Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 4 Des 2023 22:34 WIB ·

Tiktok Shop Gabung Tokopedia, Ini Dampak Ekonomi Bagi UMKM


Ilustrasi Tik tok Shop (img: pixabay.com) Perbesar

Ilustrasi Tik tok Shop (img: pixabay.com)

Tiktok shop sempat viral pada beberapa bulan lalu akibat penutupan aplikasi yang di lakukan oleh pemerintah. Namun, belakangan ini beredar bahwa tiktok shop akan kembali lagi bergabung dengan Tokopedia atau GoTo (Gojek Tokopedia). Hal ini cukup menarik mengingat pemerintah saat itu menutup tiktok shop dengan alasan mematikan umkm lokal dengan harga miring. Penutupan ini di sambut baik oleh pedagang yang berjualan di pasar. Namun, setelah kabar tiktok shop gabung tokopedia mungkin ini bisa menimbulkan berbagai sisi yang berbeda. Bicara soal tiktok shop, apa saja manfaat aplikasi tersebut terhadap perekonomian khususnya bagi pelaku UMKM?

TikTok Shop Gabung Tokopedia Berpeluang Meningkatkan Pendapatan Penjualan

Tiktok shop gabung tokopedia

Ilustrasi Pendapatan (img: pexels.com by karolina grabowska)

Dengan kabar gabungnya tiktok shop ke GoTo maka pelaku UMKM berpeluang untuk kembali meningkatkan pendapatannya. Pasalnya, saat penutupan aplikasi tiktok tidak sedikit pelaku UMKM yang merasa di rugikan karena mendapatannya menurun secara signifikan. Tidak hanya pelaku UMKM, tetapi juga berdampak pada karyawan di perusahaan ekspedisi yang memutuskan memberhentikan karyawannya lantaran sepi orderan.

Meningkatkan Daya Beli.

Tiktok Shop Gabung Tokopedia

Ilustrasi pasar (img: pexels.com by sklei)

Perkembangan teknologi yang semakin signifikan membuat sebagian besar pembeli memutuskan membeli produk secara online melalui aplikasi tiktok. Fitur dan layanan yang menarik pada aplikasi ini juga tergolong menarik. Mengapa menarik? Karena ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunanya. Layanan dan fitur tersebut seperti gratis ongkos kirim atau ongkir, potongan harga yang menarik, fitur live streaming, dan masih banyak lagi.

Meningkatkan Lapangan Kerja

Ilustrasi pedagang pasar (img: pexels.com by quintin gellar)

Percaya atau tidak bahwa kehadiran tiktok shop bisa menyerap lapangan pekerjaan. Hal itu bisa di lihat dari banyaknya jumlah content creator yang semakin hari semakin meningkat. Tidak hanya dari konten kreator saja tetapi juga bagi pekerja ekspedisi. Hal itu bisa di lihat ketika tiktok resmi di tutup oleh pemerintah tidak sedikit bagi pekerja ekspedisi yang terdampak.

Demikian pembahasan mengenai dampak ekonomi pada tiktok shop bergabung dengan GoTo. Meski kabar ini terbilang mengejutkan mengingat pemerintah pernah menyebut bahwa tiktok shop tidak memiliki izin tetapi hal ini yang paling di tunggu oleh sebagian besar pelaku UMKM.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 76 kali

Baca Lainnya

Hukum Bisnis: Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

18 Juli 2024 - 20:52 WIB

Tertarik Dengan Politik

Komunikasi Bisnis: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Teknik

16 Juli 2024 - 20:50 WIB

Komunikasi Bisnis

Hal-Hal Yang Perlu Dipahami Pada Jurusan PGSD

11 Juli 2024 - 07:11 WIB

Tertarik Dunia Politik? Berikut 5 Jurusan Kuliah Yang Bisa Dipilih

9 Juli 2024 - 14:07 WIB

Manfaat Pendidikan Politik

Lulusan Manajemen Jadi Pebisnis, Berikut Tipsnya!

6 Juli 2024 - 21:41 WIB

Lulusan Manajemen jadi pebisnis

Apa itu Pasar Monopoli? Kenali Ciri-Cirinya Hingga Kekurangannya

2 Juli 2024 - 21:27 WIB

Apa itu pasar monopoli
Trending di Edukasi