya.

Gempa bumi merupakan hal yang biasa terjadi di Indonesia, apalagi mengingat letak negara yang berada di Cincin Api Pasifik yang rawan bencana alam seperti gempa bumi. Gempa bumi dapat terjadi jika lempeng samudera atau benua, serta gunung berapi, mencapai titik aktivitasnya. Karena resiko tersebut, kita sebagai warga negara Indonesia harus siap menghadapi bencana kapanpun itu terjadi.

Kamu tidak perlu khawatir jika terjadi gempa bumi di daerah kamu. Yuk, pahami cara menyelamatkan diri saat gempa bumi sebagai cara terbaik untuk menyelamatkan diri sendiri dan orang yang kamu cintai.

Simak tips menyelamatkan diri saat gempa (secara umum, rumah, gedung, keramaian)

Menyelamatkan diri dari gempa (secara umum)

Ada beberapa cara sederhana untuk melindungi diri kamu saat terjadi gempa bumi. Saat terjadi gempa bumi, cara terbaik untuk menyelamatkan diri adalah dengan berlutut, berlindung, dan bertahan. Dengan kata lain, saat gempa terjadi, kamu harus menurunkan posisi tubuh, mencari penutup kepala dan leher, serta tetap dan berlindung di lokasi tersebut hingga gempa berhenti.

Menyelamatkan diri dari gempa saat di rumah

Jika memungkinkan, menjauhlah dari kaca, benda yang digantung, rak buku, lemari porselen, atau perabot besar lainnya yang dapat jatuh dalam beberapa detik setelah guncangan semakin meningkat. Awasi benda-benda yang jatuh seperti batu bata dari perapian dan cerobong asap, perlengkapan lampu, hiasan dinding, rak tinggi, dan lemari dengan pintu terbuka. Di bawah meja, kamu bisa berlindung dengan lebih aman. Jangan berdiri di depan pintu. Pintu di rumah modern tidak lebih kuat dari bagian rumah lainnya. Selain itu, pintu tidak dapat melindungi kamu dari potensi sumber cedera.

Menyelamatkan diri dari gempa saat di gedung

Menghindar dari jendela dan dinding luar hindari menggunakan lift karena listrik bisa padam, dan sistem sprinkler bisa aktif, menimbulkan bahaya tambahan. Jika terjebak, hubungi pihak luar dengan ponsel yang kamu bawa atau dengan mengetuk dengan keras benda logam yang ada di sekitarmu.

Menyelamatkan diri dari gempa saat di tempat ramai

Jangan terburu-buru keluar pintu. Orang lain biasanya akan memikirkan hal yang sama, menyebabkan keributan dan berdesak-desakan di pintu keluar. Hindari rak display yang penuh dengan benda jatuh. Berlindung dan ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah kamu dari puing-puing dan kaca yang jatuh jika memungkinkan dan tersedia.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation
Trending di Tips dan Trik