Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 11 Sep 2023 22:40 WIB ·

Tertarik Menjadi Auditor? Ini Persyaratan Yang Di Butuhkan.


Img: pixabay Perbesar

Img: pixabay

Siapa yang tidak tertarik menjadi auditor? Ya, pekerjaan yang satu ini memiliki prospek karir yang bagus. Selain itu, gaji yang di peroleh juga terbilang menarik. Bahkan, saat anda sudah naik jabatan entah itu senior auditor atau supervisor gaji yang di terima dua digit. Umumnya, untuk memperoleh pekerjaan ini yang di cari adalah lulusan ekonomi khususnya akuntansi. Selain lulusan akuntansi, ada beberapa kriteria yang harus anda penuhi demi memulai karir sebagai auditor. Tetapi sebelum itu, kita harus mengetahui apa itu auditor dan apa alasan orang mau bekerja sebagai auditor.

Apa itu Auditor?

Tertarik Jadi Auditor

Img:pixabay

Auditor merupakan sebuah profesi atau pekerjaan yang tugasnya adalah memeriksa laporan keuangan perusahaan apakah penyajian laporannya sudah sesuai atau tidak. Selain bertugas memeriksa laporam keuangan, auditor berperan dalam melakukan evaluasi risiko operasional perusahaan. Biasanya, auditor melakukan analisa data keuangan perusahaan untuk mengetahui apakah penyajian laporan keuangan sudah sesuai dengan PABU (Prinsip Akuntansi Berlaku Umum) atau tidak.

Adapun auditor terbagi menjadi dua jenis yakni audit internal dan audit eksternal. Audit Internal ialah audit yang di lakukan di dalam perusahaan dengan tujuan untuk menilai seberapa baik posisi keuangan perusahaan baik itu tahunan maupun triwulan. Sedangkan eksternal audit ialah seorang auditor yang berasal dari luar perusahaan seperti dari kantor akuntan public (KAP). Eksternal audit ini sifatnya tidak terikat dan laporan hasilnya bebas dari kepentingan dari berbagai pihak.

Tertarik Menjadi Auditor, Ini Syaratnya.

  • Mempunyai Gelar Sarjana.

Sebagian besar perusahaan mencari kandidat khususnya di bidang keuangan atau akuntansi dengan mempunyai gelar sarjana. Walau ada beberapa perusahaan yang masih menerapkan minimal pendidikan D3, tetapi memang kebanyakan yang di cari lulusan sarjana. Peluang menjadi audit juga semakin besar apabila mempunyai pengalaman entah itu magang atau bekerja full time.

  • Memiliki Sertifikasi.

Selain memiliki gelar sarjana, calon auditor juga perlu memiliki sertifikasi berupa CPA. Meski tidak semua perusahaan meminta persyaratan ini tetapi apabila amda ingin bekerja ke level yang lebih tinggi entah itu senior audit atau supervisor wajib memiliki sertifikasi CPA tersebut.

  • Memiliki Pengalaman Kerja.

Pengalaman bekerja merupakan suatu hal yang sangat penting dalam perjalanan karir. Begitu pula ketika anda ingin menjadi auditor, walau ada beberapa perusahaan atau kantor akuntan publik masih menerima lulusan baru atau fresh graduate tetapi ada juga yang meminta pengalaman bekerja sesuai bidangnya. Masalah berapa lama minimal pengalaman yang di miliki tergantung pada perusahaannya, ada yang meminta berpengalaman minimal 1 tahun atau 3 tahun.

Itulah pembahasan mengenai peran auditor dan syarat yang harus di penuhi. Bagaimana apakah anda ingin mencoba bekerja jadi auditor? Menjadi auditor itu butuh effort banyak agar anda bisa bersaing dengan auditor lainnya dalam bekerja.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 46 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi