Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 26 Feb 2024 20:39 WIB ·

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya


Ilustrasi Buku Pelajaran (img: pexels.com by pixabay) Perbesar

Ilustrasi Buku Pelajaran (img: pexels.com by pixabay)

Tinjauan pustaka merupakan salah satu bagian penting dalam penulisan karya ilmiah, skripsi, tesis, atau artikel ilmiah lainnya. Dalam tulisan ini, akan di bahas secara rinci pengertian tinjauan pustaka, manfaatnya, dan fungsinya dalam konteks penyusunan karya ilmiah.

Pengertian Tinjauan Pustaka

Tinjauan Pustaka

Ilustrasi Buku Pelajaran (img: pexels.com by pixabay)

Tinjauan pustaka dapat di definisikan sebagai rangkuman, analisis, dan interpretasi dari kumpulan literatur atau sumber-sumber pengetahuan yang relevan dengan topik penelitian atau tulisan. Pustaka yang di jadikan bahan tinjauan bisa berupa buku, jurnal ilmiah, makalah, dan sumber informasi lainnya yang dapat mendukung pemahaman tentang masalah yang sedang di teliti.

Apa Saja Manfaatnya?

  • Memberikan Landasan Teoritis
Tinjauan Pustaka

Iluatrasi Belajar (img: pexels.com by tirachard)

Tinjauan ini dapat memberikan landasan teoritis bagi penelitian atau tulisan ilmiah. Dengan memahami konsep-konsep dasar yang telah di kemukakan oleh peneliti atau akademisi terdahulu, penulis dapat mengonstruksi kerangka konseptual yang kokoh.

  • Mengidentifikasi Kesenjangan Pengetahuan

Ilustrasi orang sedang belajar (img: pexels.com by artsy)

Melalui tinjauan pustaka, penulis dapat mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan atau permasalahan yang belum terpecahkan. Hal ini memberikan dasar bagi penelitian baru atau kontribusi terhadap perkembangan pengetahuan di bidang tertentu.

  • Mendukung Justifikasi Penelitian
Tinjauan Pustaka

Ilustrasi Buku (img: pexels.com by oleksandr)

Tinjauan ini dapat membantu dalam memberikan justifikasi atau alasan mengapa penelitian ini perlu di lakukan. Dengan merinci temuan-temuan sebelumnya, penulis dapat meyakinkan pembaca mengenai relevansi dan kebaruan penelitian yang sedang di lakukan.

  • Mengembangkan Metodologi Penelitian

Ilustrasi Penelitian Ilmiah (img: pexels.com by fauxel)

Penulisan tinjauan ini juga turut membantu peneliti dalam mengembangkan metodologi penelitian. Melalui pemahaman terhadap metode-metode yang telah di gunakan oleh peneliti terdahulu, penulis dapat merancang pendekatan penelitian yang sesuai dan efektif.

Apa Saja Fungsinya?

  • Menguraikan Kerangka Konseptual

Ilustrasi Penelitian (img: pexels.com by pixabay)

Sementara itu, Tinjauan ini dapat membantu dalam menguraikan kerangka konseptual penelitian. Dengan merinci teori-teori yang mendukung penelitian, penulis dapat membentuk landasan konseptual yang kokoh.

  • Menyusun Dasar Argumen

Ilustrasi Fokus Belajar (img: pexels.com by judit peter)

Dalam penulisan ilmiah, argumentasi yang baik memerlukan dasar yang kuat. Tinjauan ini memberikan penulis dasar argumen yang terkait dengan konsep-konsep yang telah diakui dalam literatur ilmiah.

  • Memberikan Wawasan Terhadap Konteks Penelitian

Dengan memahami konteks penelitian, penulis dapat menempatkan kontribusi penelitian mereka dalam kerangka yang lebih luas. Ini membantu pembaca atau penerima tulisan untuk memahami dampak dan relevansi penelitian.

 

Tinjauan ini memiliki peran yang krusial dalam penulisan karya ilmiah. Dengan memberikan landasan teoritis, mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan, mendukung justifikasi penelitian, dan mengembangkan metodologi penelitian, tinjauan pustaka turut membentuk inti dari sebuah tulisan ilmiah yang berkualitas. Oleh karena itu, setiap peneliti atau penulis sebaiknya memberikan perhatian khusus pada tahap ini untuk memastikan kevalidan dan kredibilitas karyanya.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Mengenal Pantomim: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Dasar

18 Mei 2024 - 21:46 WIB

Mengenal Pantomim

Sistem Ekonomi Campuran: Pengertian dan Ciri-cirinya

16 Mei 2024 - 20:57 WIB

Kebijakan Fiskal Kontraktif

Manfaat Study Tour yang Bisa Didapatkan Siswa

15 Mei 2024 - 22:47 WIB

Manfaat Study Tour
Trending di Edukasi