Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Travel · 15 Nov 2023 21:24 WIB ·

Tempat Wisata Di Samarinda Salah Satunya Sungai Mahakam


Ilustrasi Masjid Islamic Center Samarinda (img: kaltimprov.go.id) Perbesar

Ilustrasi Masjid Islamic Center Samarinda (img: kaltimprov.go.id)

Samarinda, sebuah kota yang menyimpan pesona eksotis di Provinsi Kalimantan Timur, memamerkan keindahan alamnya melalui beragam tempat wisata yang menarik. Salah satu destinasi yang mencuri perhatian adalah Sungai Mahakam, sebuah sungai yang membelah sebagian besar wilayah dan menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan di tepian alirannya. Dalam artikel ini akan membahas mengenai tempat wisata di samarinda yang bisa anda kunjungi menjelang liburan akhir tahun.

Tempat Wisata di Samarinda, Sungai Mahakam

Tempat Wisata Di Samarinda

Ilustrasi Sungai Mahakam (img: id.m.wikipedia.org)

Objek wisata terkenal di Samarinda adalah Sungai Mahakam. Sungai Mahakam mengalir melalui sebagian besar wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, dan Kota Samarinda.

Pengunjung dapat mengeksplorasi tepian atau pinggiran Mahakam terutama pada malam hari, karena kawasan ini menjadi tempat yang seru untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. Selain itu, destinasi wisata ikonik ini juga terjangkau secara finansial.

Tepian Sungai Mahakam telah di ubah menjadi taman yang cantik dengan tempat duduk yang menyediakan fasilitas bagi pengunjung untuk bersosialisasi. Selama menikmati malam di sepanjang Mahakam, wisatawan dapat merasakan berbagai hidangan kuliner seperti jagung bakar.

Tempat Wisata di Samarinda, Pulau Beras Basah

Ilustrasi Pulau Beras Basah (img: citytourism.bontangkota.go.id)

Destinasi berikutnya yang patut kamu eksplor di Samarinda adalah Pulau Beras Basah. Pulau ini termasuk dalam daftar tempat wisata di Samarinda yang memukau dengan pemandangan alam bawah lautnya. Ketenangan ombak, air yang bening, dan kelembutan pasir putihnya menjadikan pulau ini sebagai lokasi yang sering dipilih untuk kegiatan snorkeling.

Beras Basah terletak di Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur. Perjalanan menuju pulau ini membutuhkan waktu yang cukup, sekitar tiga jam dengan kendaraan. Namun, begitu sampai di sana, panorama alam yang memukau akan memanjakan mata dan menyajikan pengalaman yang tak terlupakan.

Kampung Tenun Samarinda.

Tempat Wisata di Samarinda

Ilustrasi Kampung Tenun Samarinda (img: disbud.samarindakota.go.id)

Saat mengunjungi kota ini, luangkan waktu untuk memperoleh produk khas yang menjadi keistimewaannya. Samarinda memiliki kain tenun yang sangat unik dengan corak kotak-kotak yang memikat.

Jika niatmu adalah membawa pulang kain tenun ini sebagai suvenir untuk keluarga, langsung saja kunjungi Kecamatan Samarinda Seberang, khususnya di Kampung Baqa dan Kampung Masjid.

Tidak hanya dapat membeli kain tenun jadi, namun di sini kamu juga memiliki kesempatan untuk menyaksikan proses pembuatannya secara langsung. Proses pembuatan kain ini masih menjadi daya tarik tersendiri.

Masjid Islamic Center Samarinda

Tempat Wisata Di Samarinda

Ilustrasi Masjid Islamic Center Samarinda (img: kaltimprov.go.id)

Setelah menjelajahi keindahan alam dan warisan budaya, pengalaman wisata di Samarinda dapat dilengkapi dengan kunjungan ke destinasi religius. Salah satu yang sangat menonjol adalah Masjid Islamic Center Samarinda, sebuah tempat ibadah yang menjadi ikon kota. Bagi para pelancong yang singgah di Samarinda, mengunjungi tempat wisata keagamaan ini hampir seperti suatu kewajiban.

Keunikan masjid ini terletak pada desain arsitekturnya yang konon terinspirasi dari Hagia Sophia di Turki. Lebih menarik lagi, masjid ini menampilkan menara utama yang tingginya mencapai 99 meter, mencerminkan jumlah asmaul husna. Selain itu, terdapat enam menara kecil yang melambangkan jumlah rukun iman.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 68 kali

Baca Lainnya

Manfaat Study Tour yang Bisa Didapatkan Siswa

15 Mei 2024 - 22:47 WIB

Manfaat Study Tour

Kesalahan yang Sering Di Lakukan dalam Content Marketing

5 Mei 2024 - 22:46 WIB

Tips Penting Menjaga Kesehatan Saat Idul Fitri 2024

6 April 2024 - 21:09 WIB

Malam Lailatul Qadar

Time Value of Money: Kenali Pengertian dan Manfaatnya

2 April 2024 - 22:09 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler

Cocok Buat Ngabuburit, Berikut 5 Wisata Yang Perlu Dikunjungi

29 Februari 2024 - 19:28 WIB

Tips Liburan ke Thailand Hemat Biaya, Pemula Harus Tahu!

28 Februari 2024 - 20:21 WIB

Trending di Tips dan Trik