Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 5 Okt 2023 19:52 WIB ·

Stres di Masa Kuliah, Ini Cara Mengatasinya, Bantu Atasi Fase Sulit.


Ilustrasi Stress (Img: pexels.com/energepict.com) Perbesar

Ilustrasi Stress (Img: pexels.com/energepict.com)

Memasuki masa perkuliahan tentu tidak lepas dari segala kewajiban dan tanggung jawab. Anda akan di tuntut berusaha sekeras mungkin untuk menyelesaikan tanggung jawab anda di kampus. Namun, ada saatnya anda berada di fase yang sulit seperti tugas akademis yang padat dan aktivitas kampus lain yang harus anda ikuti sehingga anda harus pandai mengatur waktu antara tugas kuliah dengan aktivitas kampus lain. Apabila anda tidak dapat mengatur waktu dengan baik maka hal ini bisa mengakibatkan mahasiswa menjadi stres.

Momen tersebut muncul pada saat tingkat ketegangan melalui tingkat energinya. Namun tidak perlu khawatir karena selama tingkat energi anda berada di atas tingkat ketegangan sudah pasti mental anda akan baik-baik saja. Lalu, bagaimana caranya agar anda terhindar dari fase tersebut apalagi saat kuliah?.

Atasi Stres Dengan Mengonsumsi Makanan Sehat.

Atasi Stress dengan Makanan Sehat

Ilustrasi Makanan Sehat (Img: pexels.com by taryn elliott).

Untuk mahasiswa yang tinggal di kos kosan, mengonsumsi makanan cepat saji merupakan hal yang lumrah. Namun, makanan seperti itu apalagi yang mengandung lemak tinggi tidak baik bagi kesehatan apalagi bila di konsumsi terlalu sering bisa mengakibatkan turunnya energi yang mengarah pada ketahanan yang rendah terhadap rasa stres. Oleh karena itu, usahakan makan makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayur sayuran, daging, dan lain-lain.

Aktif Berolahraga.

Ilustrasi Olahraga (Img: pexels.com by sarah chai)

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, aktif berolahraga juga tidak kalah pentingnya karena kegiatan fisik 20 menit saja sudah bisa mengurangi risikonya. Lakukan sesi olahraga 3 sampai 4 kali dalam setengah jam dan coba berolahraga yang anda sukai misalnya seperti joging, bersepeda, atau berenang.

Membatasi Diri Sendiri.

Ilustrasi Membatasi Diri (Img: pexels.com by monstera production)

Walaupun di kampus banyak aktivitis bukan berarti anda tidak mampu untuk membatasi diri sendiri. Mengingat anda juga memiliki aktivitas lain yang tidak bisa di tinggalkan. Apabila anda merasa kewalahan dalam menjalani beberapa kegiatan maka sebaiknya lepas salah satu yang di rasa membebani anda. Oleh karena itu, jagalah diri sendiri dengan mengetahui batas diri demi kebaikan.

Menenangkan Diri.

Ilustrasi Menenangkan Diri (Img: pexels.com by keegan houser)

Di kala anda merasa berada di fase sulit baiknya coba menenangkan diri. Saat posisi menenangkan diri lakukan latihan pernafasan karena cara ini mampu mengurangi tingkat ketegangan. Umumnya, latihan pernafasan di lakukan dengan menarik nafas dalam secara perlahan lalu keluarkan anda akan merasa lebih tenang setelahnya.

Atasi Stres dengan Istirahat Yang Cukup.

Atasi Stres dengan Istirahat

Ilustrasi Istirahat (Img: pexels.com by cottonbro studio)

Aktivitas kuliah yang padat membuat anda merasa sulit untuk beristirahat rasa stres Maka dari itu, istrahatlah yang cukup dan hindari begadang agar paginya anda merasa segar kembali dan siap menjalani aktivitas. Kurang beristirahat juga bisa memicu penyakit yang serius seperti obesitas, diabetes, hingga depresi. Waktu normal tidur malam hari umumnya 7 sampai 9 jam.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 123 kali

Baca Lainnya

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Mengenal Pantomim: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Dasar

18 Mei 2024 - 21:46 WIB

Mengenal Pantomim

Sistem Ekonomi Campuran: Pengertian dan Ciri-cirinya

16 Mei 2024 - 20:57 WIB

Kebijakan Fiskal Kontraktif

Manfaat Study Tour yang Bisa Didapatkan Siswa

15 Mei 2024 - 22:47 WIB

Manfaat Study Tour
Trending di Edukasi