Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Uncategorized · 4 Sep 2023 14:40 WIB ·

Sinyal 4G dan 5G, Ini Perbedaannya!


Img: istockphoto Perbesar

Img: istockphoto

Seiring berjalannya waktu jaringan atau sinyal terus menerus mengalami perubahan dari sinyal 3G ke 4G, lalu ada lagi muncul 5G baru-baru ini. Di indonesia, komersialisasi 5G sudah ada beberapa tahun terakhir ini membuat transformasi sinyal ponsel terus berkembang. Hal inilah yang muncul adanya beberapa ponsel yang sudah mendukung sinyal 5G, bahkan kini sudah beredar di pasar. Beberapa brand seperti Oppo, samsumg, hingga Xiaomi sudah memasarkan ponsel yang sudah support sinyal 5G. Namun sebelum hadirnya sinyal 5G di indonesia, jaringan 4G saat itu mampu mendominasi jaringan seluler di tanah air. Sinyal 4G di yakini memiliki kecepatan internet yang jauh lebih baik ketimbang sinyal sebelumnya 3G. Lalu, seperti apa bedanya jaringan 4G dan 5G? Simak pembahasannya berikut ini!

Kecepatan Sinyal 4G dan 5G untuk Internet.

Dari sisi kecepatan internet, keduanya memiliki kecepatan internet yang berbeda. Pada jaringan 4G, kecepatan internet tertinggi mencapai 100mbps, walaupun pada umumnya kecepatan internet 35 Mbps. Sedangkan, jaringan 5G memiliki kecepatan internet tertinggi mencapai 10 Gbps, akan tetapi untuk pemakaian umum  hanya mencapai 50 Mbps saja.

Dari Sisi Latensi.

Dalam pengertiannya, latensi merupakan ukuran waktu yang di perlukan dalam transmisi data ke perangkat ponsel. Apabila waktu yang di perlukan semakin rendah maka tingkat delay saat akses internet juga semakin kecil. Ini menjadi salah satu kelebihan pada jaringan 5G daripada jaringan 4G. Di ketahui, jaringan 5G memiliki latensi kira-kira 1 ms. Sedangkan pada jaringan 4G mempunyai latensi 50 ms.

Sinyal 4G dan 5G Dari Sisi Bandwidth.

Bandwidth ialah suatu kapasitas yang mana di gunakan oleh ethernet agar dapat di lalui trafik data dengan batas maksimum tertentu. Pada jaringan 5G ini mempunyai kelebihan karena segi lebar pitanya jauh lebih besar ketimbang 4G. Hal tersebut cukup memungkinkan mengingat jaringan 5G memakai spektrum yang lebih lebar ketimbang jaringan 4G. Jaringan 5G dapat di operasikan pada spektrum yang timggi hingga 300 GHz. Sedangkan pada jaringan 4G menggunakan spektrum yang lebih sempit antara 600 Mhz sampai dengan 2,5 GHz.

Area Wilayah Cakupan.

Meskipun ketiga poin mencerminkan keunggulan jaringan 5G. Namun, ternyata ada satu kekurangan pada jaringan 5G yaitu pada area wilayah cakupan. Untuk kota-kota besar sudah pasti tersedia, tetapi untuk kota-kota kecil seperti di pedesaan masih belum tercakup jaringan 5G. Kalaupun memang bisa, ini membutuhkan waktu yang lama untuk mencakup daerah atau kota-kota kecil.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Manfaat Study Tour yang Bisa Didapatkan Siswa

15 Mei 2024 - 22:47 WIB

Manfaat Study Tour

Kesalahan yang Sering Di Lakukan dalam Content Marketing

5 Mei 2024 - 22:46 WIB

Tips Penting Menjaga Kesehatan Saat Idul Fitri 2024

6 April 2024 - 21:09 WIB

Malam Lailatul Qadar

Time Value of Money: Kenali Pengertian dan Manfaatnya

2 April 2024 - 22:09 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut, Termasuk Cegah Ketombe

12 Februari 2024 - 22:24 WIB

Manfaat Lidah Buaya
Trending di Uncategorized