Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 2 Nov 2022 15:00 WIB ·

Situs untuk Mencari Jurnal Internasional


img: pexels.com/Pixabay Perbesar

img: pexels.com/Pixabay

Sebelumnya, tahukah kamu perbedaan antara jurnal nasional dan jurnal internasional? Menurut Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia, jurnal nasional menggunakan bahasa Indonesia. Sementara jurnal internasional, menggunakan bahasa resmi PBB yang meliputi Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Spanyol, dan China.

Ciri-ciri jurnal internasional lainnya adalah dewan redaksi jurnal yang paling tidak harus berasal dari empat negara. Peneliti yang melakukan riset pun paling sedikit berasal dari dua negara yang berbeda. Jurnal internasional juga memiliki ISSN atau International Scientific Research Journal yang menandakan jurnal tersebut telah resmi terdaftar.

Nah, jika kamu adalah orang yang sering berburu jurnal internasional sebagai referensi, ini dia beberapa situs untuk mencari jurnal internasional yang bisa kamu kunjungi!

1. Google Scholar

Situs yang disediakan Google ini memuat berbagai jurnal penelitian baik nasional maupun internasional. Cara mencari jurnal internasional di sini pun mudah. Kamu tinggal mengunjungi situs scholar.google.com. Lalu, boks pencarian, masukkan topik, nama pengarang, atau jurnal publikasi secara spesifik.

2. Science Direct

Situs kedua yang menyediakan berbagai jurnal internasional adalah ScienceDirect. Di sini, kamu bisa menjumpai bermacam-macam publikasi penelitian dalam berbagai topik, seperti Physical Sciences and Engineering, Life Sciences, Health Sciences, dan Social Sciences and Humanities.

Caranya pun mudah, kamu tinggal mengunjungi situs https://www.sciencedirect.com kemudian masukkan kata kunci jurnal yang ingin kamu temukan.

3. ResearchGate

ResearchGate menyediakan berbagai jurnal, publikasi ilmiah, hingga paper tugas pendidikan yang dipublikasi secara gratis, lho!

Untuk mengaksesnya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi situs www.researchgate.net untuk menemukan jurnal yang kamu cari.

4. Cambridge Core

Sesuai dengan namanya, layanan ini disediakan oleh Cambridge University. Terdapat lebih dari satu juta jurnal dan 30 ribu buku digital yang tersedia, lho! Jurnal yang tersedia pun bukan hanya penelitian dari civitas akademika maupun instansi terkait, tetapi juga dari berbagai belahan dunia lainnya.

Nah, itu dia beberapa situs untuk mencari jurnal internasional yang bisa kamu kunjungi. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 88 kali

Baca Lainnya

Tips Mengosongkan Memori IPhone Tanpa Hapus Gallery

21 April 2024 - 21:21 WIB

Tips Menggunakan Google Maps Dengan Benar, Anti Nyasar!

20 April 2024 - 22:06 WIB

Tips Memilih Smartphone dengan Kamera Bagus Harga Terjangkau

19 April 2024 - 21:12 WIB

Tips Menghilangkan Iklan Pada HP Infinix, Mudah Sekali!

19 April 2024 - 19:59 WIB

Tips Mendapatkan IPK Tinggi Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:59 WIB

Fakta Unik Seputar Universitas

Tips Mengoptimalkan TikTok untuk UMKM Anda

16 April 2024 - 20:46 WIB

Tips Mengoptimalkan Tiktok
Trending di Tips dan Trik